Tips & Trick

Jarang yang Tahu, Ini 7 Fungsi NFC di HP untuk Sehari-Hari

172
×

Jarang yang Tahu, Ini 7 Fungsi NFC di HP untuk Sehari-Hari

Share this article
fungsi nfc di hp

Near Field Communication sering jadi fitur unggulan produsen smartphone, tapi banyak yang belum tahu apa fungsi NFC di HP untuk sehari-hari.

Biasanya fitur NFC ini baru mulai ada di HP kelas mid-range, kecuali beberapa HP kelas new entry seperti Alcatel 1S NFC.

Lantas, apa sebenarnya fungsi NFC ini?

Artikel ini akan mengulas:

  • Apa itu NFC,
  • Keunggulan NFC,
  • 7 fungsi NFC di HP dan cara memakainya.

Simak infonya sampai akhir.

Sekilas NFC

nfc adalah

NFC adalah teknologi konektivitas perangkat dalam jarak dekat menggunakan gelombang radio dengan frekuensi standar 13,56 MHz.

Dengan gelombang ini, kecepatan pertukaran data mencapai 424 Kbps dan bisa mengakomodasi jarak antar perangkat hingga 4 cm. Selain itu, gelombang ini juga bisa menembus bahan tipis seperti kertas, kain, atau plastik.

Hal ini membuat NFC relatif lebih mudah dari teknologi infrared yang harus presisi, serta lebih aman dan hemat daya dari bluetooth.

Untuk menggunakannya, perangkat yang akan terkoneksi harus sama-sama memiliki chip NFC.

Baca Juga: Perbedaan OIS dan EIS pada Kamera HP, Mana yang Lebih Baik

7 Fungsi NFC dalam Kehidupan Sehari-Hari

Memiliki HP dengan fitur NFC memberikan banyak kemudahan dan kepraktisan dalam kehidupan sehari-hari. Ini karena teknologi NFC memiliki kemungkinan pengembangan yang sangat luas.

Di antara kegunaan NFC di HP untuk keseharian yang sudah berjalan, yaitu seperti berikut.

Transaksi Tanpa Tunai

pembayaran non tunai dengan nfc

Ini merupakan salah satu manfaat NFC yang paling akrab dan sering orang gunakan. Teknologi ini memungkinkan Anda membayar barang atau jasa tanpa uang tunai. Jadi lebih aman, praktis, dan cepat.

Cara pakai NFC untuk pembayaran yaitu dengan menempelkan HP pada EDC, vending machine, gerbang tol, bahkan kartu e-money jika Anda ingin top up saldo. Selanjutnya tinggal ikuti instruksi pembayaran.

Namun, pastikan di HP Anda sudah ada aplikasi e-banking atau Google/Apple Pay yang sudah terkoneksi dengan kartu debit atau kredit.

Transfer Data dan File

transfer data dengan nfc

NFC juga bisa Anda gunakan untuk berbagi data atau file antar perangkat.

Caranya cukup aktifkan fitur koneksi lewat NFC, lalu dekatkan dan tunggu device Anda tertaut. Setelah itu Anda bisa menggunakannya untuk berbagi data dan file seperti kartu nama (kontak), foto, hingga video.

Cara ini cukup praktis karena proses pairing yang cepat. Tapi. karena kecepatan transfer datanya yang relatif lambat, fungsi ini jarang yang menggunakan.

Efektivitas ini juga yang menjadi alasan kenapa pengembangan Android Beam (fitur transfer data lewat NFC pada Android) tidak berlanjut lagi.

Mengontrol Perangkat Pintar

membuka kunci rumah pintar dengan nfc

Saat ini, beberapa perangkat pintar sudah terpasang chip NFC yang membuat Anda bisa berkomunikasi dan mengontrolnya. Jenis perangkatnya bermacam-macam, mulai dari mobil, pintu rumah, hingga kamera, dan lampu.

Contoh mobi pintar yang sudah bisa pakai NFC antara lain BMW iX yang memiliki fitur BMW Digital Key, Tesla Model 3 dengan Tesla Phone Key, serta Huawei AITO M5. 

Adapun sistem rumah pintar dengan NFC yang sudah dikembangkan saat ini seperti SmartThings dari Samsung, Philips Hue dari Philips, dan Nest dari Google.

Baca Juga: Apa Itu IP Rating pada HP? Standar Perlindungan Perangkat

Mendapatkan Informasi

NFC untuk membaca poster

Anda juga bisa menggunakan NFC untuk membaca informasi tertentu dari sebuah poster, brosur, tiket, kupon, atau bungkus produk. 

Cara kerjanya mirip seperti ketika Anda men-scan barcode pada objek tertentu. Kemudian, hasil scan menampilkan informasi teks atau URL halaman web untuk Anda kunjungi.

Hanya saja, dengan NFC, Anda tidak perlu memindai dengan kamera. Cukup menempelkan HP pada bagian dengan stiker NFC dengan fitur NFC aktif.

Cara ini lebih cepat daripada memindai dengan kamera karena teknologi NFC dapat terkoneksi dalam hitungan milidetik.

Mempercepat Koneksi Bluetooth

NFC untuk mempercepat pairing bluetooth

Pernah melakukan pairing HP dengan speaker bluetooth? Biasanya Anda mulai dengan menyalakan fitur bluetooth di kedua perangkat, lalu memasangkannya.

Dengan NFC, hal ini bisa selesai beberapa detik lebih cepat. Ini karena chip NFC juga dapat diprogram tidak hanya untuk menampilkan data, tapi juga melakukan perintah.

Dengan demikian, Anda tak perlu melakukan pengaturan manual atau memasukkan kode tertentu. Cukup sentuhan singkat untuk mengaktifkan dan memasangkan bluetooth.

Mengelola Smart Membership

NFC untuk VIP membership

Punya klub dengan keanggotaan khusus? Anda bisa pakai NFC untuk mengelolanya. Jadi, nantinya tidak perlu kartu khusus, tapi cukup pakai HP masing-masing yang sudah punya fitur NFC.

Cara ini melibatkan hampir semua fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya. Jadi, mulai dari masuk klub, mengatur lampu, speaker, termostat, dan perangkat lain, hingga bayar di klub, bisa pakai NFC.

Memprogram Chip NFC

memprogram chip NFC

Kalau Anda suka ngoprek teknologi terkini, bisa mencoba untuk memprogram chip NFC sesuai keinginan Anda. Jadi, HP Anda tidak hanya berfungsi sebagai pembaca NFC, tapi juga pemrogram NFC.

Yang Anda butuhkan hanya stiker atau kartu dengan chip NFC (bisa beli secara online) dan aplikasi pembuat tag NFC, seperti NFC Tools, NFC Easy Connect, atau NFC TagWriter.

Anda bisa memprogramnya untuk menyimpan data kontak, URL, lokasi, hingga mem-pairing bluetooth dengan mudah.

Sudah paham kan apa saja fungsi NFC di HP? Jadi kalau punya smartphone dengan NFC, Anda bisa memanfaatkan semaksimal mungkin.

Dapatkan juga informasi akurat dan terkini lainnya tentang teknologi atau gadget dengan mengunjungi TabloidSelular.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *