Tips & Trick

3 Cara Menyambungkan HP ke Proyektor

37
×

3 Cara Menyambungkan HP ke Proyektor

Share this article
cara menyambungkan hp ke proyektor

Menggunakan proyektor untuk menonton film atau mempresentasikan sesuatu memang terasa lebih nyaman dan jelas. Menariknya, kini proyektor juga bisa Anda hubungkan dengan smartphone. Cara menyambungkan HP ke proyektor pun tidaklah sulit. 

Ada tiga metode yang dapat Anda coba, yaitu dengan menggunakan kabel USB, WiFi dan kabel HDMI. Setiap metode pun memiliki catatannya masing-masing. 

Yang pasti, proyektor yang Anda gunakan harus memiliki spesifikasi dan fitur yang compatible dengan metode yang Anda pilih. Ini pun juga berlaku pada ponsel yang Anda gunakan. Agar lebih paham dan dapat mencoba langsung, Anda dapat perhatikan artikel ini hingga tuntas.

Cara Menyambungkan HP ke Proyektor dengan Kabel HDMI

Metode paling dasar yang bisa Anda coba untuk menghubungkan handphone ke proyektor adalah dengan menggunakan HDMI cable.

Bukan hanya proyektor, kabel HDMI ini juga bisa Anda gunakan untuk menghubungkan handphone ke layar TV. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Namun, untuk menggunakan HDMI cable, Anda juga harus memiliki adaptor USB untuk handphone Anda. Hal ini karena HDMI cable pada dasarnya tidak memiliki port yang sesuai dengan ponsel. Agar lebih jelas, Anda dapat perhatikan tahapan berikut ini.

  • Nyalakan proyektor yang Anda gunakan lebih dulu, pastikan layar sudah terlihat. 
  • Buka pengaturan Input Source pada proyektor dan pilih input dengan kabel HDMI.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan hdmi

  • Siapkan kabel HDMI dan USB adaptor untuk ponsel. Lalu, colokkan HDMI ke proyektor dan USB ke handphone Anda.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan hdmi

  • Bila sudah, Anda akan melihat layar handphone tampil di layar proyektor secara otomatis.  Silahkan coba jalankan ponsel Anda dan lihat apakah tampilan di proyektor sudah tepat.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan hdmi

  • Selesai.

Cara Menyambungkan HP ke Proyektor dengan USB

Selain kabel HDMI, metode lainnya yang bisa Anda coba untuk menghubungkan handphone dan proyektor adalah dengan menggunakan kabel USB.

Untuk cara ini, Anda tidak perlu membeli kabel adaptor lagi sebagai tambahan. Cukup gunakan kabel USB yang biasa Anda gunakan untuk mengisi daya handphone.

Akan tetapi, ada catatan untuk metode ini, yaitu hanya bisa Anda lakukan bila proyektor memiliki port untuk USB. Bila tersedia, Anda bisa lanjutkan dengan tahapan di bawah ini.

  • Hidupkan proyektor Anda lebih dulu, pastikan layar sudah terlihat. Lalu, colokkan kabel USB pada handphone Anda dan port ke proyektor.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan usb

  • Pada layar proyektor, masuk ke pengaturan iOS dan pilih WiFi Display. Bila Anda menggunakan android, silahkan masuk ke pengaturan Android.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan usb

  • Coba nyalakan screen handphone Anda. Bila berhasil, layar HP akan langsung tampil pada layar proyektor.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan usb

  • Selesai.

Cara Menyambungkan HP ke Proyektor lewat Wifi

Metode terakhir yang bisa Anda coba untuk menampilkan layar handphone di proyektor adalah dengan menggunakan jaringan Wifi. Cara ini sebetulnya memiliki konsep yang sama dengan menghubungkan ponsel ke perangkat lain dengan bluetooth.

Metode ini umumnya digunakan sebagai cara menyambungkan HP ke proyektor mini. Selain itu, ini juga dapat Anda lakukan untuk menghubungkan handphone dan laptop.

Seperti kedua metode lainnya, metode Wifi ini sendiri juga memiliki catatan sendiri, yaitu proyektor harus compatible dengan cara ini. Agar Anda lebih paham, silahkan perhatikan dan coba langkah-langkah di bawah ini.

  • Aktifkan proyektor Anda lebih dulu. Pastikan proyektor sudah compatible dengan koneksi melalui Wifi.
  • Pada handphone Anda, aktifkan Wifi dan hubungkan dengan jaringan milik proyektor. Masukkan password dari jaringan proyektor Anda.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan wifi

  • Bila proyektor tidak memiliki pengaturan WiFi, Anda bisa gunakan adaptor untuk ekstensi Wifi pada proyektor. Lalu, hubungkan handphone dengan jaringan Wifi dari adaptor tersebut.
  • Pada bar Notifikasi, akan muncul Cast Screen settings. Buka pengaturan tersebut dan pilih jaringan dari proyektor.

cara menyambungkan hp ke proyektor dengan wifi

  1. Anda akan langsung melihat tampilan screen dari ponsel Anda pada layar proyektor.
  2. Selesai.

Sudah Coba Metode yang Mana?

Menggunakan proyektor untuk membagikan screen handphone memang membuat pandangan jadi terasa lebih nyaman. 

Hal ini karena ukuran layar yang lebih besar dan terang. Sehingga video, film maupun dokumen dari ponsel dapat terlihat lebih jelas.

Untuk menggunakannya, ada beragam cara menyambungkan HP ke proyektor di atas yang bisa Anda coba lakukan. 

Mulai dari cara menyambungkan HP ke proyektor tanpa kabel melalui Wifi maupun dengan kabel. Seperti menggunakan HDMI dan USB cable.

Dengan memahami ketiga metode di atas, Anda dapat menggunakan proyektor untuk berbagai kebutuhan. Bukan hanya presentasi atau menonton film bersama, tetapi juga bisa untuk kegiatan lainnya.

Misalnya seperti kompetisi mobile game, memberikan tutorial atau pelajaran di suatu kelas, uji coba aplikasi terbaru dan sebagainya.

Meski begitu, apapun metode yang akan Anda coba nantinya, pastikan proyektor Anda sudah compatible dengan cara tersebut. Sehingga, tidak akan terjadi masalah sambungan nantinya saat Anda mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *