Tips & Trick

5 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Akurat

76
×

5 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Akurat

Share this article
cara cek iphone asli

iPhone adalah salah satu produk smartphone yang paling populer dan diminati di seluruh dunia. Namun, popularitas iPhone  juga membuatnya menjadi sasaran para penjual barang palsu yang ingin meraup keuntungan dengan menipu pembeli. Simak bagaimana cara cek iPhone asli pada artikel ini agar Anda tidak tertipu! 

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu

Jika Anda membeli iPhone bekas atau menemukan iPhone dengan harga yang jauh di bawah harga pasaran. Sudah selaiknya Anda waspada dan berhati-hati. Pasalnya, banyak produk iPhone palsu yang tersebar saat ini.

Hal ini penting untuk Anda ketahui, karena dengan mengetahui kualitas iPhone asli atau palsu, maka Anda dapat menghindari penipuan, kerugian, atau masalah kinerja produk yang mungkin akan timbul jika Anda membeli iPhone palsu.

Berikut ini kami telah merangkum 5 cara efektif untuk cara cek iPhone bekas, dan cara untuk mengetahui kualitas iPhone asli atau palsu.

Pertama: Memeriksa Nomor Seri

Nomor seri iPhone adalah kode unik yang diberikan oleh Apple kepada setiap iPhone yang produksi resmi. Nomor seri ini berfungsi untuk mengecek informasi tentang iPhone, seperti model, warna, kapasitas penyimpanan, tanggal pembelian, status garansi, dan lain-lain.

nomor seri iPhone dapat Anda lihat di menu pengaturan

Kemudian, cek no seri iPhone dapat Anda temukan di beberapa tempat, seperti di bagian kotak iPhone, di bagian belakang iPhone, di menu Pengaturan > Umum > Tentang, atau di iTunes jika Anda telah menyambungkan iPhone ke komputer.

Cara paling mudah untuk cara cek imei iPhone adalah dengan mengunjungi situs web Apple dan memasukkan nomor seri pada kolom yang tersedia. Jika nomor seri yang Anda miliki valid, maka Anda akan melihat informasi yang lengkap tentang iPhone tersebut. 

Baca juga: Cara Daftar IMEI iPhone Secara Resmi dan Gratis

Namun sebaliknya, Jika nomor seri tersebut tidak valid, maka Anda akan mendapatkan pesan bahwa nomor seri tidak ditemukan atau tidak valid.

Kedua: Memeriksa Kualitas Fisik

Selain dengan cara cek imei iPhone di atas, cara selanjutnya adalah dengan memeriksa kualitas fisik dari device iPhone yang Anda miliki.

Kualitas fisik adalah salah satu ciri yang paling mudah untuk membedakan iPhone asli atau palsu. Sebuah iPhone asli memiliki kualitas fisik yang sangat baik dan rapi, sedangkan iPhone palsu biasanya memiliki kualitas fisik yang buruk dan kasar. 

Berikut adalah beberapa ciri fisik yang dapat Anda perhatikan secara tampilan:

Kualitas iPhone asli dapat terlihat dari tombolnya yang empuk dan nyaman.
  • Logo. Logo Apple pada iPhone asli biasanya terbuat dari logam dan memiliki warna yang sesuai dengan warna bodi iPhone. Sedangkan pada iPhone palsu biasanya terbuat dari plastik dan memiliki warna yang berbeda dengan warna bodi iPhone.
  • Tombol. Tombol pada iPhone asli akan terasa empuk dan nyaman saat Anda tekan. Selain itu juga memiliki posisi yang pas dan sejajar dengan bodi iPhone. Sedangkan pada tombol iPhone palsu biasanya terasa keras. Dan juga tidak nyaman saat ditekan, serta memiliki posisi yang tidak pas dan tidak sejajar dengan bodi iPhone.
  • Port. Port atau lubang pada iPhone asli memiliki bentuk dan ukuran yang sesuai dengan standar Apple. Selain itu juga memiliki kualitas bahan yang baik dan tahan lama. Namun berbeda dengan yang palsu. Port pada iPhone palsu memiliki bentuk dan ukuran yang tidak sesuai dengan standar Apple. Dan juga pada iPhone palsu memiliki kualitas bahan yang buruk dan mudah rusak.
  • Layar: Layar pada iPhone asli memiliki resolusi yang tinggi dan tajam, serta memiliki warna yang cerah dan kontras yang tepat. Sedangkan pada layar iPhone palsu biasanya memiliki resolusi yang rendah dan buram, serta memiliki warna yang lebih pudar dan redup.
  • Kamera: Kamera pada iPhone asli memiliki kualitas gambar yang bagus dan jernih, serta memiliki fitur-fitur canggih seperti zoom optik, mode potret, mode malam, dll. Jika pada iPhone palsu biasanya kameranya akan memiliki kualitas gambar yang jelek dan buruk.

Ketiga: Memeriksa Sistem Operasi

Selain cara cek iPhone asli di web yang sudah kami sebutkan di atas dan memeriksa kualitas fisiknya, kini saatnya memeriksa sistem operasi pada iPhone.

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengatur fungsi-fungsi dasar dari iPhone, seperti mengelola aplikasi, file, jaringan, dll. 

Sistem operasi yang iPhone asli gunakan adalah sistem iOS, sedangkan sistem operasi yang akan iPhone palsu gunakan biasanya adalah Android yang dimodifikasi agar mirip dengan iOS. 

Cara mengecek versi iOS iPhone adalah dengan membuka menu Pengaturan > Umum > Perangkat Lunak. 

Anda akan melihat nomor versi iOS iPhone Anda gunakan. Kemudian, Anda dapat memastikan bahwa iOS tersebut asli dan bukan tiruan adalah dengan membandingkan fitur-fitur atau aplikasi yang ada di iOS asli dan tidak ada di iOS palsu. 

Berikut adalah beberapa fitur yang hanya tersedia pada iOS asli, dan tidak ada di iOS palsu:

App store dapat memuat banyak aplikasi dan game untuk iPhone Anda
  • Face ID: Face ID adalah fitur keamanan yang memungkinkan Anda membuka kunci iPhone Anda dengan menggunakan wajah Anda. Fitur ini hanya ada di iPhone X atau generasi terkini selanjutnya. 
  • App Store: App Store adalah toko aplikasi resmi dari Apple yang menyediakan berbagai macam aplikasi berkualitas untuk iPhone Anda. Jika iPhone Anda memiliki App Store dan dapat Anda gunakan, maka Anda hal ini merupakan indikasi bahwa iPhone Anda asli.
  • iMessage: iMessage adalah layanan pesan instan dari Apple yang memungkinkan Anda dalam mengirim pesan teks, gambar, video, stiker, dll kepada pengguna Apple lainnya secara gratis. 
  • Layanan ini hanya bisa tersedia bagi para pengguna Apple resmi, dan tidak bisa pengguna Android dan iPhone palsu gunakan. Jika iPhone Anda memiliki iMessage, maka kemungkinan iPhone Anda adalah produk asli dan resmi.

Keempat: Memeriksa Aksesori

Aksesori adalah perangkat tambahan yang dapat meningkatkan fungsi atau estetika dari iPhone, seperti charger, earphone, case, dll.

Aksesori yang disertakan dengan iPhone asli akan memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar Apple, sedangkan aksesori iPhone palsu biasanya memiliki kualitas yang buruk dan tidak sesuai dengan standar Apple. 

Baca juga: 3 Cara Cek Garansi iPhone Resmi atau Distributor

Berikut adalah beberapa ciri aksesori yang dapat Anda perhatikan:

earphone Apple asli terkini, yaitu earpod memiliki bentuk yang unik dan suara yang bagus.
  • Charger: Charger pada iPhone asli memiliki bentuk kotak dengan logo Apple di atasnya, serta memiliki panjang kabel sekitar 1 meter. Namun berbeda dengan charger pada iPhone palsu yang biasanya memiliki bentuk bulat tanpa logo Apple, serta memiliki panjang kabel yang lebih pendek.
  • Earphone: Earphone pada iPhone asli memiliki bentuk bulat dengan logo Apple di sampingnya, tak lupa dengan kualitas suara yang jernih dan nyaman. Sedangkan pada iPhone palsu biasanya earphone tersebut memiliki bentuk oval tanpa logo Apple di sampingnya, serta memiliki kualitas suara yang buruk.

Kelima: Memeriksa Performa

Performa adalah kemampuan iPhone untuk menjalankan berbagai tugas atau aplikasi dengan cepat dan lancar. 

Pada produk iPhone asli, biasanya memiliki performa yang sangat baik dan stabil. Sedangkan performa pada iPhone palsu sangat buruk dan tidak sesuai standar Apple. 

Berikut adalah beberapa cara untuk memeriksa performa iPhone:

iPhone asli memiliki garansi resmi dan kualitas yang terjamin.

Membuka Aplikasi

Cobalah untuk membuka beberapa aplikasi yang berbeda pada iPhone, seperti kamera, peta, safari, dll. 

Perhatikan seberapa cepat dan lancar aplikasi tersebut terbuka dan berjalan. Jika produk iPhone asli, maka aplikasi tersebut akan terbuka dan berjalan dengan cepat dan lancar, tanpa ada lag atau macet. 

Sebaliknya, jika iPhone palsu, maka aplikasi tersebut akan terbuka dan berjalan dengan lambat dan tidak lancar, dengan banyaknya lag, macet, hingga hang.

Melakukan Panggilan

Cobalah untuk melakukan panggilan telepon atau video call dengan menggunakan iPhone. Perhatikan seberapa jelas dan lancar suara dan gambar yang Anda terima dan kirim.

Pada iPhone asli, maka suara dan gambar yang terkirim dan masuk akan jelas dan lancar, tanpa ada gangguan atau putus-putus. Namun jika iPhone palsu, maka suara dan gambar yang ada akan buram dan tidak dapat berjalan dengan lancar.

Kesimpulan

iPhone asli atau palsu dapat Anda bedakan dengan mudah dan akurat dengan menggunakan lima cara yang telah kami jelaskan di atas.

Langkah seperti cek imei iPhone resmi iBox, memeriksa kualitas fisik, memeriksa sistem operasi, memeriksa aksesori, dan memeriksa performa akan membuat Anda terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Cara cek iPhone 13 asli, 12, dan seri-seri lainnya di atas  dapat Anda terapkan sendiri untuk mengetahui orisinalitas produk iPhone yang Anda miliki.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Layanan, All Operator

Kami sarankan kepada Anda untuk berhati-hati dan teliti sebelum membeli iPhone, dan pastikan bahwa Anda membeli dari penjual yang terpercaya dan resmi. 

Semoga artikel cara cek iPhone asli ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *