Tips & Trick

5 Tips Agar Baterai HP Awet dan Tidak Boros Daya

132
×

5 Tips Agar Baterai HP Awet dan Tidak Boros Daya

Share this article
Tips Agar Baterai HP Awet yang Efektif

Tabloidselular.com – Saat ini, HP tidak hanya menjadi alat untuk berkomunikasi. Akan tetapi, kini fungsinya juga bergeser menjadi alat penunjang pekerjaan dan juga hiburan. Kondisi baterai sangat mempengaruhi kinerja HP. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan tips agar baterai HP awet.

Penggunaan yang tidak tepat menjadikan baterai cepat habis dan mudah rusak. Lantas, bagaimana tips agar baterai HP awet? Inilah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan baterai smartphone Anda.

1. Hanya Gunakan Charger Asli

Cara merawat baterai HP Android adalah dengan selalu mengisi daya memakai charger asli atau bawaan pabrik. Hal ini karena setiap charger memiliki tegangan atau daya yang berbeda sesuai dengan jenis baterai.

Jika Anda memakai pengisi daya yang tidak semestinya, baterai bisa menggembung dan mudah rusak. Selain itu, penggunaan charger yang tidak original bisa menyebabkan baterai bocor. Jika kondisinya sudah seperti ini, yang bisa Anda lakukan hanyalah mengganti baterai tersebut dengan yang baru.

2. Jangan Mengoperasikan HP Saat di-Charge

Tips Agar Baterai HP Awet Lainnya yakni Tidak Menggunakan HP Saat Di Charge

Selanjutnya, tips agar baterai HP tanam awet adalah dengan tidak mengoperasikan perangkat tersebut saat di-charge. Mengoperasikan HP saat pengisian daya bisa memperpendek usia baterai.

Oleh sebab itu, pastikan untuk menutup semua aplikasi terutama yang bekerja di belakang layar sebelum mengisi daya. Hal ini bertujuan agar pengisian daya berjalan secara optimal.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda mematikan HP terlebih dahulu sebelum menyambungkannya ke charger. Kemudian jangan lupa untuk segera mencabut charger saat pengisian daya sebelum mencapai 100%.

Sebagian besar pengguna HP selalu melakukan pengisian daya hingga penuh. Namun, perlu Anda ketahui bahwa jenis baterai tanam Lithium ion sebaiknya tidak di-charge hingga 100 persen. Hal ini bermanfaat untuk memperpanjang usia pakai baterai.

3. Aktifkan Mode Hemat Daya

Saat baterai HP tinggal sedikit tapi Anda lupa tidak membawa charger, Anda bisa mencoba untuk menggunakan mode hemat daya. Mode hemat daya efektif sebagai cara agar baterai HP tidak cepat habis.

Semua jenis HP memiliki pengaturan ini. Saat mode ini aktif, ponsel akan membatasi penggunaan aplikasi yang tidak perlu. Misalnya, HP akan otomatis mematikan aplikasi yang berjalan di belakang layar. Selain itu, tingkat kecerahan layar juga akan menurun.

Dengan begitu, konsumsi daya bisa menjadi lebih kecil. Dengan kata lain, baterai tidak akan cepat habis.

4. Matikan Fitur dan Aplikasi Yang Tidak Anda Pergunakan

Tips Agar Baterai HP Awet dengan Mematikan Fitur Tidak Berguna

Cara selanjutnya agar baterai ponsel tidak boros daya adalah dengan mengecek beberapa fitur atau aplikasi yang menyala. Biasanya, Anda lupa mematikan beberapa fitur yang bisa menyebabkan baterai cepat habis.

Sebagai contoh, mungkin saja fitur Bluetooth, GPS, dan juga Wifi Anda aktif. Jika Anda tidak menggunakannya, segera non-aktifkan fitur tersebut agar baterai HP tidak terkuras.

5. Segera Charge HP Sebelum Baterai Mencapai 20%

Tips Agar Baterai HP Awet dengan Segera Charge HP

Salah satu cara agar baterai HP baru awet adalah dengan tidak membiarkan ponsel kehabisan baterai hingga mati total. Biasakan untuk segera menyambungkan HP ke pengisi daya saat baterai tersisa 20 persen.

Handphone yang menggunakan baterai berjenis Li-ion akan cepat rusak jika Anda sering membiarkannya mati karena kehabisan daya. Untuk itu, jangan lupa untuk membawa charger kemanapun Anda pergi. Sehingga, Anda bisa mengisi daya kapan saja.

Itulah lima tips agar baterai HP awet dan tidak mudah mengalami kerusakan. Anda bisa mengaplikasikan tips tersebut baik untuk semua jenis dan merek HP. Dengan begitu, baterai tanam ponsel Anda tetap dalam kondisi sehat dan awet.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *