Tips & Trick

5 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Hingga Tuntas

76
×

5 Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Hingga Tuntas

Share this article
Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Hingga Tuntas

Apakah Anda sedang mencari cara mengeluarkan air dari iPhone? Bingung bagaimana melakukan langkah-langkah yang tepat ketika iPhone Anda kemasukan air?

Jangan khawatir! Artikel ini akan menjelaskan cara mengeluarkan air dari iPhone tanpa aplikasi. 

Mari kita simak bersama!

Cara Mengeluarkan Air dari HP iPhone

iPhone belum sepenuhnya tahan terhadap air.

iPhone adalah salah satu smartphone canggih yang memiliki berbagai macam fitur terkini. Namun, meski popularitas iPhone sudah mendunia, iPhone juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah rentan terhadap kerusakan akibat air. 

Jika iPhone Anda terkena air, misalnya karena terjatuh ke dalam bak mandi, kolam renang, atau genangan air, Anda mungkin akan mengalami masalah seperti layar berkedip, suara tidak keluar, kamera berkabut, atau bahkan mati total. 

Apa yang harus Anda lakukan jika hal ini terjadi? Apakah Anda harus segera membawa iPhone Anda ke pusat servis atau mengunduh aplikasi khusus untuk mengeringkannya? 

Ternyata, beberapa  cara mengeluarkan air dari iPhone 11 dan tipe iPhone lainnya di bawah ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan aplikasi. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Matikan iPhone Anda Secepat Mungkin

iPhone kemasukan air segera matikan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan iPhone Anda secepat mungkin. Jangan mencoba menyalakannya kembali atau mengecek apakah iPhone Anda masih berfungsi atau tidak.

Karena, hal ini bisa menyebabkan korsleting atau kerusakan yang lebih parah. Jika iPhone Anda masih menyala, tekan dan tahan tombol power dan volume down secara bersamaan sampai muncul slider untuk mematikan ponsel. 

Geser slider tersebut ke kanan untuk mematikan iPhone Anda. Jika iPhone Anda sudah mati, jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali hingga proses pengeringan selesai.

Mengapa Anda harus mematikan iPhone Anda secepat mungkin jika terkena air?

Alasannya adalah karena air bisa menyebabkan arus pendek pada komponen-komponen elektronik di dalam perangkat iPhone. Arus pendek ini bisa merusak sirkuit, baterai, chip, atau bahkan menyebabkan kebakaran. 

Oleh karena itu, mematikan iPhone Anda adalah langkah pencegahan pertama yang penting untuk dilakukan agar menghindari kerusakan yang lebih lanjut.

2. Mengeluarkan SIM Card dan Aksesori

Mengeluarkan SIM Card yang terkena air dapat meminimalisir kerusakan

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah melepaskan SIM card dan aksesori lainnya dari iPhone Anda. Hal ini bertujuan untuk membuka celah-celah yang bisa menjadi tempat masuknya air ke dalam perangkat. 

Gunakan alat khusus untuk mengeluarkan SIM card Anda yang disediakan oleh Apple atau jarum pentul untuk membuka slot SIM card. 

Lepaskan SIM card dan simpan di tempat yang kering dan aman. Selain itu, lepaskan juga earphone, charger, case, atau aksesori lainnya yang menempel pada iPhone Anda.

SIM card dan aksesori lainnya bisa menjadi sumber arus listrik tambahan yang bisa memperburuk kondisi perangkat. Selain itu, melepaskan SIM card dan aksesori juga bisa membantu mengurangi tekanan pada port yang basah serta membuka ruang untuk mengeluarkan air yang terperangkap dari dalam perangkat Anda.

3. Keringkan iPhone Anda dengan Kain Bersih

Keringkan iPhone yang basah dengan handuk, kain, atau bahan lembut.

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan iPhone Anda dengan kain bersih yang dapat menyerap air dengan baik. 

Anda bisa menggunakan handuk, kertas tisu, kaos kaki, atau bahan lainnya yang tidak meninggalkan serat pada permukaan iPhone Anda. Usap-usap iPhone Anda dengan lembut dan hati-hati, terutama pada bagian-bagian yang basah seperti port charger, speaker, lubang mikrofon, lubang headphone, dan sekitar tombol-tombol. 

Upayakan untuk jangan menggunakan pengering rambut, memasukkan ke dalam oven, microwave, atau alat panas lainnya untuk mengeringkan iPhone Anda, karena hal ini bisa merusak komponen-komponen di dalamnya juga cara ini sangat berbahaya.

Mengapa Anda harus mengeringkan iPhone Anda dengan kain bersih jika terkena air? Alasannya adalah, karena kain bersih bisa menyerap air dari permukaan perangkat tanpa meninggalkan residu atau serat yang bisa menyumbat lubang-lubang dan menyebabkan korosi. 

Selain itu, mengeringkan iPhone dengan kain bersih juga bisa membantu menghilangkan kotoran, debu, atau benda asing lainnya yang mungkin terbawa oleh air.

4. Masukkan iPhone Anda ke dalam Beras atau Silika Gel

iPhone yang kemasukan air masukkan ke dalam beras

Langkah keempat untuk cara mengeluarkan air dari charger iphone atau bagian lainnya yaitu dengan memasukkan iPhone Anda ke dalam beras atau silika gel.

Kedua bahan ini diketahui bisa menyerap kelembaban dari dalam perangkat dengan cukup efektif. 

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Ambil wadah kedap udara yang cukup besar untuk menampung iPhone Anda.
  • Isi wadah tersebut dengan beras mentah atau silika gel (bisa ditemukan di dalam kemasan produk elektronik atau makanan kering).
  • Masukkan iPhone Anda ke dalam wadah tersebut dan pastikan seluruh permukaannya tertutup oleh beras atau silika gel.
  • Tutup rapat wadah tersebut dan simpan di tempat yang kering dan sejuk selama 24-48 jam.

Mengapa Anda harus memasukkan iPhone Anda ke dalam beras atau silika gel jika terkena air? Tentu alasannya adalah karena beras atau silika gel bisa menyerap air dari dalam perangkat dengan cara mengikat molekul-molekul air yang ada di udara. 

Hal ini akan membantu proses pengeringan bagian-bagian yang sulit terjangkau oleh kain, seperti sela-sela komponen atau sirkuit. 

Selain itu, memasukkan iPhone ke dalam beras atau silika gel juga bisa mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri yang bisa merusak perangkat.

5. Cek kondisi iPhone Anda Setelah Proses Pengeringan Selesai

Cek iPhone menyeluruh ketika proses pengeringan selesai.

Langkah terakhir pada artikel kali ini adalah mengecek kondisi iPhone Anda setelah proses pengeringan selesai. 

Keluarkan iPhone Anda dari wadah dan bersihkan sisa-sisa beras atau silika gel yang menempel. Kemudian, nyalakan iPhone Anda dengan menekan tombol power. 

Jika iPhone Anda berhasil menyala dan berfungsi normal, berarti proses pengeringan telah berhasil dan Anda bisa menggunakan perangkat tersebut seperti biasa. 

Namun, jika iPhone Anda tidak menyala atau masih mengalami masalah seperti layar berkedip, suara tidak keluar, kamera kabur, atau hal yang lainnya, berarti proses pengeringan gagal dan Anda harus membawa perangkat tersebut ke pusat servis resmi Apple untuk mendapatkan perbaikan atau mungkin penggantian.

Ketika iPhone Anda terkena air, ada kemungkinan bahwa air merusak komponen-komponen penting di dalam perangkat sebelum Anda melakukan langkah-langkah di atas. 

Oleh karena itu, mengecek kondisi iPhone setelah proses pengeringan adalah langkah akhir untuk memastikan apakah perangkat Anda masih bisa berfungsi atau tidak.

Kesimpulan

Meski memiliki fitur dan spesifikasi kekinian, iPhone adalah smartphone yang masih rentan terhadap kerusakan akibat air. 

Jika iPhone Anda terkena air, Anda bisa mencoba beberapa cara mudah untuk mengeluarkan air dari perangkat iPhone tanpa menggunakan aplikasi, yaitu:

  • Matikan iPhone Anda secepat mungkin
  • Mengeluarkan SIM card dan aksesori lainnya
  • Keringkan iPhone Anda dengan kain bersih
  • Masukkan iPhone Anda ke dalam beras atau silika gel
  • Cek kondisi iPhone Anda setelah proses pengeringan selesai

Cara mengeluarkan air dari iPhone 12 dan tipe iPhone lainnya ini bisa membantu Anda menyelamatkan iPhone Anda dari kerusakan akibat kemasukan air. Namun, jika cara-cara ini tidak berhasil, Anda harus segera membawa iPhone Anda ke pusat servis resmi Apple untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Itulah 5 cara mengeluarkan air dari iPhone hingga tuntas.  Anda dapat membaca bagaimana cara membersihkan speaker iPhone pada tautan ini. Selamat mencoba!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *