Tips & Trick

2 Cara Mematikan HP Otomatis, Semua Merk

71
×

2 Cara Mematikan HP Otomatis, Semua Merk

Share this article
cara mematikan hp otomatis

Kalau mau mematikan HP, hal yang paling umum orang-orang lakukan dan ketahui adalah dengan menggunakan tombol power. Sebab, tombol inilah yang menjadi opsi utama untuk mematikan HP, sesuai dengan apa kegunaannya. Tapi, mungkin Anda juga pernah bertanya-tanya cara mematikan HP otomatis?

Apakah hal ini memungkinkan untuk Anda lakukan? Tentu saja bisa!

Pembahasan kali ini adalah soal cara apa yang dapat Anda lakukan supaya bisa mematikan HP secara otomatis. Oleh karena itu, pastikan kalau Anda membaca artikel ini secara cermat ya!

Cara Mematikan HP Tanpa Tombol Power

cara mematikan HP otomatis

Sebenarnya, untuk mematikan HP tidak melulu harus menggunakan tombol power. Ada berbagai opsi yang dapat Anda lakukan, bahkan secara otomatis.

Beberapa perangkat memiliki opsi untuk mematikan perangkat melalui menu perangkat lunak tanpa menggunakan tombol power. Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga juga menyediakan fungsi untuk mematikan HP dengan otomatis tanpa menggunakan tombol power. 

Biasanya orang-orang membutuhkan cara untuk mematikan HP secara otomatis ketika ada hal yang penting, misal untuk urusan pekerjaan supaya tidak mengganggu atau memang ada aturan tertentu untuk mematikan HP

Atau, HP punya Anda tombol powernya rusak atau copot? Cara ini juga bisa jadi alternatif supaya Anda tidak bingung lagi untuk mematikan HP.

Cara Mematikan HP Otomatis Android

Penjelasan di bawah ini adalah cara lebih lanjut untuk menjawab mengenai apa yang harus Anda lakukan bila mau mematikan HP otomatis untuk Android, baik itu cara mematikan HP Realme, OPPO, Samsung, atau merek lainnya.

Buka Pengaturan

Pada layar utama perangkat Android Anda, temukan dan sentuh ikon roda gigi yang merupakan simbol Pengaturan, atau akses Pengaturan melalui menu aplikasi.

Temukan Pengaturan Tambahan

Setelah masuk ke Pengaturan, gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Pengaturan Tambahan.” Sentuh opsi ini untuk membuka submenu.

Akses Menu Sistem

Di dalam submenu “Pengaturan Tambahan,” temukan dan sentuh opsi “Sistem” untuk membuka menu Sistem yang berisi pengaturan lebih lanjut.

Pilih Jadwal Hidup/Mati Otomatis

Dalam menu Sistem, carilah dan sentuh opsi “Jadwal Hidup/Mati Otomatis” untuk masuk ke pengaturan jadwal daya otomatis.

Aktifkan Hidup/Mati Otomatis

Di dalam pengaturan jadwal, aktifkan opsi “Hidup Otomatis” untuk mematikan HP secara otomatis, atau “Mati Otomatis” jika Anda ingin menjalankannya otomatis.

Atur Waktu Otomatis

Gunakan penggeser waktu atau input manual untuk menyesuaikan waktu kapan HP Anda akan mati atau menyala secara otomatis sesuai preferensi Anda.

cara mematikan HP otomatis

Simpan Pengaturan

Pastikan untuk menyimpan pengaturan dengan mengetuk opsi “Simpan” atau dengan mengonfirmasi perubahan sesuai petunjuk yang muncul di layar.

Alternatif lain adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa memilih berbagai aplikasinya di Play Store. Kalau bingung, cari saja yang namanya “Shutdown”. Tinggal buka aplikasi tersebut, nanti akan muncul bagaimana tutorial untuk menggunakannya.

Cara Mematikan HP Otomatis iPhone

Sementara itu, iPhone memang tidak punya pengaturan bawaan untuk melakukannya. Tapi, Anda tetap bisa melakukannya dengan mengunduh aplikasi. Kalau Anda juga adalah pengguna baru iPhone, Anda juga bisa membaca artikel mengenai bagaimana cara mematikan iPhone.

Penjelasan di bawah ini adalah cara lebih lanjut untuk menjawab mengenai apa yang harus Anda lakukan bila mau mematikan HP otomatis untuk iPhone:

Buka Aplikasi “Shortcuts”

Pastikan Anda telah menginstal aplikasi “Shortcuts” dari App Store. Kalau belum, maka segera unduh. Kalau sudah, maka langsung saja buka aplikasi ini.

Buat Pintasan Baru

Pada layar utama “Shortcuts”, ketuk tombol “New Automation”.

cara mematikan HP otomatis

Tambahkan Tindakan

Atur kebutuhan Anda dengan menambahkan tindakan baru ke pintasan Anda.

Cari dan Tambahkan Tindakan “Set Time”

Gunakan fungsi pencarian untuk menemukan tindakan “Set Time” dan tambahkan ke pintasan Anda.

Atur Waktu Mematikan HP

Tentukan waktu yang diinginkan untuk pemadaman otomatis. Setelah itu, tambahkan tindakan baru dengan mencari “Turn Off” dan pilih tindakan ini.

Simpan Pintasan

Setelah menyesuaikan pintasan sesuai keinginan, ketuk “Next” dan beri nama pintasan Anda. Selanjutnya, ketuk “Done” untuk menyimpannya.

Untuk mengaktifkannya dengan siri, maka Anda bisa buka Pengaturan iPhone And, lalu pilih “Siri & Search,” dan atur perintah suara yang ingin Anda gunakan untuk menjalankan pintasan, misalnya, “Matikan HP saya.”

Itu dia cara mematikan HP otomatis yang dapat Anda lakukan bagi para pengguna ponsel Android serta iPhone. Pastikan untuk menerapkan setiap tahapannya dengan benar. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *