Tips & Trick

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi (Burn In)

60
×

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi (Burn In)

Share this article
Cara menghilangkan shadow di HP Xiaomi

Bagi para pengguna ponsel merek Xiaomi, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah shadow atau burn in pada bagian layarnya. Lantas, bagaimana cara menghilangkan shadow di HP Xiaomi tersebut?

Problem shadow di HP Xiaomi ini adalah ketika layar ponsel meninggalkan bayangan dari bekas aplikasi yang Anda buka sebelumnya. Penyebab problem ini pun sangat beragam. Salah satunya adalah karena faktor penggunaannya. 

Lantas, apa yang menjadi penyebabnya? Kemudian, apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengatasinya? Simak artikel berikut hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya. 

Baca Juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED di Smartphone

Cara Menghilangkan Shadow di HP Xiaomi

Cara Menghilangkan Bayangan di Layar HP Xiaomi

Bentuk bayangan ini berbeda-beda. Namun umumnya berbentuk bayangan dari kotak pemberitahuan ataupun user interface yang statis lainnya. 

Problem ini terkesan sederhana. Namun, bisa sangat mengganggu para penggunanya. Gangguan ini bisa saja terjadi kapan saja dan membuat aktivitas menggunakan ponsel kurang nyaman. Apalagi jika Anda biarkan begitu saja. 

Jika Anda mengalaminya, maka perlu segera melakukan langkah penanganan. Simak beberapa langkah cara menghilangkan bayangan di layar HP Xiaomi berikut ini untuk mengatasinya. 

Mengatur Kecerahan 

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan pada layar ponsel kamu. Semua smartphone Xiaomi sudah memiliki fitur berupa Automatic Brightness hingga Adaptive Brightness. 

Keberadaan dari fitur ini adalah untuk menyetel tingkat kecerahan berdasarkan kondisi cahaya di lingkungan sekitar. Tingkat brightness yang terlalu tinggi dan Anda aktifkan dalam waktu lebih lama kemungkinan besar dapat menghadirkan masalah bayangan pada layar Anda. 

Nah, cara pengaturannya adalah sebagai berikut : 

  • Buka menu Settings
  • Masuk ke Display
  • Ubah level Brightness sesuai dengan kebutuhan

Mengatur kecerahan

Terapkan Mode Gelap

Anda juga bisa menerapkan langkah berikut ini sebagai opsi lainnya. Caranya dengan mengaktifkan fitur mode gelap. Fitur ini berguna untuk mengganti latar belakang yang lebih terang agar menjadi gelap. Sangat cocok pula untuk Anda yang punya preferensi dengan tampilan lebih gelap.

Selain itu, fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan problem bayangan tersebut. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan mode gelap dengan mudah : 

  • Buka smartphone Anda
  • Usap layar Anda dari atas ke bawah
  • Akan muncul bar Pengaturan
  • Tap bagian Mode Gelap

Terapkan dark mode

  • Aktifkan
  • Proses selesai

Mengatasi dengan Aplikasi Screen Burn In Tools

Jika cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, mungkin sudah saatnya Anda menggunakan bantuan aplikasi untuk mengatasi masalah yang ada. Yakni, menggunakan Screen Burn In Tools.

Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis lewat Google Play Store. Setelah itu, ikuti cara berikut ini untuk mengoperasikannya : 

  • Unduh dan pasang aplikasi Screen Burn In Tools di Play Store.
  • Setelah proses pemasangan tuntas, Buka aplikasi. Pilih Multicolour.

Screen Burn In Tools

  • Tap Warna yang akan Anda pilih.

Screen Burn In Tools

  • Selanjutnya, tekan tombol Begin untuk mulai menjalankan aplikasi.

Screen Burn In Tools

  • Layar smartphone Anda akan memperoleh Optimasi, tunggu hingga beberapa saat
  • Proses selesai

Perlu Anda ketahui, cara yang satu ini bisa Anda gunakan pada layar yang terkena problem awal saja. Jika sudah mengalami kerusakan parah, Anda perlu membawa ke pusat reparasi resmi untuk penanganan lebih lanjut. 

Baca Juga: 7 Perbedaan Layar IPS dan AMOLED HP, Mana yang Lebih Bagus?

Penyebab Shadow di HP Xiaomi

Penyebab Shadow di HP Xiaomi

Penyebab gangguan ini lantaran pixel pada LCD smartphone terbakar. Hal ini tidak hanya terjadi pada panel perangkat yang menggunakan AMOLED saja. Tapi juga jenis IPS. 

Setiap pixel dari panel tersebut menjadi penentu kualitas layar. Jika salah satu saja terbakar, maka performa secara keseluruhan pun akan terganggu, sehingga menimbulkan bayangan. Beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut : 

  • Sering mengatur tingkat kecerahan layar terlalu tinggi, di atas 80 persen
  • Layar kerap memperlihatkan gambar yang statis seperti navigation bar
  • Perangkat jatuh, terbentur hingga terkena cipratan air
  • Memakai penambah daya bukan original dengan kondisi aliran listrik yang tidak stabil

Meski demikian, gangguan yang paling terjadi disebabkan oleh level kecerahan terlalu besar. Maka, sebaiknya kurangi hingga di bawah 50 persen, termasuk mengatur durasi layar untuk mati demi mencegah gambar statis yang lama. 

Lantas, bagaimana mencegah masalah layar HP Xiaomi shadow ini terjadi? Maka, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini : 

  • Pastikan Anda menyetel level brightness yang tidak terlalu tinggi, di bawah 50 persen saja
  • Usahakan agar Anda tidak menggunakan sebuah aplikasi dengan level cerah tersebut terlalu tinggi
  • Jika Anda sedang membaca sebuah artikel website tertentu, maka gunakan Read mode agar tampilan layar tidak terlampau cerah namun tetap bisa Anda lihat dengan jelas

Yang tidak kalah penting, sebaiknya Anda membeli smartphone lewat toko resmi. Hindarilah pembelian perangkat yang hanya memberikan garansi distributor saja. Karena, akan membuat penukarannya menjadi lebih sulit. Padahal, Anda bisa mengajukan klaim tersebut saat perangkat mengalami masalah. 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan Shadow di HP Xiaomi. Jika Anda sudah menemui tanda-tanda gangguan, maka jangan buang waktu dan segera lakukan langkah untuk perbaikan. Sehingga, perangkat Anda tidak akan mengalami masalah yang jauh lebih parah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *