Tips & Trick

Apa Itu Refresh Rate: Cara Kerja, Fungsi, Pro dan Kontra

163
×

Apa Itu Refresh Rate: Cara Kerja, Fungsi, Pro dan Kontra

Share this article
apa itu refresh rate

Apa itu refresh rate?

Ketika menelusuri tentang HP gaming, mungkin Anda pernah menemukan istilah ini. Lebih jauh lagi, Anda mungkin pernah mendengar ini berkaitan dengan pengalaman mobile gaming yang lebih baik.

Tapi, apa sebenarnya refresh rate itu? Apa juga manfaatnya mengetahui tentang refresh rate?

Artikel ini akan membuat Anda memahami apa pengertian refresh rate, cara kerja, manfaat, serta pro dan kontra tentang hal ini.

Pengenalan Refresh Rate

refresh rate adalah

Refresh rate adalah istilah yang menunjukkan seberapa sering sebuah layar memperbarui tampilan pikselnya.

Misal, sebuah layar memiliki refresh rate 90 Hertz (Hz). Ini berarti, dalam 1 detik, pixel di layar tersebut “berkedip” selama 90 kali, di mana setiap kedipan memberikan pembaruan tampilan pada layar.

Smartphone saat ini biasanya memiliki refresh rate mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz, hingga refresh rate paling tinggi 240Hz.

Baca Juga: Akurat! 5 Cara Cek Umur HP Iphone dan Android yang Praktis

Cara Kerja Refresh Rate

cek refresh rate

Refresh rate bekerja dengan cara memperbarui warna pixel secara berkala. 

Anda tentu tahu bahwa layar HP terdiri atas susunan piksel-piksel yang padat. Susunan tersebut membentuk sebuah frame gambar pada layar.

Setiap kali melakukan refresh, frame gambar baru akan menggantikan yang lama. Dengan refresh rate yang tinggi, artinya tampilan pada layar akan diperbarui lebih sering. Ini menjadikan tampilannya lebih halus saat berganti frame gambar.

Jadi, dalam proses ini, terjadi:

  1. Kartu grafis menghasilkan frame gambar baru
  2. Frame gambar baru dikirim ke layar
  3. Layar menampilkan frame gambar baru selama beberapa milidetik (refresh).

Proses ini berlangsung berulang-ulang dengan kecepatan tinggi, sesuai tingkat fresh rate yang didukung oleh layar dan kartu grafis.

Yang perlu Anda pahami, proses refresh ini tidak terjadi di seluruh piksel layar secara bersamaan, tapi baris per baris horizontal. 

Refresh Rate Tinggi vs Rendah

refresh rate tinggi vs rendah

Fungsi refresh rate tidak berhubungan dengan blur atau tidaknya sebuah gambar, tapi ia menentukan mulus tidaknya gerakan sebuah objek pada layar.

Jika refresh rate rendah, maka ketika sebuah objek bergerak cepat pada layar, mungkin akan tampak bergetar dan tidak stabil. Efek ini namanya jitter.

Dengan refresh rate tinggi, efek jitter tidak akan terjadi. Pergerakan objek jadi lebih mulus dan halus. Anda juga jadi bisa melihat detail objek saat bergerak dengan lebih baik.

Refresh rate tinggi penting untuk berbagai aktivitas, mulai dari menonton film, bermain game, hingga kerja profesional.

Misal Anda menonton adegan kejar-kejaran menggunakan mobil, gerakan mobilnya jadi lebih smooth dengan detail yang lebih baik. Begitu juga saat bekerja profesional seperti mengedit video, dan lainnya.

Hubungan Refresh Rate dengan Gaming

refresh rate pada gaming

Refresh rate juga sangat penting ketika bermain game mobile. Dengan refresh rate tinggi, game jadi terasa lebih responsif, tidak lag atau delay. Ini tentu memberikan pengalaman permainan yang sangat memuaskan.

Tapi, untuk gaming, selain refresh rate, Anda juga perlu memperhatikan touch sampling rate atau TSR. 

Touch sampling rate adalah ukuran seberapa sering layar smartphone merekam input dari jari Anda. Semakin tinggi TSR, semakin cepat response time yang Anda rasakan.

Meski demikian, kemampuan refresh rate terbatasi oleh frame rate (FPS) dari video dan game yang Anda mainkan. 

Misal, Anda memiliki grafis dan layar yang mendukung refresh rate 120Hz, tapi frame rate video atau game tersebut maksimal hanya 60 fps. Maka, yang Anda dapatkan yaitu tampilan 60 fps.

Baca Juga: Extended RAM Adalah: Cara Kerja, Manfaat, dan Kontroversi

Kelebihan dan Kekurangan Refresh Rate

Kelebihan refresh rate tinggi yaitu memberikan Anda pengalaman menonton video atau bermain game yang sangat baik.

Ini akan sangat terasa ketika Anda memainkan game yang membutuhkan ketepatan dan kecepatan, seperti PUBG atau Mobile Legend. Input jari Anda jadi terasa lebih responsif dan gerakan karakter juga terasa lebih akurat.

game refresh rate tinggi

Tapi, kekurangan refresh rate yaitu membutuhkan sumber daya cukup besar, termasuk baterai. Karena itu, smartphone kelas mid range biasanya hanya memiliki refresh rate maksimal 90Hz agar lebih hemat daya.

Berapa Refresh Rate Terbaik?

Kebutuhan refresh rate tinggi paling utama memang untuk gaming. Adapun untuk pemakaian normal, refresh rate 60Hz sudah cukup mumpuni.

Pengaturan refresh rate biasanya perlu dilakukan secara manual melalui menu setting. Tapi, saat ini sudah banyak smartphone yang mengadopsi teknologi adaptive sync atau dynamic refresh rate, terutama di kelas flagship.

Dynamic refresh rate berarti smartphone tersebut mampu mengubah-ubah refresh rate-nya sendiri sesuai kebutuhan secara otomatis.

Bahkan, keluaran terbaru sudah ada yang menggunakan layar LTPO (Low Temperature Polycrystalline Oxide) 3.0 AMOLED. Contohnya seperti Iphone 14 Pro, One Plus 11, dan Samsung S23 Ultra.

adaptive sync

Kedua teknologi ini mampu mengubah-ubah refresh rate secara drastis mulai dari 1Hz saat hanya menampilkan ikon aplikasi saja, hingga 120Hz saat aktif gaming.

Sudah paham apa itu refresh rate dan menentukan pilihan yang tepat untuk Anda? Baca juga informasi akurat dan terkini lainnya tentang teknologi dan gadget di TabloidSelular.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *