Review

Samsung Galaxy S24 Plus: Spesifikasi, Harga, Keunggulan

124
×

Samsung Galaxy S24 Plus: Spesifikasi, Harga, Keunggulan

Share this article
Samsung Galaxy S24 Plus

Samsung Galaxy S24 plus merupakan salah satu ponsel keluaran seri S24 yang hadir dengan beberapa fitur tambahan yang tidak dapat ditemukan di base model-nya, Samsung Galaxy S24. Sama seperti dua varian lainnya, Galaxy S24 plus juga ludes sebanyak 1,2 juta perangkat terjual di minggu pertama rilisnya.

Meski varian ini hadir dengan beberapa peningkatan fitur, harganya lebih terjangkau dibanding Samsung Galaxy S4 Ultra, yang membuatnya ideal bagi yang mencari kompromi fitur terpercaya dan harga bersaing. 

Agar yakin tidak salah pilih, simak terlebih dahulu ulasan lengkap kekurangan dan kelebihan ponselnya melalui review Samsung Galaxy S24 Plus di bawah ini. 

Review Samsung Galaxy S24 Plus

Samsung Galaxy S24 Plus

Seperti base model-nya, Galaxy S24 Plus juga dilengkapi dengan beberapa fitur serupa, seperti implementasi Galaxy AI dan penggunaan chipset yang sama sebagai dapur pacunya. 

Namun, varian Plus juga hadir dengan beberapa peningkatan, seperti layar yang lebih besar dan alokasi RAM yang lebih luang untuk peningkatan performa. Dari segi harga, Galaxy S24 Plus merupakan alternatif yang lebih terjangkau dibanding Samsung Galaxy S24 Ultra. 

Spesifikasi Samsung Galaxy S24

Lalu, bagaimana rincian spesifikasi Samsung Galaxy S24 plus sebagai upgraded version dari varian dan seri pendahulunya? Simak ulasan tabel berikut.

Rilis 18 Januari 2024
Warna
  • Amber Yellow
  • Cobalt Violet
  • Onyx Black
  • Marble Gray
Body Bagian depan dan belakang dilapisi kaca Gorilla Glass Victus 2 dengan kerangka alumunium
Bobot 196 gram atau 197 gram
Dimensi 158.5 x 75.9 x 7.7 mm
Audio speaker (dengan stereo) tanpa audio jack
Layar 6,7 inch Dynamic LTPO AMOLED 2x beresolusi 1440 x 3120 pixels 120Hz rasio 19.5:9 513 ppi; rasio bodi ke layar 91.6%
Chipset  Exynos 2400 (4 nanometer) dengan CPU 10 prosesor yaitu 1 Cortex-X4 3.2GHz, 2 Cortex-A720 2.9Ghz, 3 Cortex-A720 2.6Ghz, dan 4 Cortex A520 1.95Ghz
OS Android 14 dengan One UI 6.1
Penyimpanan RAM 12 GB

Internal 256/512 GB

Tanpa card slot

Kamera Spesifikasi Kamera depan 12MP

Spesifikasi Kamera belakang 50MP (wide) + 10MP (telephoto) + 12 MP (ultrawide)

Jaringan GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE/5G
SIM Nano-SIM dan eSIM

Dual eSIM atau Dual SIM (2 Nano-SIMs dan eSIM, dual stand-by)

NFC Ada
Keamanan Fingerprint bawah layar (ultrasonic)
Baterai Li-Ion 4900 mAh, non-removable
Daya dan Pengisian Type C 3.2 yang mendukung pengecasan 45W (dengan kabel) dan 15W (nirkabel)

Keunggulan Samsung Galaxy S24 Plus dan Kekurangannya

Samsung Galaxy S24 Plus

Seperti varian regulernya, Samsung Galaxy S24 Plus memiliki beragam kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Mengetahui informasi tersebut akan membantu Anda menimbang dan menentukan pilihan secara bijak. Berikut adalah perbandingan selengkapnya.

Keunggulan Kekurangan
Desain ergonomis dengan layar yang lebih besar dan resolusi lebih tinggi dibanding varian pendahulunya. Harga lebih tinggi dibanding versi dasar S24, namun dengan fungsionalitas lebih kurang dibanding varian Ultra.
Durasi baterai lebih awet, hampir menyaingi kapasitas daya varian Ultra. Durasi pengisian daya yang kurang bersaing di kelasnya. 
Kinerja dapur pacu-nya memungkinkan performa ponsel yang lebih mumpuni. Perangkat tidak dijual secara lengkap. Pengisi daya dijual secara terpisah.
Dukungan Galaxy AI untuk peningkatan produktivitas.  Tidak ada dukungan perangkat stylus.
Dukungan teknologi Ultra Wideband yang langka untuk konektivitas nirkabel lebih andal.
Kamera lebih unggul.

Fitur Samsung Galaxy S24 Plus yang Jadi Unggulan

Samsung Galaxy S24 Plus

Masih belum yakin untuk membeli Samsung Galaxy S24+? Mungkin mengetahui fitur-fitur andalannya akan mengubah pikiran Anda. Berikut review fitur unggulan utama Samsung Galaxy S24+. 

Layar dan Resolusi yang Lebih Besar 

Salah satu peningkatan yang paling nampak jelas dari Galaxy S24 Plus  adalah ukuran layarnya yang lebih besar dibanding versi S24 reguler maupun seri pendahulunya, S23+. 

Jika versi Galaxy S24 memiliki layar sebesar 6,2 inci, sekarang luasnya menjadi 6,7 inci. Hal ini juga merupakan peningkatan dari S23+ yang luas layarnya 6,6 inci. 

Tidak hanya itu, resolusinya pun meningkat cukup signifikan, dari 1080 x 2340 piksel jadi 1330 x 3120 piksel.

Performa lebih Lancar dan Andal 

Penggunaan Exynos 2400 untuk versi Galaxy S24 dan S24+ yang direncanakan rilis buat pasar Indonesia menghadirkan sejumlah peningkatan dari seri sebelumnya. 

Peningkatan tersebut bisa dilihat terutama untuk performa CPU yang lebih andal dan minim overheating serta kemampuan penunjang fitur Galaxy AI, teknologi kecerdasan buatan ponsel Samsung yang baru dirilis bersama lini S24. Hal ini memungkinkan penggunaan fungsi seperti text-to-image genAI prompt. 

Untuk pengolah grafisnya pun tidak kaleng-kaleng, Galaxy S24+ menggunakan GPU Xclipse 940 yang mendukung tampilan efek visual game seperti shadow rendering dan ray tracing. Hal ini membuat ponsel ini mampu menjalankan game dengan visual sekelas gim AAA secara mumpuni.

Kapasitas Baterai yang Menyaingi Ultra

Salah satu hal paling menarik di varian S24 Plus tahun ini adalah kapasitas baterainya yang hampir setara dengan kapasitas baterai Ultra. Galaxy S24+ menawarkan baterai berkapasitas 4.900 mAh. Sebagai perbandingan, Galaxy S24 Ultra memiliki baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. 

Hal ini membuat baterainya bisa awet dari 35 hingga 50 jam, bahkan untuk penggunaan performa heavy-duty mulai dari bermain gim, bekerja, atau menggunakan fitur produktivitas berbasis AI.

Harga Samsung Galaxy S24 Plus

Harga Samsung Galaxy S24 Plus sedikit lebih tinggi dibanding base model-nya. Namun, harga tersebut juga hadir dengan beberapa peningkatan fitur menarik yang masih relatif terjangkau. 

Sehingga, ponsel ini direkomendasikan bagi Anda yang mencari fitur lebih lengkap namun tidak mau merogoh kocek lebih dalam untuk varian Ultra atau alternatif serupa.

Berikut rincian harga Samsung Galaxy S24 Plus yang diambil dari situs resminya: 

  • Rp16.999.000 (12+256GB)
  • Rp18.999.000 (12+512GB)

Itu dia review Samsung Galaxy S24 Plus yang merupakan salah satu varian S24 yang menarik untuk dipertimbangkan. Varian Plus di seri kali ini menawarkan beragam fitur yang hampir setara dengan versi Ultra-nya, sebuah bentuk komitmen jelas dari Samsung untuk mempersempit celah ponsel versi Plus dan Ultra. 

Meski demikian, harga Galaxy S24 Plus lebih terjangkau dibanding dengan Galaxy S24 Ultra. Hal ini menjadikannya alternatif ponsel papan atas yang baik dan mampu bersaing di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *