Tips & Trick

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung, Langkah Lengkap!

45
×

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung, Langkah Lengkap!

Share this article
cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung

Beberapa orang ada yang tidak suka kalau ada orang lain yang mengakses aplikasi di handphone-nya, seperti email, WhatsApp dan sebagainya. Ini karena beberapa aplikasi tersebut mengandung privasi Anda. Untungnya, Anda bisa melindungi privasi ini dengan cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung.

Jika Anda menyembunyikan aplikasi, Anda tidak perlu khawatir saat orang lain meminjam ponsel Anda. Lantas, bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung? Simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Menyembunyikan Aplikasi pada HP Samsung

Beberapa smartphone keluaran terkini, umumnya sudah memiliki fitur privasi yang cukup aman. Misalnya seperti pemasangan kunci pada tiap aplikasi penting di ponsel. 

Namun, Samsung keluaran terkini juga menambahkan satu fitur privasi lainnya yang cukup aman dan banyak pengguna sukai, yaitu hide apps. Sesuai namanya, fungsi yang satu ini akan membuat aplikasi di ponsel Anda ‘hilang’ dari homescreen Samsung. 

Sehingga, orang lain tidak dapat melihat maupun mengakses aplikasi tersebut dari homescreen HP Anda. Kalau Anda ingin mengaktifkannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Buka Pengaturan Layar Depan

Bila Anda ingin ‘menghilangkan’ aplikasi dari homescreen, Anda harus mengaktifkan fungsi hide apps ini lebih dulu melalui setelan. Lebih tepatnya melalui menu Pengaturan Layar Depan atau Home Screen Settings. Setelan ini berada di dalam menu Pengaturan pada smartphone Anda.

Ada dua metode yang bisa Anda coba untuk masuk ke Pengaturan Layar Depan atau Home Screen Settings ini. Anda dapat mengaksesnya melalui homescreen Samsung atau masuk ke menu Pengaturan lebih dulu.

Agar lebih jelas dan paham, Anda dapat ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka Pengaturan pada smartphone. Lalu, scroll layar ke bawah dan pilih menu Layar Depan atau Home Screen.

sembunyikan aplikasi di samsung

  • Bisa juga dengan membuka homescreen Samsung. Lalu, tekan layar agak lama sampai muncul beberapa pengaturan.

cara menyembunyikan aplikasi di hp samsung

  • Buka Home Screen Settings yang ada di bagian bawah layar smartphone Anda.
  • Selesai. 

2. Pilih Menu Hide Apps

Begitu menu Home Screen Settings terbuka, Anda akan melihat beberapa pilihan pengaturan untuk homescreen handphone Samsung Anda. 

Salah satunya adalah pengaturan hide apps yang berfungsi untuk menyembunyikan aplikasi yang terlihat di homescreen Samsung Anda. 

Untuk ‘menghilangkan’ beberapa aplikasi dari homescreen, Anda dapat lakukan langkah berikut ini.

  • Pada Home Screen Settings, pilih menu Hide Apps.

menyembunyikan aplikasi di hp samsung

  • Cari dan pilih beberapa aplikasi yang ingin Anda ‘hilangkan’ dari homescreen. Misalnya WhatsApp, mBanking, email dan sebagainya.

menyembunyikan aplikasi di hp samsung

  • Bila sudah yakin, klik Apply di bagian bawah untuk menyimpan perubahan.
  • Sekarang, kembali ke homescreen Samsung Anda dan cek apakah aplikasi sudah hilang.
  • Jika sudah hilang, tandanya langkah yang Anda lakukan sudah tepat.

Cek Aplikasi yang Sudah Disembunyikan!

Bila Anda sudah mengikuti seluruh cara menyembunyikan aplikasi WhatsApp di HP Samsung dengan tepat, seharusnya aplikasi sudah ‘hilang’ dari homoscreen.

Namun, bagaimana cara kita mengaksesnya kalau aplikasi sudah ‘hilang’? Tenang saja, Anda masih bisa mengakses aplikasi seperti biasa.

Pada homescreen Samsung, terdapat fitur search di bagian atas kumpulan aplikasi yang ada. Untuk mengakses apps yang ‘hilang’, anda hanya perlu mengetikkan aplikasi yang ingin digunakan pada search bar.

Setelah itu, aplikasi yang ‘hilang’ akan muncul dan dapat Anda akses dengan mudah seperti biasa.

Fungsi hide apps pada Samsung ini memang sangat disukai oleh para pengguna karena dapat membantu menjaga privasi dengan baik. Dengan paham ara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung, Anda tidak perlu risau maupun khawatir. 

Terutama saat handphone sedang di-service maupun dipinjam oleh orang lain. Hal ini karena mereka tidak dapat melihat aplikasi dengan mudah, apalagi bila aplikasi juga terkunci.

Sehingga, Anda tidak perlu khawatir data penting akan terlihat maupun dicuri oleh orang lain. Meski fungsi yang satu ini bisa membantu menyembunyikan data, tetap saja Anda harus meningkatkan keamanan ponsel.

Salah satunya adalah dengan mengunci tiap aplikasi penting dalam ponsel dan juga layar smartphone Anda sendiri. Sehingga, tidak ada orang yang bisa membuka smartphone Anda sesuka hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *