Tips & Trick

3 Cara Membersihkan Sampah di HP Secara Tuntas

53
×

3 Cara Membersihkan Sampah di HP Secara Tuntas

Share this article
Cara membersihkan sampah di hp

Sadar atau tidak, ponsel Anda akan terus memproduksi file sampah di setiap harinya. File sampah ini bisa membuat memori Anda cepat habis dan hp Anda cepat lemot. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini ada beberapa cara membersihkan sampah di hp secara tuntas yang bisa diikuti dengan mudah. 

Cara ini bisa menjadi cara mengatasi hp lemot yang efektif, karena menghapus file sampah dapat mengoptimalkan kinerja hp menjadi lebih baik. Ini juga bisa menjadi cara menghilangkan virus di hp, karena sistem akan menghapus virus yang tertumpuk di file sampah. 

Ingin tahu cara membersihkan sampah di hp agar tidak lemot dan bebas dari virus? Berikut adalah caranya! 

1. Bersihkan Sampah dengan Cleaner Bawaan di HP

Sebagai salah satu masalah umum di smartphone Anda, menumpuknya file sampah ternyata bisa diatasi dengan mudah. Hal ini karena setiap ponsel biasanya memiliki cleaner bawaan yang bisa Anda akses di aplikasi “File” atau “File Manager”. Penting untuk Anda catat jika namanya bisa berbeda di seri hp lainnya. 

Meskipun namanya bisa saja tidak sama, namun cara membersihkan sampah di hp Samsung maupun di hp jenis lain biasanya tidak akan jauh berbeda. Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah! 

  • Buka aplikasi “Files”
  • Klik “Analyze Storage”

Cara membersihkan sampah di hp agar tidak lemot

  • Pilih file-file yang ingin Anda hapus

Hanya saja, meskipun mudah cara ini memang kurang cepat karena Anda harus menghapus file-filenya secara manual. 

2. Hapus Cache Semua Aplikasi

Selain menghapus file-file sampah dan file-file yang sudah tidak Anda perlukan di File Manager, Anda juga bisa menghapus cache aplikasi. Hal ini karena hampir semua sampah berasal dari cache. Secara garis besar, cara ini adalah cara membersihkan sampah di hp tanpa aplikasi yang paling efektif. 

Cara menghapus cache di iPhone dan di Android tidak jauh berbeda. Anda bisa menghapus cache dengan cara berikut! 

  • Masuk ke menu “Pengaturan”
  • Klik “Apps”

Cara membersihkan sampah di hp tanpa aplikasi

  • Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus
  • Klik “Storage”

Cara membersihkan sampah di hp tanpa aplikasi

  • Klik “Clear Cache”

Cara membersihkan sampah di hp tanpa aplikasi

Namun, sama seperti menghapus file melalui File Manager, Anda harus menghapus cache secara manual. Jadi, ulangi cara di atas untuk semua aplikasi yang ter-install di ponsel Anda. 

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Lalu, bagaimana jika Anda ingin membersihkan semua file sampah di Android maupun di iPhone secara otomatis? Sayangnya, hanya ada satu jalan keluar yang bisa Anda pilih, yaitu dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang perlu Anda unduh adalah aplikasi cleaner, seperti CCleaner. 

  • Buka aplikasi “CCleaner”
  • Klik “Start Here”

File sampah di Android 

  • Klik “Give us access”

File sampah di Android

  • Izinkan semua akses yang diminta agar aplikasi bisa menghapus file sampah di hp Anda
  • Klik “Scan for junk”
  • Klik “See Result”

Centang file yang ingin Anda hapus

  • Centang file yang ingin Anda hapus
  • Klik “Finish Cleaning”

Hanya saja, pastikan jika file yang ingin Anda hapus tidak akan Anda perlukan lagi. Hal ini karena aplikasi akan menghapus file tersebut secara permanen. Sehingga, tidak akan ada cara untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. 

Selain aplikasi CCleaning, ada juga beberapa aplikasi cleaner lain yang bisa Anda gunakan. Beberapa di antaranya adalah Phone Cleaner, Phone Master, AVG Cleaner, dan beberapa aplikasi sejenis lainnya. Cara penggunaannya pun tidak akan jauh berbeda dengan cara di atas sehingga mudah digunakan. 

Jadi, cara membersihkan sampah di hp mana yang akan Anda pilih? Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, maka Anda bisa hapus file melalui File Manager atau melalui cache. Namun, jika Anda ingin yang lebih mudah dan otomatis, maka mengunduh aplikasi tambahan bisa menjadi pilihan terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *