Review

Poco X6 Pro: Spesifikasi, Harga, Fitur Unggulan

184
×

Poco X6 Pro: Spesifikasi, Harga, Fitur Unggulan

Share this article
Poco X6 Pro

Poco pada Januari 2024 meluncur seri baru ponsel Poco X6 Pro. Varian ini memiliki dapur pacu berupa chipset dimensity 8300 Ultra. Selain itu, perangkat ini hadir dengan layar 1,5K, kamera 64 MP, baterai 5000mAh, dukungan pengisian cepat dan fitur lainnya.

Spesifikasi di atas kertas tampak mengesankan, tetapi bagaimana sebenarnya kinerja ponsel ini? Apakah smartphone tersebut bisa diandalkan dan bisa digunakan sehari-hari atau tidak? Mari ketahui lebih lanjut. 

Spesifikasi Poco X6 Pro

Spesifikasi Poco X6 Pro

Perangkat ini menawarkan layar AMOLED yang baik, dengan kecepatan refresh yang mengesankan, dengan performanya sejauh ini terbaik di segmennya. Kemudian, dapat bertahan setidaknya satu hari di antara pengisian daya. Berikut adalah spesifikasi dari HP Poco X6 Pro.

Spesifikasi Keterangan
Dimensi  160.5 x 74.3 x 8.3 mm 
SIM  Dual SIM 
Display  AMOLED, 68B colors, 120Hz, HDR10+, Dolby Vision 6.67 inches Corning Gorilla Glass 5
OS  Android 14
Chipset  Mediatek Dimensity 8300 Ultra
Penyimpanan  256 GB 8 GB RAM, 256 GB 12 GB RAM, 512 GB 12 GB RAM
Kamera  64 MP, 8 MP, 2 MP Selfie 16 MP
Baterai  5000 mAh
Warna  Black, Yellow, Gray
Materi  Glass & plastic
Harga  Rp4.799.000 

Baca Juga: Poco X6: Spesifikasi, Fitur Unggulan dan Harga di Indonesia

Fitur POCO X6 Pro

Fitur Poco X6 Pro

Ponsel ini memiliki beberapa fitur Andalan untuk memikat para pengguna. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Desain 

Desain ponsel ini mengusung esensi X4 Pro yang meluncur beberapa tahun lalu. Kemudian, memiliki fitur dekorasi kamera yang cukup besar, menambah daya tariknya secara keseluruhan dan membantunya menonjol dari yang lain. 

Selain itu, ada sisi yang menonjol dari permukaan, untuk mencegah goyangan saat ponsel Anda letakkan. Agar pas, sisi dekorasi tersebut berbentuk melengkung untuk menghindari gesekan yang tidak nyaman saat Anda memegang perangkat.

Display

Tampilan perangkat ini sedikit mengalami peningkatan dari pendahulunya yakni X5 Pro. Ponsel ini menampilkan layar AMOLED 6,67 inci dengan kecepatan refresh adaptif hingga 120Hz, kecerahan puncak 1.800 nits, dolby vision, HDR10+, dan gamut warna lebar 100 persen. 

Selain itu, layarnya menawarkan bezel yang sangat tipis, perlindungan Corning Gorilla Glass 5 dan pengaturan lubang yang relatif kecil untuk kamera selfie.

Kamera

Berbeda dengan pendahulunya, perangkat ini hadir dengan kamera utama 64 MP, berbeda dari sensor sebelumnya 108 MP. Namun, pengurangan resolusi ini berbarengan dengan peningkatan stabilisasi, dengan dukungan untuk OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization).

Kamera belakangnya juga mendukung kamera ultra lebar 8 MP dan kamera makro 2 MP. Di bagian depan, perangkat ini memiliki kamera 16 MP untuk selfie dan panggilan video. Dari segi kualitas, perangkat ini dapat menghasilkan gambar yang bagus. 

Kinerja

Soal performa perangkat ini, mendapatkan dukungan kinerja oleh SoC MediaTek Dimensity 8300 Ultra. Ini adalah chipset kelas menengah baru dengan empat inti kinerja Arm Cortex-A715 dan empat inti efisiensi Cortex-A510, masing-masing memiliki clock 3,35 GHz dan 2,2GHz. 

Poco telah menambahkan Wild Boost Optimization 2.0 untuk memberikan gameplay yang cepat dan lancar. Selain itu, chipset ini mendukung RAM LPDDR5X cepat hingga 12GB dan penyimpanan UFS 4.0 mencapai 512 GB. Namun, tidak ada kartu microSD untuk memperluas penyimpanan, yang juga terjadi pada banyak perangkat kelas menengah lainnya.

Meski begitu, perangkat ini memiliki performa yang sangat baik. Chipset ini memastikan kelancaran pengoperasian apapun yang Anda lakukan, termasuk multitasking. Manajemen RAM juga bekerja sangat baik, yang dapat membuat beberapa aplikasi tetap berjalan di latar belakang sekaligus. 

Perangkat ini juga menonjol sebagai perangkat luar biasa bagi para penggemar game, menampilkan kombinasi kuat chipset di atas yang berpadu dengan Mali G615-MC6. Bersama-sama, keduanya memberikan kinerja yang kuat, memastikan gameplay yang mulus di beragam game.

Kemampuan kuat perangkat ini memungkinkan pengguna bernavigasi dengan mulus melalui game bergrafis tinggi, memberikan pengalaman bermain yang mendalam. 

Selain itu, pengguna dapat memanfaatkan preset grafis tinggi, membuka potensi penuh perangkat dan meningkatkan kualitas visual untuk pengalaman bermain yang lebih menyenangkan dan menarik.

Daya Tahan Baterai

Ponsel ini memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang menawarkan daya besar untuk penggunaan rutin seharian penuh. Spesifikasi ini memenuhi kebutuhan praktis pengguna, menyediakan cadangan energi yang dapat Anda andalkan. Kemudian, menjamin umur panjang tanpa harus terus-menerus khawatir akan pengisian ulang.

Baca Juga: Poco M6 Pro, Spesifikasi, Fitur Unggulan, Harga di Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan POCO X6 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Poco X6 Pro

Secara singkat, berikut adalah poin plus dan kekurangan dari perangkat ini. 

Kelebihan Kekurangan
Tampilan 1,5K yang mengesankan Tidak Ada Peringkat IP
Performa mulus

Perangkat lunak kembung

HyperOS Kamera sekunder rata-rata
Masa pakai baterai yang lama

Harga POCO X6 Pro

Satu hal yang menarik dari ponsel ini adalah sudah mendapatkan dukungan sistem HyperOS dari Xiaomi. Harga Poco X6 Pro berada di pasaran Rp4.799.000 per Februari 2024, berdasarkan tinjauan dari situs resminya dan e-commerce di Indonesia. 

Maka, POCO X6 Pro adalah smartphone yang patut Anda pertimbangkan di kelas menengah. Perangkat ini meninggalkan beberapa pesaingnya saat ini dengan kinerjanya. Dengan harga yang cukup terjangkau sesuai spesifikasi yang Anda dapatkan, ponsel ini bisa menjadi pilihan menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *