News

5 Contoh Penerapan AI pada Gadget

382
×

5 Contoh Penerapan AI pada Gadget

Share this article
penerapan AI pada gadget

Di era digital yang berkembang pesat ini, kecerdasan buatan telah menjadi bagian penting dari kehidupan. Gadget dengan teknologi tersebut menjadikan  tugas sehari-hari lebih nyaman dan efisien. Lantas, seperti apa contoh penerapan AI pada gadget

Mengenal Artificial Intelligence

Mengenal Artificial Intelligence

Sebelum kita dapat mengidentifikasi bagaimana penerapan kecerdasan buatan lewat gadget, ada baiknya Anda mengetahui apa itu kecerdasan buatan. Artificial Intelligence atau AI adalah simulasi proses kecerdasan manusia oleh mesin, khususnya sistem komputer. 

Fitur ini mampu melakukan tugas-tugas kompleks yang mulanya hanya dapat dilakukan oleh manusia. Bentuk-bentuk penerapan Artificial Intelligence, antara lain seperti penalaran, pengambilan keputusan atau pemecahan masalah. 

5 Bentuk Penerapan AI pada Gadget

Bentuk AI pada Gadget

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan teknologi AI pada gadget

Deteksi dan Pengenalan Wajah

Menggunakan filter virtual dan menggunakan ID wajah untuk membuka ponsel adalah dua contoh kecerdasan buatan. Keduanya kini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kemampuannya pun luar biasa karena mampu mendeteksi wajah dalam beberapa detik saja dengan akurasi tinggi.

Anda tentunya sering menggunakan Instagram dan mengunggah konten memanfaatkan filter wajah. Kemudian, membuka kunci perangkat ponsel tanpa harus menekan tombol. 

Manajemen Pembuat Keputusan

Banyak perusahaan atau organisasi menerapkan sistem manajemen keputusan untuk konversi dan interpretasi data menjadi model prediktif. Mereka menerapkan sistem manajemen keputusan untuk menerima informasi terkini. Kemudian, melakukan analisis data bisnis agar membantu pengambilan keputusan. 

Manajemen keputusan membantu menghindari risiko dan mengotomatisasi proses. Sistem manajemen keputusan banyak diterapkan di sektor keuangan, sektor kesehatan, perdagangan, sektor asuransi atau e-commerce.

Baca Juga: Mulai Ketar Ketir, Mantan CEO Google Ungkap Keresahan Terhadap AI (Artificial Intelligence)

Pembayaran Elektronik

Harus pergi ke bank untuk setiap transaksi mungkin akan membuang waktu Anda. Kini, bank sudah memanfaatkan kecerdasan buatan untuk memfasilitasi nasabah dengan menyederhanakan proses pembayaran.

Anda bisa melakukan penyetoran, mentransfer uang dan bahkan membuka rekening dari mana saja. Termasuk memanfaatkan AI untuk keamanan, manajemen identitas dan kontrol privasi.

Bahkan potensi penipuan dapat dideteksi dengan mengamati pola belanja pengguna kartu kredit. Ini juga merupakan contoh kecerdasan buatan. Algoritma mengetahui jenis produk apa yang dibeli pengguna, kapan dan dari mana produk tersebut biasanya mereka beli. Termasuk pada kisaran harga berapa produk tersebut berada. 

Saat ada aktivitas tidak biasa yang tidak sesuai dengan profil pengguna, sistem dapat menghasilkan peringatan atau prompt untuk memverifikasi transaksi.

Pelacak Kebugaran 

Tetap bugar dan sehat menjadi lebih mudah dengan pelacak kebugaran bertenaga AI. Perangkat dengan kemampuan tersebut dapat menganalisis data Anda dan menawarkan wawasan yang dipersonalisasi mengenai tingkat kesehatan dan kebugaran. 

Fitur ini dapat memantau detak jantung Anda, pola tidur dan bahkan memberikan panduan latihan. Dengan perangkat berbasis teknologi ini, Anda memiliki pendamping kesehatan yang terus-menerus memotivasi Anda menjalani gaya hidup lebih sehat.

Asisten Digital

Saat sedang sibuk atau mengerjakan sesuatu, Anda bisa memanfaatkan asisten digital untuk melakukan tugas tertentu. Asisten virtual dapat mengerjakan banyak hal sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, bertanya sesuatu, mengakses kontak, memanggil nomor tertentu hingga mempelajari kebiasaan Anda.

Seiring berjalannya waktu, kemampuannya pun semakin berkembang. Hidup Anda semakin mudah dengan keberadaan fitur ini. 

Nah, itulah contoh penerapan AI pada gadget. Keberadaan perangkat dengan fitur tersebut telah mengubah cara hidup, meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

Seiring dengan kemajuan teknologi, Anda dapat mengharapkan lebih banyak lagi gadget inovatif dengan kemampuan tersebut untuk hal-hal bermanfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *