Tips & Trick

Perbedaan Gyroscope Software dan Hardware, Mana Lebih Baik?

154
×

Perbedaan Gyroscope Software dan Hardware, Mana Lebih Baik?

Share this article
perbedaan gyroscope software dan hardware

Sebagai pengguna smartphone, penting untuk Anda mengetahui perbedaan gyroscope software dan hardware. Terutama kalau Anda seorang content creator, mobile gamer, atau profesi lain yang menggunakan HP lebih dari sekadar alat komunikasi.

Dengan tahu karakteristik masing-masing teknologi gyroscope tersebut, Anda akan bisa memaksimalkan potensi smartphone Anda.

“Mengenali perbedaan gyroscope software dan hardware akan membuat Anda dapat memilih perangkat yang tepat sesuai kebutuhan.”

Artikel ini akan mengulas tentang apa itu gyroscope, cara kerja, perbedaan, serta kelebihan dan kekurangan gyroscope hardware dan software.

Simak ulasannya sampai akhir.

Apa Itu Gyroscope

apa itu gyroscope

Gyroscope adalah alat untuk mendeteksi perubahan arah dan besar putaran atau rotasi.

Pada smartphone, gyroscope berbentuk sensor MEMS (micro electro mechanical system) dengan komponen utama berupa massa yang bergetar pada sebuah pegas.

Kelebihan gyroscope MEMS yaitu ukurannya yang kecil, ringan, dan hemat energi. Sangat cocok untuk perangkat smartphone atau tablet.

Namun, jenis gyroscope ini memiliki akurasi yang lebih rendah dari yang lain. Selain itu juga rentan terhadap noise, terutama oleh gelombang elektromagnetik di sekitarnya.

Prinsip Kerja Gyroscope

cara kerja gyroscope

Gyroscope terdiri dari komponen-komponen yang dapat mendeteksi perubahan momentum sudut. Komponen ini biasanya berupa massa (proof mass) yang ditempatkan pada poros yang dapat berputar (suspension beam).

Cara kerja gyroscope MEMS memanfaatkan penyimpangan massa terhadap poros saat terjadi perubahan sudut.

Ketika Anda memutar perangkat, massa akan mengalami perubahan momentum sudut. Komponen dalam gyroscope mendeteksi perubahan ini dan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik dari gyroscope kemudian digunakan oleh prosesor smartphone untuk menghitung sudut putar perangkat.

Manfaat Gyroscope

fungsi gyroscope

Aplikasi gyroscope pada perangkat elektronik memberikan manfaat besar pada pengalaman dan kepuasan pengguna. Contohnya seperti:

  • Saat Anda sedang menonton video di smartphone, gyroscope akan mendeteksi apakah smartphone sedang diputar atau tidak. Jika smartphone diputar, orientasi layar akan berubah secara otomatis sehingga Anda dapat menonton video dengan nyaman.
  • Saat Anda sedang bermain game 3D, Anda dapat menggunakan gerakan smartphone untuk mengendalikan karakter atau objek di dalam game. Misalnya, Anda dapat menggerakkan smartphone ke kiri atau kanan untuk menggerakkan karakter ke kiri atau kanan.
  • Saat Anda sedang mengambil foto atau video dengan tangan, gyroscope akan membantu untuk menstabilkan gambar. Dengan demikian, foto atau video yang Anda ambil akan lebih jernih dan tidak blur.

Baca Juga: Infinix Hot 20S: Smartphone Gaming Mid Class yang Menakjubkan!

Jadi, fungsi gyroscope sangat penting bagi Anda yang menggunakan smartphone lebih dari sekadar alat komunikasi.

Dengan adanya gyroscope, pengalaman yang Anda dapatkan dalam menggunakan HP jadi jauh lebih baik. Begitu juga dengan hasil konten yang Anda buat.

Gyroscope Hardware, Kelebihan, dan Kekurangannya

gyroscope hardware adalah

Gyroscope hardware dan software bukanlah termasuk jenis gyroscope yang berbeda, melainkan penggunaan cara kerja gyroscope yang berbeda.

Perangkat dengan gyroscope hardware adalah perangkat yang sudah tertanam sensor fisik gyroscope MEMS. Karena punya sensor sendiri, teknologi ini relatif lebih responsif dan akurat dari gyroscope software.

Di sisi lain, kekurangan gyroscope hardware yaitu memerlukan tambahan ruang dan energi karena menggunakan sensor fisik tersendiri. Selain itu, adanya komponen tambahan ini juga membuat harga smartphone jadi relatif lebih tinggi.

Gyroscope Software, Kelebihan dan Kekurangannya

gyroscope software adalah

Gyroscope software adalah teknologi gyroscope yang berbasis perangkat lunak. Artinya, di perangkat tersebut, tidak tertanam gyroscope MEMS fisik tersendiri.

Software ini akan menggunakan data dari accelerometer dan magnetometer yang tertanam dalam perangkat. Dari data sensor percepatan dan magnetik tersebut, algoritma perangkat lunak akan menentukan momentum sudut.

Karena tidak menggunakan sensor fisik tersendiri, maka kelemahan gyroscope software yang utama yaitu pada akurasi dan kecepatan responnya. Simpelnya, jadi kurang akurat dan responsif alias ada gyr.

Di sisi lain, kelebihan gyroscope software yaitu jadi relatif lebih rendah harganya karena tidak menambahkan komponen gyroscope fisik.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Konsol Game Portable Terbaik

Perbedaan Gyroscope Software dan Hardware

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan dengan jelas apa perbedaan gyroscope software dan hardware.

Dari sisi teknologi, gyroscope software hanya menggunakan perangkat lunak untuk menentukan perubahan momentum sudut. Hasilnya jadi kurang responsif dan akurat, tapi harga relatif lebih murah.

Sementara itu, gyroscope hardware menggunakan komponen gyroscope fisik tersendiri untuk mengukur perubahan orientasi sudut. Hasilnya jadi lebih akurat dan responsif, tapi harganya juga relatif lebih mahal.

Perbedaan Gyroscope Software Gyroscope Hardware
Teknologi Berbentuk perangkat lunak Berbentuk sensor fisik
Kelebihan biaya lebih murah, energi lebih sedikit, respon lebih cepat, presisi lebih akurat,
Kekurangan kurang responsif,

akurasi kurang presisi

tambahan ruang dan biaya,

energi lebih besar

*tabel perbedaan gyroscope software dan hardware

Bisakah Gyroscope Software dan Hardware Terpasang Sekaligus?

aplikasi gyroscope

Gyroscope software dan hardware dapat terpasang sekaligus dalam satu perangkat untuk memberikan akurasi dan respon yang lebih tinggi.

Jadi, perangkat lunak dengan skema ini mengambil data dari accelerometer, magnetometer, dan gyroscope sekaligus. Data ini diolah oleh sensor fusion yang mengurangi noise, drift, dan kesalahan yang mungkin terjadi pada sensor individual.

Dengan adanya sensor fisik dan perangkat lunak sekaligus, pemrosesan data jadi lebih cepat dan hasilnya jadi lebih baik. 

Lantas, antara gyroscope software dan hardware mana yang lebih baik dan patut dibeli?

Kalau Anda cuma menggunakan smartphone untuk komunikasi dan hal sederhana, perangkat dengan gyroscope software sudah cukup. Harganya pun lebih murah.

Tapi, kalau Anda seorang gamer pro, content creator, atau profesi lain yang perlu memakai HP secara optimal, lebih baik pakai yang memiliki gyroscope software dan hardware sekaligus. Harga agak mahal, tapi hasil maksimal.

Baca Juga: Asus ROG Phone 7 Series Resmi Rilis: Puaskan Para Gamers

Dari penjelasan tentang perbedaan gyroscope software dan hardware di atas, jelas mana yang Anda butuhkan. Jadi, tak perlu bingung untuk membeli perangkat sesuai kebutuhan.

Dapatkan info menarik dan akurat lainnya tentang teknologi dan gadget hanya di media tepercaya Anda, TabloidSelular.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *