Tips & Trick

3 Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

177
×

3 Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Share this article
Baterai iPhone dapat Anda kembalikan ke kesehatan 100% dengan perawatan yang benar.

Apakah Anda pernah merasa baterai iPhone Anda cepat habis atau tidak sesuai dengan indikatornya? Jika ya, mungkin Anda perlu mengikuti cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen pada artikel ini.

Beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini, dapat Anda coba praktikkan sendiri tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Mari kita simak bagaimana cara meningkatkan battery health iPhone di bawah ini!

Cara Menjaga Battery Health iPhone

Kesehatan baterai pada iPhone Anda merupakan hal penting yang harus tetap terjaga. Terlebih jika mengingat harga ganti baterai iPhone yang cukup mahal. 

Maka ada baiknya sebagai pengguna, Anda memerhatikan bagaimana cara mengoptimalkan kesehatan baterai iPhone yang Anda miliki. 

Berikut adalah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen:

Menggunakan Charger Asli atau MFi

Charger original dapat membuat baterai iPhone tahan lebih lama dibanding charger palsu.

Charger adalah salah satu komponen terpenting yang akan berpengaruh langsung pada kesehatan baterai iPhone. Jika Anda menggunakan charger yang tidak resmi atau palsu, maka Anda berisiko merusak baterai iPhone Anda. 

Charger yang tidak resmi biasanya tidak memiliki sertifikat dari Apple yang telah menjamin kualitas dan keamanannya. Kemudian, charger yang tidak resmi atau palsu juga dapat mengisi daya baterai iPhone dengan arus dan tegangan yang tidak sesuai, sehingga hal ini dapat merusak komponen baterai.

Oleh karena itu, gunakan charger asli atau MFi (Made for iPhone). Charger MFi adalah charger yang telah mendapatkan lisensi dari Apple dan memiliki logo Apple di kemasannya. Charger MFi dapat mengisi daya baterai iPhone dengan arus tegangan yang sesuai, sehingga tidak akan merusak komponen baterai.

Untuk memilih charger MFi yang berkualitas, Anda perlu memeriksa beberapa hal:

  • Logo Apple harus terlihat jelas dan tidak mudah terhapus
  • Nomor seri tertera dan bisa Anda cek di situs web Apple
  • Kemasan rapi dan memiliki informasi yang lengkap tentang produknya.

Melakukan Kalibrasi Kesehatan Baterai

Baterai yang tidak dikalibrasi dapat menunjukkan angka persentase yang salah.

Melakukan kalibrasi kesehatan baterai dapat memperbaiki laporan kesehatan baterai yang tidak akurat. Laporan kesehatan baterai yang tidak akurat dapat terjadi karena beberapa alasan. Seperti perubahan suhu, penggunaan aplikasi tertentu, atau kesalahan sistem.

Kalibrasi kesehatan baterai dapat membantu Anda mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang kondisi baterai iPhone Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah baterai iPhone Anda masih sehat atau perlu diganti.

Cara kalibrasi baterai iPhone dapat Anda lakukan dengan mengupdate iPhone ke iOS versi 14.5 atau yang lebih baru, kemudian ikuti langkah-langkah yang ada di Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Hal yang perlu Anda ingat ketika melakukan hal ini ialah: kalibrasi baterai dapat memerlukan waktu beberapa minggu untuk meningkatkan persentase kapasitas maksimum dan kemampuan kinerja puncak baterai iPhone Anda.

Jika proses kalibrasi telah berhasil, maka Anda akan melihat pesan “Kesehatan Baterai Telah Dikalibrasi” di layar iPhone Anda.

Me-reset iPhone ke Setelan Pabrik

Reset iPhone dapat mengembalikan beberapa fungsi yang error

Me-reset iPhone ke setelan pabrik adalah cara terakhir pada artikel ini yang dapat membantu Anda mengembalikan kesehatan baterai. 

Cara ini akan menghapus data-data yang menumpuk sekaligus meringankan beban kinerja ponsel. Data-data yang menumpuk dapat berupa foto, video, musik, aplikasi, pesan, kontak, dan sebagainya. 

Data-data ini tentu saja akan memakan ruang penyimpanan dan memori iPhone yang cukup besar, yang mengakibatkan kinerja ponsel menjadi lambat dan boros baterai.

Cara reset iPhone  ke setelan pabrik ini dapat mengatasi masalah-masalah software yang memengaruhi kinerja dan daya tahan baterai iPhone. Seperti, bug, virus, malware, atau kesalahan konfigurasi. Masalah-masalah ini bisa menyebabkan ponsel Anda menjadi panas, lemot, atau sering restart sendiri.

Sebelum melakukan reset, Anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan iCloud, iTunes, atau aplikasi lain untuk menyimpan data Anda di tempat yang aman. 

Setelah itu, Anda dapat mengikuti cara untuk me-reset iPhone ke setelan pabrik dengan mudah dan cepat. Anda bisa masuk ke bagian Pengaturan > Umum > Setel Ulang > Hapus Semua Konten dan Setelan. 

Atau, Anda bisa menggunakan iTunes di komputer dan memilih opsi Restore iPhone.

Faktor Penyebab Penurunan Kesehatan Baterai

Baterai iPhone memiliki beberapa cara agar tetap terjaga kualitasnya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penurunan kesehatan baterai iPhone, seperti:

  • Penggunaan charger yang tidak resmi
  • Penggunaan aplikasi yang terlalu berat
  • Suhu lingkungan yang ekstrem, dan sebagainya. 

Jika kesehatan baterai iPhone Anda menurun, maka Anda akan mengalami masalah seperti baterai yang boros atau cepat habis, device mati mendadak, atau baterai tidak bisa terisi hingga penuh.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, Anda perlu mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen dengan cara menghemat baterai iPhone dan juga dengan cara pencegahan yang lainnya.

Kesimpulan

Itulah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen. Dengan mengikuti cara-cara ini, Anda bisa membuat usia baterai iPhone Anda lebih awet dan tahan lama. 

Dengan menggunakan charger MFi, Melakukan kalibrasi sesekali dan me-reset iPhone Anda ke setelan pabrik, maka Anda dapat memperbaiki indikator charger yang error, dan menjaga kesehatan baterai.

Namun Anda harus ingat, selain cara yang telah kami bagikan di atas, Anda juga perlu menjaga usia baterai iPhone dengan baik, seperti menghindari penggunaan aplikasi atau game yang terlampau berat, menjaga suhu lingkungan yang optimal, tidak menggunakan iPhone sambil di charge, dan lain-lain.

Semoga artikel cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 persen ini bermanfaat untuk Anda dan dapat menyelesaikan permasalahan teknis yang sedang Anda hadapi. Selamat mencoba!

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *