Tips & Trick

Cara Menghemat Baterai Realme C2 Tanpa Aplikasi Tambahan

129
×

Cara Menghemat Baterai Realme C2 Tanpa Aplikasi Tambahan

Share this article
Cara Menghemat Baterai Hp realme C2

Berapa lama sebuah ponsel dapat digunakan bergantung pada penggunaannya dan kapasitas baterainya. Oleh karena itu, penting untuk memahami cara menghemat baterai Hp realme C2 agar ponsel tetap awet.

Secara umum, ada beberapa penyebab mengapa baterai Hp realme C2 cepat habis, di antaranya yaitu:

  • Menjalankan banyak aplikasi sekaligus
  • Menggunakan aplikasi atau game yang berat
  • Menggunakan charger yang tidak sesuai
  • Baterai ponsel yang sudah lama
  • Pencahayaan Hp terlalu terang
  • Menggunakan banyak widget dan fitur
  • Wi-Fi atau data seluler selalu aktif

Jika Anda sering melakukan beberapa hal di atas, maka jangan lewatkan pembahasan ini. Di artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara menghemat baterai realme C2 tanpa tombol power agar tetap awet. 

Cara Menghemat Baterai HP Realme C2 Tanpa Aplikasi

Cara Menghemat Baterai Hp realme C2 Tanpa Aplikasi

Menghemat baterai pada HP Realme C2 adalah salah satu cara untuk memastikan ponsel tetap awet. 

Mengetahui tips agar baterai tahan lama dan tidak boros ini penting karena seringkali pengguna smartphone cenderung melakukan kesalahan. Seperti contohnya mengisi daya saat ponsel masih digunakan.

Berikut adalah beberapa cara menghemat baterai Hp realme C2 agar tetap awet dan tahan lama.

1. Menonaktifkan Vibrasi di HP Realme C2

Dengan menonaktifkan vibrasi, Anda dapat menghemat daya baterai. Sebagai gantinya, Anda bisa mengandalkan notifikasi suara. 

Baca Juga: 3 Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai iPhone ke 100 Persen

Hal ini akan membuat ponsel berbunyi ketika ada panggilan masuk atau pesan, dan meskipun terdengar sederhana, langkah ini sangat efektif untuk mengurangi beban daya pada HP Realme C2. Jadi, cobalah untuk lebih sering menggunakan notifikasi suara.

2. Menggunakan Mode Hemat pada HP Realme C2

ColorOS yang digunakan oleh Realme memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghemat daya baterai tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Dengan mengaktifkan mode hemat pada HP Realme C2, beberapa fitur lain dalam ponsel akan dinonaktifkan, seperti sinkronisasi aplikasi, vibrasi saat layar disentuh, dan penurunan kecerahan layar untuk menghasilkan tampilan yang lebih redup.

3. Menonaktifkan Sinkronisasi Akun di Smartphone Realme C2

Untuk menghemat baterai pada HP Realme C2, bukan hanya dengan mengaktifkan mode hemat saja, tapi juga bisa mematikan sinkronisasi akun yang sudah terdaftar pada ponsel. 

Cara melakukannya cukup mudah, hanya dengan mengakses menu pengaturan. Langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke menu pengaturan.
  2. Pilih opsi akun dan sinkronisasi. 
  3. Nonaktifkan fitur tersebut dengan mengklik pojok kanan atas. 

Selanjutnya, gunakan HP sesuai kebutuhan dan periksa tingkat daya baterainya secara berkala untuk melihat apakah ada perubahan.

4. Hindari Penggunaan Wallpaper Berlatar Cerah

Salah satu kesalahan yang mungkin kurang diketahui oleh pengguna HP Realme C2 adalah menggunakan wallpaper berlatar cerah. Perlu diingat bahwa penggunaan jenis wallpaper seperti ini dapat mempercepat konsumsi daya baterai dan mengakibatkan baterai cepat habis.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Baterai iPhone Agar Tidak Cepat Habis

Hal ini terjadi karena warna yang cerah pada wallpaper dapat mempengaruhi tingkat konsumsi daya. Oleh karena itu, sebaiknya hindari penggunaan wallpaper dengan warna yang terang atau cerah, karena hal tersebut dapat menguras kapasitas baterai dengan cepat.

5. Nonaktifkan Majalah Layar Kunci di HP Realme C2

Anda juga dapat mematikan majalah layar kunci jika ingin menjaga agar daya baterai tidak cepat habis. Dengan menonaktifkannya, saat ponsel terkunci atau saat membuka kunci, tidak akan ada tampilan gambar yang cerah, sehingga tampilannya akan lebih redup.

Cara untuk menonaktifkan majalah layar kunci pada HP Realme C2 cukup sederhana. Pertama-tama, buka menu pengaturan, lalu pilih opsi layar beranda dan majalah layar kunci. Selanjutnya, pilih menu majalah layar kunci, dan kemudian nonaktifkan fitur ini. Prosesnya selesai.

Kesimpulan

Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk menghemat baterai pada Realme C2. Selain mengikuti cara di atas, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan kalibrasi baterai agar meningkatkan akurasi daya.

Dengan mengadopsi kebiasaan-kebiasaan ini, Anda tidak hanya akan memperpanjang masa pakai baterai, tetapi juga menjaga kinerja dan kenyamanan penggunaan ponsel Anda. 

Jadi, sekarang saatnya untuk menerapkan cara menghemat baterai Hp realme C2 ini dan merasakan hasilnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *