Tips & Trick

5 Tips Marketplace Facebook agar Jualan Makin Laris

54
×

5 Tips Marketplace Facebook agar Jualan Makin Laris

Share this article
Cara Jualan di Marketplace Facebook

Tabloidselular.com – Facebook kini tidak hanya berfungsi sebagai media sosial. Kini banyak orang menggunakannya sebagai platform jual beli online melalui fitur Marketplace FB. Apakah Anda juga ingin merasakan kesuksesan melalui platform ini? Jika Iya, Anda perlu mencari tahu tips marketplace Facebook.

Marketplace FB tidak hanya menjangkau konsumen di wilayah Anda. Layaknya aplikasi belanja online lain, Marketplace FB juga menjangkau konsumen di seluruh Indonesia. Lantas, apa saja tips jualan di marketplace Facebook? Inilah tips mudah meraup untung melalui Facebook.

1. Pasang Harga Kompetitif

Berikan Harga Terbaik Saat Marketplace Facebook

Sebelum mengunggah produk, sebaiknya Anda melakukan riset untuk mengetahui harga pasaran. Dengan begitu, Anda bisa menentukan harga jual yang kompetitif.

Jika Anda menjual barang bekas, pastikan bahwa harga barang yang Anda tawarkan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Jika harga produk terlalu tinggi daripada harga pasar, calon pembeli tidak akan tertarik dengan produk yang Anda jual.

2. Upload Foto Produk yang Menarik

Saat Jualan di Marketplace Facebook, Gunakan Foto Terbaik

Cara jualan di marketplace FB agar laris sebenarnya sama seperti platform jual beli online yang lain. Senjata utama Anda dalam menarik perhatian audiens adalah foto produk. Jadi, pastikan bahwa gambar produk yang Anda unggah berkualitas tinggi.

Gunakan kamera dengan resolusi tinggi agar foto tampak tajam dan tidak buram. Usahakan Anda menggunakan pencahayaan alami agar warna di foto tidak beda jauh dengan warna produk.

Selain itu, foto produk Anda dalam berbagai angle. Sehingga, calon pembeli bisa mengetahui seluruh bagian produk secara detail.

3. Tambahkan Deskripsi Produk

Tips berjualan di marketplace Facebook selanjutnya adalah dengan menambahkan deskripsi produk yang jelas. Deskripsi menjelaskan detail produk dan keunggulannya. Sehingga, Anda bisa meyakinkan pengguna FB untuk membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, ketika mendeskripsikan produk, Anda harus menjelaskan semua aspek secara rinci. Misalnya, jika Anda menjual produk pakaian, maka jelaskan ukuran, bahan, model, dan warnanya.

Selain itu, pastikan bahwa deskripsi produk tersebut jujur dan tidak dilebih-lebihkan. Sebagai contoh, jika Anda menjual barang bekas, maka jangan berikan deskripsi bahwa produk tersebut adalah barang baru.

Setiap postingan juga harus Anda akhiri dengan Call to Action. Sehingga, pembeli akan tergugah untuk menghubungi Anda dan menanyakan tentang produk tersebut.

4. Rajin Posting Produk

Tips posting di marketplace Facebook adalah rajin dan konsisten mengunggah produk jualan Anda. Dalam satu hari, sebaiknya Anda memposting produk sebanyak 5 kali.

Namun, hindari untuk mengunggah beberapa produk dalam waktu yang hampir bersamaan. Jadi, berikanlah jeda di setiap postingan antara 2 hingga 10 menit. Hal ini harus Anda lakukan agar Facebook tidak menganggap bahwa postingan Anda adalah spam.

Baca Juga : 5 Tips Menjadi Youtubers dengan Banyak Subscribers

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa Facebook membatasi jumlah postingan sebanyak 25 kali dalam satu hari. Jika Anda terlalu banyak mengunggah produk dalam sehari, ini akan memberikan dampak negatif terhadap akun Anda.

5. Balas Pesan Konsumen dengan Cepat

Respon Cepat Saat Jualan di Marketplace Facebook

Sebagai penjual, Anda harus memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi para pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan sigap menanggapi pesan pengguna FB yang tertarik dengan produk Anda.

Agar produk Anda laris, Anda harus memberikan layanan yang memuaskan. Misalnya, Anda harus menjawab semua pertanyaan konsumen terkait produk.

Penjual yang lamban dalam menanggapi pesan atau bahkan mengabaikan pesan tersebut akan kehilangan kesempatan untuk menjual produk. Pembeli tentu akan lebih memilih berbelanja di penjual yang responsif dan ramah.

Itulah lima tips marketplace Facebook yang bisa Anda terapkan dalam berjualan segala jenis produk. Pastikan Anda mematuhi aturan berjualan di marketplace FB seperti tidak menjual barang palsu, miras, dan hewan peliharaan. Jika konsisten dalam berjualan dan memberikan layanan pelanggan yang memuaskan, produk Anda akan laris terjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *