Review

OPPO A78 5G: Tampil Percaya Diri dengan Desain yang Compact!

97
×

OPPO A78 5G: Tampil Percaya Diri dengan Desain yang Compact!

Share this article
Review OPPO A78 5G

Pada awal tahun 2023 lalu, OPPO merilis smartphone terbaru dengan desain yang keren dan pilihan warna yang sangat cantik, OPPO A78 5G. 

Smartphone ini hadir dengan performa yang cukup baik, kamera 50 MP, juga baterai besar yang mendukung fitur fast charging.  

Di dalam artikel ini, Anda akan mengetahui fitur unggulan, spesifikasi, dan kelebihan serta kekurangan dari OPPO A78 5G Indonesia.

Mari kita simak review OPPO A78 5G berikut ini!

Fitur Unggulan OPPO A78 5G

Fitur Keren yang Ada di OPPO A78 5G

Smartphone yang menyasar kelas pasar menengah ini memiliki dua pilihan warna yang cantik yaitu, Glowing black dan Glowing purple. Secara sekilas, bezel dan bentuk sisi samping OPPO A78 ini mirip dengan smartphone dari produk Apple.

Untuk membuat Anda semakin jatuh cinta dengan produk ini, berikut beberapa fitur unggulan yang telah kami rangkum untuk Anda

1. Dimensi yang Compact

Smartphone ini memiliki dimensi 163,8 x 75,1 x 7,99 mm dan bobot 188 gram, sehingga nyaman untuk Anda genggam dan bawa kemana saja. Belum lagi dengan aksen bodi belakang yang tampil elegan akan membuat Anda tampil semakin percaya diri. 

2. Layar Berukuran 6,56 Inci

Dengan resolusi HD+ 1612 x 720 piksel dan refresh rate 90 Hz akan membuat tampilan layar lebih halus dan terasa cukup responsif. Pada bagian perlindungan, OPPO A78 menggunakan Panda glass untuk melindungi dari goresan dan benturan.

3. Chipset MediaTek Dimensity 700

Pada kelasnya, chipset mediaTek Dimensity 700 tergolong jarang digunakan. Chipset ini mampu memberikan performa 5G yang bertenaga dengan prosesor delapan inti yang efisien.

4. RAM Expansion

Untuk spesifikasi bawaan,  OPPO A78 memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 GB untuk keperluan aplikasi, game, foto, video, dan file Anda. Fitur unggulannya, OPPO A78 5G mendukung fitur RAM Expansion yang mengubah ROM yang tersedia menjadi RAM virtual untuk meningkatkan kinerja multitasking.

5. Baterai Berkapasitas 5000 mAh

Pada iklan resminya, baterai ini dapat bertahan seharian untuk penggunaan normal. Lalu, baterai ini juga memiliki teknologi pengisian cepat SuperVOOC 33 watt yang dapat mengisi daya hingga 54% dalam waktu 30 menit dan 100% dalam 67 menit

Spesifikasi OPPO A78 5G 

Hingga saat ini, OPPO A78 5G harga di pasaran masih stabil dan belum mengalami banyak perubahan. Anda dapat memiliki ponsel yang cantik ini dengan harga Rp3 jutaan saja.

Dengan harga tersebut, berikut merupakan spesifikasi utamanya:

SpesifikasiDetail
ChipsetMediaTek Dimensity 700
CPU dan GPUCPU = Octa core Cortex A55, A76 GPU = Mali G57
MemoriRAM = 4 / 8 GBROM = 128 GB
KameraKamera utama = 50 MP , 2 MPKamera selfie = 8 MP
BateraiLi – Po 5000 mAH dengan SUPERVOOC 33W

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 5G 

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan OPPO A78 5G

Setiap smartphone pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terkecuali dengan OPPO A78 5G ini. Mari kita simak beberapa di antaranya pada tabel di bawah ini.

KelebihanKekurangan
Terdapat tombol sidik jari di samping yang membuat Anda dapat membuka kunci dengan sangat cepat dan mudah.Hanya terdapat dua kamera saja. Sehingga jika Anda memerlukan untuk menangkap momen tertentu dengan lebih variatif akan sedikit kesulitan.
Pengenalan wajah pada fitur kunci layar bekerja dengan sangat baik dan responsif.Belum rilis dengan Android 13. Sehingga tampilan akan terasa tidak fresh.
Dengan chipset mendukung 5G, kapasitas RAM dan ROM yang masuk akal, serta desain yang cantik, harga yang OPPO tawarkan terasa pas di kantong.Smartphone OPPO ‘terkenal’ akan bloatware yang cukup mengganggu. Tak terkecuali dengan smartphone yang satu ini.
Baterai besar yang mendukung fitur fast charging akan memudahkan Anda ketika mengisi daya dengan lebih efisienGPU yang bekerja kurang optimal untuk bermain game yang berat dan terkini.

Kesimpulan

Pembahasan Lengkap OPPO A78 5G

Secara keseluruhan, OPPO A78 5G merupakan smartphone 5G murah yang memiliki keunggulan pada desain dan pilihan warna yang cantik. Anda dapat memilih warna ungu yang bersinar, atau hitam bersinar.

Dengan harga sekitar Rp3 jutaan, Anda akan mendapatkan smartphone dengan kamera 50 MP, baterai besar dengan fast charge 33W,  serta chipset yang mumpuni untuk multi tasking.

Lalu, desain bodi yang compact dan pas pada genggaman tangan Anda akan membuat Anda nyaman ketika menggenggamnya. Bobotnya yang hanya 188 gram juga terbilang ringan pada kelasnya.

“OPPO A78 5G kurang cocok bagi Anda yang mencari smartphone 5G dengan kinerja kamera yang optimal, dan kualitas foto yang baik.”

GPU pada ponsel ini juga belum optimal jika Anda gunakan untuk bermain game. Lalu, banyaknya bloatware dan OS yang masih belum menggunakan Android 13 menjadikan OPPO A78 5G terasa kurang kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *