Tips & Trick

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Semua Tipe

70
×

Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung Semua Tipe

Share this article
cara membatasi hotspot di HP Samsung

Pada HP Samsung, fitur bernama “hotspot” mengubah perangkat sebagai titik akses Wi-Fi portabel. Meski fitur ini berguna, tidak jarang ada orang yang menyalahgunakannya. Namun, jika Anda mengetahui cara membatasi hotspot di HP Samsung, maka Anda dapat menghindari situasi tersebut.

Anggota keluarga atau teman yang menumpang pada koneksi internet Anda mungkin terlewat asyik sampai-sampai kuota Anda tersedot habis. Atau, ada terlalu banyak orang yang terhubung ke hotspot Anda, sehingga mengurangi kecepatan koneksi dan membuat Anda kurang nyaman streaming di HP sendiri.

Untuk mengantisipasinya, langsung saja praktikkan cara membatasi penggunaan hotspot di HP Samsung di bawah ini.

Alasan Mengontrol Akses Terhadap Hotspot

cara membatasi hotspot di HP Samsung

Ada beragam alasan mengapa Anda ingin mengontrol akses terhadap hotspot Anda.

Boleh jadi paket data Anda memiliki batas penggunaan harian. Dalam kasus ini, maka Anda sebaiknya membatasi jumlah data yang digunakan saat berbagi hotspot. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau pulsa Anda otomatis terpotong.

Dalam kasus lain, Anda barangkali sedang melakukan online meeting, dan karena itu Anda membutuhkan koneksi internet yang stabil. Apabila ada terlalu banyak perangkat yang terhubung ke hotspot Anda secara bersamaan, hal ini dapat memperlambat kecepatan internet.

Tidak hanya itu, mengaktifkan hotspot pada HP Samsung Anda rupanya dapat berdampak pada daya tahan baterai. Ini terjadi karena ketika Anda mengaktifkan fitur hotspot, HP Anda pada dasarnya bertindak sebagai router mini.

Proses ini mengonsumsi daya tambahan untuk beberapa alasan, seperti transmisi data, tenaga pemrosesan, dan lain-lain. Apabila Anda tidak awas, dan Anda tergolong tipe yang sengaja tidak menampilkan baterai di HP Samsung Anda, tahu-tahu saja Anda akan kehabisan baterai.

Bagaimana Cara Membatasi Hotspot di HP Samsung?

Cegah risiko-risiko tersebut dengan mempelajari trik-trik di bawah ini.

1. Cara Membatasi Data Hotspot di HP Samsung

Operator seluler biasanya mengenakan biaya tambahan tiap kali Anda melebihi batas paket data yang dialokasikan. Jika Anda tidak ingin boros pulsa karena kebaikan Anda sendiri, sudah saatnya mengetahui cara membatasi kuota hotspot di HP Samsung Anda. Alhasil, Anda dapat mencegah pengeluaran tak terduga.

Untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke “Pengaturan”, lalu pilih “Koneksi”.
  • Dalam menu yang sama, pilih “Hotspot Seluler dan Penambatan”. Di sinilah Anda akan mengelola setting terkait dengan pembagian paket data saat hotspot aktif.
  • Kemudian, tap “Hotspot Seluler”.
  • Temukan opsi Konfigurasi, dan tap “Fitur Lanjutan”.
  • Di bagian “Atur batas data seluler”, tersedia opsi untuk mengatur jumlah kuota yang ingin Anda alokasikan untuk orang-orang yang terhubung ke hotspot Anda. Masukkan besaran MB di kolom yang ada. Jika sudah selesai, ketuk “OK”.

cara membatasi kuota hotspot di HP Samsung

  • Keluar menu “Pengaturan”.
  • Selesai.

Nah, Anda telah berhasil membatasi penggunaan kuota saat hotspot di HP Anda aktif. Dengan begini, Anda dapat sepenuhnya mengontrol berapa banyak data yang dihabiskan supaya pemakaian internet Anda tidak membengkak.

Baca Juga: 5 Cara Screenshot Samsung A22 4G & 5G

2. Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Samsung

Selain mengatur limit data untuk dibagikan, Anda juga dapat menentukan jumlah orang yang dapat tersambung ke hotspot Anda. Ini untuk memastikan agar jaringan internet tetap stabil.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi risiko akses tidak sah yang berpotensi membahayakan privasi Anda. Hal ini patut Anda perhatikan, apalagi saat Anda mengaktifkan hotspot di tempat umum.

Apabila Anda menggunakan password yang mudah ditebak, orang-orang tidak bertanggung jawab dapat memanfaatkan koneksi tersebut untuk mencuri data penting dari HP Anda.

Sementara itu, berikut langkah-langkah mengontrol jumlah perangkat yang tersambung ke hotspot di HP Samsung:

  • Masuk ke “Pengaturan”, lalu pilih “Koneksi”.
  • Dalam menu yang sama, pilih “Hotspot Seluler dan Penambatan”. Di sinilah Anda akan mengelola setting terkait dengan pembagian paket data saat hotspot aktif.
  • Kemudian, tap “Hotspot Seluler”.
  • Temukan opsi Konfigurasi, dan tap “Fitur Lanjutan”.
  • Di bagian “Saluran siaran”, Anda dapat mengatur jumlah maksimum perangkat yang dapat terhubung ke hotspot Anda. Sesuaikan nilainya menurut preferensi Anda. Dalam contoh ini, atur jumlah perangkat ke batas yang Anda inginkan (misalnya, maksimum 10 perangkat).

cara membatasi pengguna hotspot di HP Samsung

  • Keluar menu “Pengaturan”.
  • Selesai.

Mudah bukan? Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan koneksi internet Anda tetap bagus, mencegah kelebihan beban pada bandwith, serta memberikan pengalaman terhubung ke internet yang lebih terkendali.

Penutup

Supaya internetan lancar terus tanpa khawatir kuota Anda tersedot sampai tak bersisa, tidak ada salahnya untuk mengontrol alokasi besaran data dan jumlah perangkat tersambung ketika hotspot Anda aktif.

Cara membatasi hotspot di HP Samsung di atas dapat membantu Anda mengatasi kekhawatiran-kekhawatiran yang mungkin muncul ketika berbagi koneksi internet dengan orang lain. Walau penamaan menu dan letak mungkin berbeda, opsi ini tersedia untuk semua tipe HP Samsung yang mendukung hotspot seluler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *