Review

Review Vivo Y36 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

407
×

Review Vivo Y36 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Share this article
Review Vivo Y36 5G

Rangkaian Vivo Y36 Series sudah sukses meramaikan pasaran smartphone Indonesia dengan spesifikasi dan harganya yang bersaing. Untuk menjaga popularitasnya, Vivo pun akhirnya merilis Vivo Y36 5G yang memiliki julukan “Gaya sultan, performa jagoan”.

Dengan jargonnya ini, maka dibandingkan produk entry level seperti Vivo Y02t, varian Y36 sudah pasti jauh lebih unggul.

Smartphone ini bukan hanya menyediakan jaringan 5G, Vivo juga menyediakan berbagai spesifikasi unggulan yang tidak akan membuat Anda menyesal membelinya. Nah, jika penasaran dengan Vivo Y36 5G harga dan spesifikasi lengkapnya, silakan simak review-nya melalui artikel di bawah ini!

Spesifikasi Vivo Y36 5G

Spesifikasi Vivo Y36 5G

Informasi mengenai Vivo Y36 5G specs lengkapnya bisa Anda temukan pada tabel di bawah ini:

Waktu RilisJuni 2023
Dimensi164.06 x 76.17 x 8.07 mm (Crystal Green), 164.06 x 76.17 x 7.98 mm (Mystic Black) dengan berat 190 gram
Material2.5D plastik kaca (dynamic design)
ProsesorDimensity 6020 (7nm)
Sistem OperasiFuntouch OS 13, dengan basis Android 13
RAM dan penyimpanan8GB + 8GB Extended RAM dan 256GB ROM
Layar6.64 inci beresolusi 2388 × 1080 (FHD+), LCD, layar sentuh (multisentuh kapasitif), tingkat kecerahan maksimal 650 nits
KameraKamera belakang 50MP + 2 MP Bokeh, kamera depan 16 MP, tersedia lampu flash belakang
Mode dan Fitur KameraPortrait, Aura Screen Light, Video, High Resolution, Night (depan & belakang), Photo, Pano, Dual-View Video, Time-Lapse, Documents,  Pro, Double Exposure, Slow-Mo, Live Photo, dan Multi Style Portrait
Sensorsensor cahaya sekitar, sensor jarak, giroskop, akselerometer, sensor sidik jari, dan kompas elektronik
JaringanDual nano SIM, 2G GSM, 3G WCDMA, 4G FDD-LTE, 4G TDD-LTE, dan NR NSA (n1/3/5/7/8/28/38/40/41/77/78)
KonektivitasWi-Fi (2.4 GHz / 5 GHz), Bluetooth 5.1, USB Type-C, GPS, OTG, NFC, dan FM
MediaPemutaran video (MP4, 3GP, AVI, FLV, MKV, WEBM, TS, ASF), pemutaran audio (AAC, WAV, M4A, MP3, MP2, MP1, MIDI, OGG, APE, FLAC), rekaman suara, serta MP4
Baterai5000 Mah (TYP) dengan pengisian daya 44W FlashCharge
WarnaMystic Black dan Crystal Green

Fitur Unggulan Vivo Y36 5G

Fitur Unggulan Vivo Y36 5G

Beberapa spesifikasi lengkap di atas menjadikan smartphone ini memiliki beberapa keunggulan pada kelasnya. Beberapa Vivo Y36 5g review mengenai keunggulan itu antara lain:

1. Chipset Jagoan yang Support 5G

Dapur pacu perangkat ini telah menggunakan MediaTek Dimensity 6020 yang performanya jauh lebih bertenaga. Apalagi jika membandingkannya dengan chipset yang tertanam pada Vivo Y36 4G, yang masih menggunakan Snapdragon 680.

Kehadiran MediaTek Dimensity 6020 untuk produk tiga jutaan ini menjadi salah satu nilai jual utamanya. Terlebih pada versi ini juga sudah mendukung jaringan 5G, sehingga performa semakin ngebut jika dibandingkan dengan produk sekelasnya.

Jika Anda menginginkan pengalaman bermain game yang lebih mulus dan ngebut, maka jatuhkanlah pilihan kepada varian 5G.

2. Fitur Memory Booster dan RAM Saver

Untuk membantu pengguna mendapatkan pengalaman multitasking yang lebih powerful, Vivo menyisipkan fitur 8 GB + 8 GB Extended RAM, sehingga total penyimpanan Anda bisa menjadi 16 GB.

Dengan total RAM tersebut, ketika beralih antar aplikasi maka prosesnya bisa lebih lancar. Vivo bahkan memberi klaim bahwa pengguna bisa menjalankan hingga 25 aplikasi tanpa lag. [1]

Sedangkan untuk membuat ruangan pada memori lebih banyak atau terhindar dari kepadatan berlebih, Vivo juga menyelipkan fitur RAM Saver. Tidak cukup sampai di situ, fitur Interface Preserver juga tersedia agar bisa mengembalikan interface aplikasi pada latar belakang secara cepat.

3. Baterai 5000 mAh dengan 44W FlashCharge

Baterai 5000 mAh hadir untuk membuat pengalaman Anda menggunakan perangkat dapat berjalan seharian tanpa harus sering mengisi daya.

Namun jika kondisi baterai sudah berkurang, 44W FlashCharge sangat membantu agar daya bisa terisi 50% selama setengah jam. Fitur 44W FlashCharge bukan hanya cepat dan efisien, namun juga lebih aman.

4. Dynamic Desain

Desain Vivo Y36 5G terlihat seperti cermin, karena sangat berkilau dan tipis, sehingga nyaman dan elegan ketika digenggam.

Pemilik smartphone ini dapat merasakan sensasi seolah menggenggam perangkat kelas atas, karena adanya teknologi Dynamic Glass Design. Perlu diketahui bahwa teknologi pada umumnya hanya tersedia pada smartphone kelas atas dengan harga jauh lebih tinggi.

Makanya Vivo dengan bangga mengusung jargon “Gaya sultan, performa jagoan” yang Anda temukan pada pembuka ulasan ini.

Terdapat dua varian warna untuk produk 5G ini, yaitu Crystal Green dan Matte Black. Kedua varian ini menerima teknologi Glossy Effect, sehingga sensasi layar cermin bisa terasa. Untuk memaksimalkannya, Vivo juga menyelipkan desain  fantasy frame.

5. Tahan Goresan, Debu, dan Air

Supaya pengguna merasa lebih aman ketika membawa perangkat ini bepergian, Vivo telah menyiapkan beberapa perlindungan maksimal.

Untuk melindungi perangkat dari debu, Vivo telah mendapatkan sertifikasi IP5X. Sedangkan untuk ketahanan air, Vivo telah menerima sertifikasi IPS4. Dengan daya tahan dari goresan, perangkat juga tidak akan mudah lecet.

6. Kualitas Kamera yang Mumpuni untuk Fotografi

Dengan kamera utama 50 MP, pengguna bisa mendapatkan hasil foto berkualitas tinggi, tajam, serta cerah dalam berbagai kondisi apa pun.

Sedangkan jika ingin mendapatkan hasil swafoto yang lebih cerah, pengguna bisa memanfaatkan fitur Portrait Light Effect. Bukan hanya satu efek cahaya, tetapi Anda bisa memilih beragam efek lain agar sesuai dengan foto.

Apabila hendak mendapatkan hasil foto yang bokeh sekaligus estetik, maka cobalah menggunakan fitur Bokeh Flare Portrait dan Portrait Bokeh.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y36 5G

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y36 5G

Agar penilaian Anda lebih berimbang, cobalah simak Vivo Y36 5G kelebihan dan kekurangan berikut ini:

KelebihanKekurangan
Desainnya mewah ala “sultan” dan tahan terhadap air, debu, serta goresanKemampuan kameranya bagi beberapa orang terasa kurang maksimal
Layar tajam karena memiliki refresh rate 90 HzTidak menyediakan kamera ultrawide, sehingga kurang maksimal untuk memotret pemandangan alam
Chipset tangguh di kelasnya dan sudah mendukung 5GSpeaker mono (tunggal), sehingga kurang maksimal performanya ketika bermain game atau menonton tapa headsetya
Kapasitas RAM luas (8 GB + 8 GB) dan memori internal besar, 256 GBLayarnya belum menggunakan panel AMOLED yang terbukti lebih bagus daripada LCD
Baterai yang tahan lama dengan kemampuan 44W FlashChargeTidak ada pelindung Corning Gorilla Glass, sehingga rentan rusak jika tidak diberi tempered glass
Sensor perangkat lengkap, sudah tersedia NFC

Harga Vivo Y36 5G

Harga Vivo Y36 5G

Setelah menyimak berbagai informasi tentang spesifikasi hingga kelebihannya, Anda tentu akan bertanya, “Vivo Y36 5G harganya berapa?”

Nah, perangkat ini bisa Anda pesan melalui laman resmi Vivo ataupun berbagai marketplace mereka dengan harga sekitar Rp3.799.000. Pada paket pembelian, Anda sudah mendapatkan kabel USB Type-C, pengisi daya, SIM ejector, lapisan pelindung layar, serta case pelindung.

Jika membutuhkan perangkat dengan performa jauh lebih gahar daripada Vivo Y36 5G, maka Anda bisa mempertimbangkan Vivo X80 atau Vivo X80 Pro dengan harga mulai sebelas jutaan.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *