Tips & Trick

7 Cara Mengetahui HP Disadap & Menghentikannya

58
×

7 Cara Mengetahui HP Disadap & Menghentikannya

Share this article
cara mengetahui hp disadap

Penyadapan HP adalah sesuatu yang bisa menjadi masalah serius. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, ada pula para oknum yang tidak bertanggungjawab yang melakukan ini untuk kepentingan tersendiri. Lantas, bagaimana cara mengetahui HP disadap?

Karena penyadapan bisa menjadi sesuatu yang merugikan bagi setiap orang, maka Anda juga perlu waspada bila memang sewaktu-waktu terjadi penyadapan yang menimpa Anda.

Supaya Anda bisa terhindar atau paling tidak dapat mengetahui kalau HP Anda jadi target penyadapan atau hack, artikel ini akan memberikan beberapa caranya. Oleh karena itu, baca artikel ini secara cermat hingga selesai ya!

Cara Mengetahui HP Disadap

cara mengetahui HP disadap

Ketika HP sudah kena sadap, ada beberapa hal yang menjadi faktor agar Anda bisa semakin waspada. Ini dia beberapa ciri-ciri hp di sadap:

Periksa Aplikasi yang Mencurigakan atau Tidak Dikenal

Periksa aplikasi yang terinstal. Jika ada aplikasi yang tidak dikenal atau tidak diinginkan, khususnya yang memiliki hak akses yang mencurigakan, hal ini bisa menjadi tanda adanya perangkat lunak penyadapan.

Pengaturan yang Berubah Sendiri

Jika pengaturan ponsel Anda berubah tanpa izin, seperti pengaturan keamanan, pengaturan akun, atau preferensi lainnya, ini bisa mengindikasikan campur tangan yang tidak sah. Pemeriksaan berkala terhadap pengaturan perangkat dapat membantu mendeteksi potensi ancaman.

Konsumsi Data yang Meningkat Tanpa Alasan yang Jelas

Lonjakan signifikan dalam penggunaan data yang tidak jelas daripada ketika  aktivitas penggunaan biasanya dapat menjadi petunjuk penyadapan. Pengecekan rutin terhadap pemakaian data dapat membantu mendeteksi aktivitas yang mencurigakan.

Pesan atau Email yang Meragukan

Waspada terhadap pesan atau email yang mencurigakan, terutama yang berisi tautan atau lampiran yang tidak Anda kenal. Phishing melalui pesan atau email dapat menjadi metode untuk menginfeksi ponsel dengan malware atau memfasilitasi penyadapan.

Perilaku Tak Biasa

Perilaku ponsel yang tidak terduga, seperti bergetar atau menyala tanpa alasan yang jelas, bisa mengindikasikan adanya program berbahaya. Ini dapat terjadi bahkan saat ponsel sedang tidak terpakai atau dalam mode standby.

Penurunan Performa atau Konsumsi Daya yang Tidak Wajar

Ponsel yang tersadap mungkin menunjukkan penurunan drastis dalam kinerja, seperti respons aplikasi yang lambat atau pemanasan berlebih. Peningkatan konsumsi daya yang tidak wajar atau penurunan tiba-tiba dalam masa pakai baterai dapat menjadi tanda potensial.

Saldo Berkurang Tanpa Sebab

Anda punya aplikasi dompet digital atau keuangan lainnya dan tiba-tiba saldonya hilang? Bisa jadi hal tersebut karena ada penyadapan lewat HP Anda.

Baca Juga: 2 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi yang Mudah

Cara Menghentikan HP Disadap

cara mengetahui HP Disadap

Sudah tahu cara cek HP dihack, Apa Tindakan Selanjutnya? Jika Anda sudah menemukan sebagian besar gejala di atas, maka perlu tindakan selanjutnya. Jadi, Anda dapat melakukan hal-hal di bawah ini:

Periksa Aplikasi dan Izin

Telusuri setiap aplikasi yang terinstal pada ponsel Anda, termasuk aplikasi bawaan dan yang terunduh. Hapus aplikasi yang tidak Anda kenal atau mencurigakan.

Periksa perizinan aplikasi di pengaturan ponsel. Batasi izin hanya pada yang benar-benar perlu. Misalnya, jika aplikasi cuaca meminta izin untuk mengakses kontak, pertimbangkan apakah izin tersebut benar-benar penting.

Ganti Kata Sandi

Rinci kata sandi untuk semua akun penting, termasuk email, media sosial, perbankan, dan lainnya. Pastikan kata sandi mencakup kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun.

Perbarui Perangkat Lunak

Cek pembaruan sistem operasi ponsel secara teratur. Selain itu, pastikan semua aplikasi di ponsel telah update ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan keamanan dan fitur terbaru.

Pantau Aktivitas Tidak Biasa

Aktifkan log aktivitas atau gunakan aplikasi keamanan untuk memantau penggunaan data, baterai, dan aktivitas lainnya. Perhatikan perubahan yang tidak biasa yang dapat menandakan potensi penyadapan.

Gunakan Keamanan Cyber

Instal dan aktifkan perangkat lunak keamanan yang terpercaya, seperti antivirus, anti-malware, dan firewall, untuk melindungi ponsel dari serangan online.

Konsultasikan dengan Ahli Keamanan

Bila ragu atau khawatir tentang keamanan ponsel, segera hubungi ahli keamanan cyber atau konsultan IT. Mereka dapat melakukan analisis mendalam untuk menentukan apakah ada tindakan selanjutnya atau tidak.

Laporkan ke Pihak Berwenang

Jika Anda memiliki kecurigaan bahwa ponsel Anda telah tersadap atau terakses tanpa izin, segera laporkan kejadian tersebut ke pihak berwenang setempat. Sedetail mungkin sampaikan informasi yang Anda miliki.

Cara Mencegah HP Disadap

cara mengetahui HP Disadap

Sebagai tips, berikut hal yang dapat Anda terapkan agar HP tak kena sadap:

  • Lakukan peninjauan terhadap aplikasi yang terinstal, hapus yang tidak Anda kenali, dan menonaktifkan yang tidak perlu.
  • Hindari menghubungkan perangkat ke jaringan WiFi publik yang tidak aman.
  • Agar perangkat Anda terlindungi dari potensi risiko, pastikan selalu meng-update perangkat lunak, termasuk sistem operasi dan aplikasi, secara teratur.
  • Aplikasi pun baiknya senantiasa update secara otomatis untuk melindungi potensi ancaman dengan pembaruan keamanan dan fitur tambahan.
  • Mengaktifkan fitur pengamanan layar, baik menggunakan kata sandi yang kuat atau teknologi identifikasi seperti pengenalan wajah atau sidik jari.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara mengetahui HP disadap. Semoga ponsel kamu tetap aman ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *