Tips & Trick

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo Semua Tipe

71
×

Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo Semua Tipe

Share this article
cara menghilangkan mode aman di hp vivo

Pengguna HP Vivo, jangan panik jika Anda tiba-tiba memasuki mode aman di perangkat Anda. Pada dasarnya, mode aman adalah mode diagnostik di mana perangkat hanya dapat menjalankan aplikasi bawaan penting. Apabila Anda ingin keluar dari mode ini, cukup ikuti cara menghilangkan mode aman di HP Vivo.

Namun, sebelum mempelajari cara menghilangkan tulisan mode aman di HP Vivo, mari sekilas pelajari apa itu mode aman dan fungsinya.

Penyebab Munculnya Mode Aman Pada Vivo

Penyebab Munculnya Mode Aman Pada Vivo

Ponsel biasa masuk ke mode aman secara otomatis jika terdeteksi masalah pada aplikasi pihak ketiga atau gangguan terkait perangkat lunak (software) lainnya. Mode aman adalah alat diagnostik untuk memecahkan dan menemukan solusi dari masalah tersebut. Penyebabnya sendiri ada beragam, seperti:

1. Masalah Kompatibilitas Aplikasi

Apabila Anda baru saja menginstal aplikasi pihak ketiga atau memperbarui aplikasi yang tidak lagi kompatibel dengan sistem operasi (operating system) HP Anda, sistem menjadi tidak stabil dan harus memasuki mode aman.

2. Data Aplikasi Rusak

Data yang terkait dengan aplikasi tertentu mungkin saja corrupt. Alhasil, aplikasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga HP terpaksa mengaktifkan mode aman untuk mencegah timbulnya masalah lebih lanjut.

3. Update Software

Tidak jarang setelah software HP Anda diperbarui, ada aplikasi yang tidak lagi kompatibel dengan versi software terbaru ini. Perbedan tersebut juga dapat memicu mode aman.

4. Indikasi Software Berbahaya

Dalam beberapa kasus, keberadaan malware atau software berbahaya pada HP Anda dapat menyebabkan sistem menjadi tidak stabil. Untuk melindungi HP Anda dari permasalahan serius, maka sistem mode pun diaktifkan.

5. Isu Terkait Pengaturan atau File

Penyebab terakhir mengapa mode aman mendadak aktif adalah adanya masalah pada file tertentu atau pengaturan sistem penting yang berpotensi menyebabkan ketidakstabilan.

Mode aman dapat mengisolasi isu tersebut dengan menonaktifkan sementara aplikasi pihak ketiga dan menentukan letak masalah pada sistem utama perangkat.

Baca Juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Vivo Tanpa Ribet

Apakah Mode Aman Berbahaya?

Apakah Mode Aman Berbahaya?

Sebetulnya, mode aman sendiri tidak berbahaya. Jadi, tidak ada alasan untuk cemas jika Anda tiba-tiba melihat tulisan “Mode Aman” tertera di layar HP Vivo Anda.

Sebagaimana yang sudah dijabarkan sebelumnya, mode aman hanya bersifat sementara. Fungsinya yaitu supaya perangkat lebih mudah mengidentifikasi sekaligus mengatasi masalah yang diakibatkan dari instalasi aplikasi pihak ketiga.

Alih-alih berbahaya, mode aman justru melindungi HP Anda dari paparan risiko tambahan agar data-data penting tidak terhapus.

Meski begitu, bisa dimaklumi mengapa sebagian pengguna merasa was-was jika smartphone mereka yang tadinya berjalan normal mendadak memasuki mode aman. Bisa jadi mereka tidak paham tentang kegunaan mode aman.

Selain itu, mode aman juga membatasi kinerja HP, sehingga mereka tidak leluasa menggunakannya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Mode Aman di HP Vivo?

Tidak nyaman karena perangkat tiba-tiba masuk ke mode aman? Jangan khawatir. Menghilangkan mode aman di HP Vivo tidak sesulit yang Anda bayangkan. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan fungsi HP Anda seperti semula, apapun tipe HP Vivo Anda:

  • Tekan dan tahan tombol power pada HP Vivo Anda.

Tekan dan tahan tombol power pada HP Vivo Anda

  • Ketuk “Restart” / “Mulai Ulang” dan tunggu hingga HP Anda menyala kembali. Selama proses booting, HP Anda akan melalui prosedur pengaktifan normal.

Ketuk “Restart” / "Mulai Ulang" dan tunggu hingga HP Anda menyala kembali.

  • Begitu HP selesai dinyalakan ulang, periksa layar beranda HP Anda. HP Anda berhasil keluar dari mode aman ketika tulisan tersebut hilang dari pojok kiri layar.

Seharusnya, dilema Anda akan terpecahkan setelah mempraktikkan cara menghilangkan mode aman pada HP Vivo di atas.

Namun, apabila setelah restart perangkat Anda masih stuck di mode aman, kemungkinan besar terdapat masalah lebih serius dengan tombol volume bawah HP Anda. Pasalnya, pada kebanyakan smartphone, tombol volume bawah biasanya digunakan untuk mengaktifkan mode aman. Pastikan tombol ini tidak macet.

Penutup

Mode aman adalah alat yang berguna untuk mencegah kerusakan lanjutan pada smartphone. Namun, tidak dapat dipungkiri juga jika beberapa pengguna merasa terganggu dengan mode ini.

Beruntungnya, cara menghilangkan mode aman di HP Vivo sangat mudah. Demikian pula cara mematikan mode aman Xiaomi dan ponsel pintar pabrikan teranyar lainnya. Jadi, Anda tidak usah ambil pusing saat menemui tulisan “mode aman” di layar HP Anda, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *