Tips & Trick

Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android

43
×

Cara Menulis Huruf Arab Berharakat di Android

Share this article
Cara menulis huruf Arab berharakat di Android

Pada dasarnya, menulis adalah salah satu aktivitas yang paling sering Anda lakukan di ponsel. Bahkan, bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, namun juga bahasa dan jenis huruf yang lain seperti Arab. Tidak heran jika ada banyak orang yang ingin tahu cara menulis huruf Arab berharakat di Android

Hal ini karena huruf Arab memiliki bentuk yang berbeda dengan huruf alfabet di dalam bahasa Indonesia. Jadi, Anda memang perlu mengganti deretan keyboard di ponsel ke huruf Arab terlebih dahulu sebelum dapat menulisnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena caranya relatif mudah. Bahkan, caranya tidak kalah mudah dari cara menghilangkan kamus di keyboard Xiaomi. Hal ini karena sudah ada pengaturan di aplikasi keyboard yang bisa dengan mudah Anda otak-atik. 

1. Masukkan Bahasa Arab ke dalam List “Bahasa Anda”

Meskipun keyboard di ponsel Anda mendukung hampir semua bahasa yang eksis di dunia, namun huruf dalam bahasa tersebut tidak akan muncul begitu saja. Karena itu, agar keyboard tulisan Arab muncul di hp, Anda perlu menambahkan Bahasa Arab ke dalam list “Bahasa Anda” atau “Your Language”. 

Hal ini berlaku sebagai cara menulis Arab di hp Samsung maupun di hp merk lain. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menambahkan bahasa Arab ke dalam list! 

  • Buka aplikasi apapun yang bisa memunculkan keyboard di layar ponsel (misalnya SMS, media sosial, atau aplikasi lainnya) 
  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas keyboard 

Keyboard tulisan Arab

  • Klik “Setting”

Keyboard tulisan Arab

  • Pilih “Languages”

Keyboard tulisan Arab

Masukkan Bahasa Arab ke dalam List “Bahasa Anda”

  • Cari “Arabic” dan klik

Keyboard tulisan Arab

  • Bahasa Arab sudah termasuk ke dalam list bahasa Anda

2. Ketik Tulisan yang Anda Inginkan

Apabila bahasa Arab sudah termasuk ke dalam list, cara menulis bahasa Arab di hp akan lebih mudah lagi. Anda hanya perlu menggeser tombol “Spasi” ke kanan dan ke kiri hingga muncul bahasa Arab. Hanya saja, di keyboard tersebut memang hanya ada huruf Arab gundul saja tanpa ada harakat apapun. 

Cara menulis bahasa Arab di hp

Bagi masyarakat native di Arab Saudi dan negara berbahasa Arab yang lain, menulis dan membaca Arab gundul bukan masalah sama sekali. Hanya saja, untuk Anda yang tinggal di negara non-Arab dan baru belajar bahasa Arab, kehadiran harakat itu sangat penting. Lalu, bagaimana cara untuk memunculkannya? 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada cara memberi harakat pada tulisan Arab di hp Samsung maupun hp merk lain. Caranya adalah dengan mengklik tanda titik dengan lama, hingga muncul harakat untuk huruf-huruf Arab atau Hijaiyah yang akan Anda tulis.

Cara menulis bahasa Arab di hp

Sebagai informasi tambahan, tidak semua keyboard yang Anda pakai mendukung penggunaan harakat di huruf Arab. Jadi, jika Anda sudah mengklik lama tanda titik dan ternyata harakat tidak kunjung muncul, itu artinya Anda perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang mendukungnya. 

Menariknya, ada beberapa aplikasi keyboard yang dapat mendukung penggunaan harakat di hp Anda, misalnya seperti Gboard atau GO Keyboard. Keduanya bisa Anda temukan dan bisa Anda unduh secara resmi melalui Google Play Store. Cara penggunaan keyboard-nya pun sama seperti cara di atas tadi. 

Jadi, Anda hanya perlu menambahkan bahasa Arab ke dalam list dan mulai menulis dengan huruf Hijaiyah. Anda dapat menulis dengan huruf tersebut di mana saja, termasuk di aplikasi WhatsApp, Instagram, Twitter, dan media sosial lain. 

Dengan mengikuti cara menulis huruf Arab berharakat di Android di atas, Anda bisa menulis berbagai hal dalam bahasa Arab. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *