Tips & Trick

9 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

61
×

9 Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Share this article
cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung

Namanya elektronik, bisa bermasalah kapan saja. Apa pun jenis mereknya. Bagi Anda yang sedang bermasalah dengan kamera Xiomi, coba cek dulu beberapa langkah cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung berikut.

Kamera Xiaomi tidak terhubung bisa terjadi karena beberapa faktor, di antaranya

  • Perangkat keras telepon,
  • Perangkat lunak, atau juga
  • Konfigurasi aplikasi.

Bentuk masalahnya bisa berupa kamera tiba-tiba close atau berhenti, ada pesan error, tidak terkoneksi, atau tidak bisa terbuka lagi.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kamera error di Xiaomi?

Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi kamera tidak bisa terbuka atau terhubung sebenarnya gampang-gampang susah tergantung pada faktor yang melandasinya.

Jadi, Anda perlu mengidentifikasi dulu, apa masalahnya. Bisa karena bugs, memori penuh, hingga module bermasalah. Jika sudah bisa memperkirakan sumber masalahnya, Anda bisa lanjutkan dengan solusi berikut.

1. Tutup dan Buka Kamera

Cara mengatasi hp xiaomi tidak dapat terhubung ke kamera yang pertama adalah restart aplikasi karena ada konfigurasi yang tidak tepat. Caranya restart aplikasi ini simpel, yakni tutup aplikasi melalui recent apps kemudian buka lagi.

Jika langkah ini masih belum berhasil, Anda bisa cek memori internal ponsel.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal Xiaomi Semua Tipe

2. Cek Ketersediaan Ruang Penyimpanan

Notifikasi “can’t connect to camera” bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya memori internal penuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengecek ketersediaan ruang penyimpanan ponsel secara berkala.

Hal ini karena setiap aplikasi yang berjalan membutuhkan berkas temporary atau cache untuk kelancaran pengoperasian. Jika tidak ada ruang di penyimpanan menyebabkan aplikasi macet karena tidak adanya space untuk eksekusi berkas yang dibutuhkan.

Untuk menambah ruang kosong, Anda bisa menghapus cache atau memindahkan data dari penyimpanan internal ke eksternal. Data yang bisa Anda pindah adalah foto, video, atau dokumen lain.

Baca Juga: 5 Cara Cek IMEI Xiaomi, Terdaftar atau Tidak

3. Bersihkan Cache atau Sampah di Memori

Selanjutnya, Anda bisa menghapus cache atau sampah di penyimpanan setiap aplikasi. Caranya pun cukup mudah, yaitu masuk ke “Pengaturan”, lalu cari “Apl” dan “Kelola Aplikasi”. Kemudian, mulailah hapus data setiap aplikasi yang ada. Khususnya data dari kamera.

Cara hapus data aplikasi di Xiaomi Redmi

4. Cek Bagian Perizinan atau Permissions

Selain memeriksa memori, coba cek juga bagian perizinan atau permissions. Ketika posisi perizinannya disable maka sampai kapan pun kamera Anda tidak bisa beroperasi.

Jika demikian, caranya hanya mengubahnya menjadi enable. Caranya, yaitu masuk ke “Pengaturan”, lalu cari “Perizinan”, dan cek Perizinan Kamera. Pastikan posisinya tergeser ke kanan.

Cara mengecek perizinan kamera di Xiaomi

5. Pulihkan Setelan Bawaan Kamera

Masih belum berhasil mengoperasikan kamera?

Mungkin ada bugs atau masalah dalam pengaturan yang Anda terapkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengembalikan pengaturan kamera ke setelan pabrik.

Caranya tak jauh berbeda dengan membersihkan sampah aplikasi, yaitu masuk ke “Pengaturan” lalu cari “Aplikasi Sistem” dan masuk ke “Kamera”. Selanjutnya gulir ke bawah hingga menemukan pilihan “Pulihkan Setelan Bawaan” dan ketuk “Oke”.

Cara mengembalikan kamera ke setelan bawaan di Xiaomi

Dengan memulihkan setelan bawaan, aplikasi akan tampak fresh seperti baru belum ada perubahan sama sekali.

6. Restart Handphone

Selain cara memperbaiki kamera xiaomi yang tidak bisa dibuka di atas, Anda juga bisa mencoba untuk restart HP.

Restart HP memiliki beberapa tujuan, di antaranya merefresh sistem dan memperbaiki error tertentu.

7. Cek Update OS

Apabila masih belum berhasil, cobalah cek pembaharuan sistem operasi ponsel Anda. Anda bisa cek melalui “Pengaturan”, kemudian cek di “Tentang Ponsel”.

Di sini, Anda akan menemui informasi apakah MIUI (sistem operasi handphone) sudah terbaru atau perlu meng-update-nya.

Jika ada informasi untuk update, langsung update saja. Untuk keberhasilan update, pastikan daya baterai lebih dari 50%.

“Dengan memperbarui MIUI, Anda tidak perlu factory reset atau flashing.”

8. Factory Reset

Cara mengatasi kamera tidak terhubung di Xiaomi lainnya adalah mengembalikan sistem ponsel ke pengaturan pabrik. Sebenarnya cara ini bukan opsi terbaik karena Anda akan kehilangan semua data di ponsel. Oleh karena itu, Anda perlu mencadangkan data di ponsel terlebih dahulu.

Untuk melakukan factory reset, masuklah ke “Pengaturan”, kemudian “Pengaturan Tambahan” dan ketuk pilihan “Cadangkan dan Setel Ulang”. Selanjutnya “Kembalikan ke Pengaturan Pabrik” dan klik “Setel Ulang Telepon”.

Cara factory reset HP Xiaomi

Catatan:

  • Semua data di HP akan terhapus. Semua pengaturan kembali ke seperti awal Anda beli ponsel.
  • Jadi, semua pengaturan, konfigurasi, juga eror bisa hilang. Alhasil HP tampak seperti pertama kali Anda membelinya. Pada saat ini, Anda perlu memasukkan akun, dan lain-lain.
  • Karena semua data terhapus, pastikan Anda memiliki cadangan datanya. Terkhusus jika ada data yang penting. Sebaiknya pindah dulu ke memori eksternal atau ke PC/laptop.

9. Flashing

Apakah kamu pernah melakukan penyesuaian ROM?

Langkah ini bisa memungkinkan terjadi masalah pada perangkat, seperti module error. Jika sudah demikian, kamu perlu mengembalikan sistem ke versi default.

Untuk melakukannya, siapkan firmware atau ROM, alat lain seperti flashdisk juga perangkat lunak untuk flashing. Selanjutnya, cari metodenya di YouTube. Anda bisa mencatat step by stepnya agar tidak salah langkah. Karena kesalahan dalam flashing bisa menyebabkan gawai mati total.

Namun, perlu diperhatikan jika perangkat keras di dalam ponsel atau module yang bermasalah. Hal ini tidak bisa Anda atasi sendiri, Anda membutuhkan tenaga ahli. Jadi, bawalah gawai ke service center untuk pemeriksaan lanjutan.

Kesimpulan

Masalah pada Xiaomi atau sub-brandnya, seperti kamera tidak terkoneksi bisa terjadi karena banyak hal. Cara mengatasi kamera Xiaomi tidak terhubung pun bisa gampang juga susah tergantung faktor yang melandasinya.

Jika pemicunya simpel, Anda bisa menggunakan metode restart aplikasi, cek memori internal, hapus sampah memori, cek perizinan, restart ponsel, hingga update sistem operasi. Namun, masalah camera error Xiaomi yang lebih berat membutuhkan tenaga ahli untuk pemeriksaan lanjutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *