Tips & Trick

5 Tips Jual Online di Instagram Agar Raup Banyak Cuan

102
×

5 Tips Jual Online di Instagram Agar Raup Banyak Cuan

Share this article
Panduan Jual Online di Instagram

Tabloidselular.com – Instagram menjadi salah satu platform yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Sebagai contoh, Anda bisa memasarkan produk melalui media sosial ini. Namun, bagaimana agar bisa menarik minat pembeli? Anda perlu mencari tahu tips jual online di Instagram.

Ada banyak pertimbangan mengapa IG menjadi platform favorit untuk jualan online. Diantaranya adalah adanya fitur hashtag dan pembelian langsung melalui aplikasi. Selain itu, IG memiliki banyak pengguna aktif.

Untuk memaksimalkan penjualan, Anda bisa mengikuti tips jualan online di Instagram berikut ini.

1. Ubah Akun Anda ke Instagram Bisnis

Cara jualan online di Instagram bagi pemula adalah dengan mengubah akun pribadi ke akun bisnis. Akun ini memiliki fitur tambahan yang tidak bisa Anda temukan di akun pribadi. Misalnya, akun bisnis mempunyai fitur Insight.

Melalui fitur ini, Anda bisa memantau siapa saja yang menjadi audiens Anda. Selain itu, Anda juga bisa melihat overview audiens, seperti usia, gender, dan kota asal. Dengan begitu, Anda bisa menentukan strategi promosi yang tepat.

Fitur lain di akun IG bisnis adalah fasilitas untuk menambahkan kontak seperti nomor telepon dan email. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan link untuk memesan produk.

Segera Tambahkan Link di Bio Agar Jual Online di Instagram

Tips jualan di Instagram selanjutnya adalah dengan menambahkan tautan di bio Anda. Banyak penjual online yang menggunakan Instagram sebagai sarana mempromosikan produk. Jadi, mereka mengunggah katalog produk di IG.

Kemudian, mereka mengarahkan audiens untuk memesan produk melalui link yang ada di bio. Anda bisa menggunakan link tersebut untuk mengarahkan audiens ke website, marketplace, atau WhatsApp Anda.

Baca Juga : 5 Tips Dapat Like Banyak di Instagram dengan Mudah

Sayangnya IG hanya mengizinkan Anda untuk mencantumkan satu link. Jika Anda ingin memberi banyak pilihan link marketplace kepada audiens, Anda bisa memanfaatkan situs Linktree.

3. Buat Konten di Feed, Stories, dan Reels

Buat Konten Menarik Agar Jual Online di Instagram Laris

Satu-satunya cara jualan online di IG agar laris adalah dengan mempromosikan produk melalui konten menarik. Ada 3 jenis postingan di IG, yaitu Feed, Story, dan juga Reels.

Untuk mengunggah katalog produk, gunakanlah Feed dengan desain yang rapi dan estetik. Kemudian, untuk menarik perhatian audiens, buatlah reels tentang produk berdasarkan tren di Instagram.

Selain itu, Anda juga perlu berinteraksi dengan followers melalui IG stories. Kemudian, Anda juga bisa menambahkan link pemesanan produk melalui IG stories.

4. Manfaatkan Fitur Instagram Shopping

Jual Online di Instagram dengan Memanfaatkan Fitur Instagram Shopping

Meskipun terbilang fitur baru, sudah banyak penjual online yang memanfaatkan fitur Instagram Shopping. Fitur ini menjadikan IG Anda sebagai katalog digital. Selain itu, fitur ini memudahkan pembeli karena bisa bertransaksi langsung melalui IG.

Jadi Anda tidak perlu lagi mengarahkan calon konsumen ke website, marketplace, maupun WA. Keuntungan menggunakan fitur ini adalah produk Anda bisa dijangkau oleh pengguna lain meskipun bukan followers.

5. Manfaatkan Instagram Ads

Instagram Ads adalah fitur berbayar yang bisa mempromosikan produk Anda ke lebih banyak audiens. Fitur iklan ini akan muncul di beranda IG pengguna lain sesuai target pasar Anda.

Karena teknik ini membutuhkan budget yang lumayan besar, pastikan Anda melakukan riset secara matang. Instagram Ads efektif untuk menggaet audiens berdasarkan target.

Misalnya, Anda bisa mengelompokkan target berdasarkan usia, jenis kelamin, tempat tinggal, dan juga ketertarikan mereka. Sehingga, iklan yang Anda buat akan lebih efektif.

Itulah lima tips jual online di Instagram yang bisa Anda coba. Jika konsisten dalam menerapkan tips tersebut, akun IG Anda akan memiliki banyak followers dan menjangkau lebih banyak calon pembeli. Dengan begitu, penjualan produk Anda juga akan meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *