Review

Review Realme C53: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

152
×

Review Realme C53: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Share this article
Review Realme C53

Realme C53 merupakan salah satu smartphone Realme yang rilis dengan target entry level. Meskipun menyasar entry level, Realme C53 spesifikasi cukup mumpuni untuk menangani berbagai kebutuhan harian penggunanya.

Jika Anda penasaran mengenai Realme C53 harga dan spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangannya, temukan jawaban lengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Spesifikasi Lengkap Realme C53

Spesifikasi Lengkap Realme C53

Beberapa spesifikasi lengkap dari Realme C53 NFC dapat Anda temukan pada tabel berikut ini:

Tahun Rilis2023
Spesifikasi UmumJaringan 2G, 3G, dan 4G; dual SIM
BodyDimensi 167.3 x 76.7 x 7.49 mm, berat 182 gram
Layar UtamaIPS LCD (6.74 inci); resolusi 1080 x 2400 piksel, rasio 20:9, refresh rate 90 Hz, kerapatan 390 ppi
Fitur LayarTingkat kecerahan 560 nit, mini capsule (notifikasi seperti Dynamic Island), rasio layar terhadap body 85.5%, serta touch sampling rate 180 Hz
Realme C53 ChipsetUNISOC Tiger T612
CPU dan GPUCPU Octa-Core (2×1.8 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55), GPU Mali-G57
RAM dan Memori6 GB/128 GB, tersedia slot khusus untuk memori eksternal hingga 2 TB
Kamera Utama2 kamera utama dengan konfigurasi 50 MP (wide), f/1.8 MP (depth); fiturnya HDR, LED flash, Video: 1080p@30fps, panorama, dan PDAF
Kamera Depan1 kamera depan dengan konfigurasi 8 MP (wide), f/2.0; fiturnya Video: 720p@30fps dan HDR
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth, Infrared, NFC,GPS (GPS, A-GPS, GLONASS, dan GALILEO), USB ( Tipe-C 2.0 dan USB On-The-Go)
BateraiLi-Po berkapasitas 5000 mAh dengan kemampuan pengisian cepat 33W dengan klaim 50% selama 31 menit
Sistem OperasiAndroid 13, Realme UI T
Sensorakselerometer, giroskop, kompas, proksimitas, cahaya, sensor fingerprint (samping),, dan jack 3.5 mm
Warna PerangkatMighty Black dan Champion Gold

Fitur Unggulan Realme C53

Fitur Unggulan Realme C53

Berdasarkan beberapa spesifikasi di atas, ada beberapa fitur unggulan yang bisa Anda temukan pada produk kebanggaan Realme ini, di antaranya:

1. Desain Mewah dengan Lapisan Emas Sutra

Bagi beberapa orang, smartphone merupakan salah satu pelengkap fashion mereka, sehingga desain yang menarik menjadi pertimbangan ketika memilih perangkat ini.

Anda tidak perlu takut terlihat ketinggalan dibandingkan teman-teman, karena desain Realme yang satu ini terlihat mewah. Desain bodinya memiliki lapisan emas, sehingga kesan mewah tersebut bisa menonjol.

Tekstur kilauan emas ini hadir karena proses pembuatannya menggunakan proses pelapisan gradasi sutra emas dengan tebal sekitar 400 mm.

Desain emas yang bersinar di sepanjang body perangkat ini hadir untuk para “champion” yang tidak ingin ketinggalan momen. Untuk menambah kesan emas tersebut, perangkat ini hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Mighty Black dan Champion Gold.

Tidak cukup sampai di situ, Realme juga membuat perangkat ini setipis mungkin. Ketebalannya hanya sekitar 7.49 mm saja. Pengguna mungkin tidak menyangka, dengan ketebalan itu, ada baterai 5000 mAh tertanam di dalamnya.

2. Layar 6.74 Inci yang Jernih

Layar perangkat ini ukurannya 6.74 inci dan refresh rate 90 Hz. Perpaduan keduanya membuat layar lebih luas dan tidak patah-patah ketika Anda mengoperasikannya.

Untuk kebutuhan streaming  atau bermain game juga telah terpenuhi oleh Realme C53 gold maupun black karena resolusi layarnya sudah 1080x 2400 piksel. Pengalaman Anda akan semakin menarik karena layarnya juga sudah menggunakan IPS LCD, sehingga hasilnya sangat jernih.

Untuk produk dua jutaan, kecerahan layar 560 nits juga sudah mampu memberikan layar yang kecerahannya optimal.

3. Kamera AI 50 MP dengan Detail Halus

Kamera AI 50 MP menunjang kebutuhan fotografi Anda, baik untuk dokumentasi pribadi ataupun dibagikan kepada teman-teman di media sosial. Kamera AI ini mampu membuat tingkat kejernihan foto lebih bagus dan bisa mempertahankan detail pada objek.

Mode malam pada kamera ini bisa menangkap berbagai cahaya yang ada di malam hari, sehingga detail pada objek akan terlihat lebih jelas.  Selain memanfaatkan fitur mode malam, Anda juga bisa mengulik setting kamera agar hasil fotografi malamnya lebih bagus.

Jika ingin mendapatkan hasil foto sesuai objek ataupun nuansanya, Anda bisa memanfaatkan fitur filter kamera. City Street Filter bisa membantu pengguna menangkap suasana jalan yang lebih alami sekaligus menangkap berbagai mood di dalamnya.

Secret Garden Filter bisa membantu Anda memotret bunga atau tumbuhan lainnya terlihat lebih dramatis dan menonjolkan fitur setiap objek. Sedangkan Sunny Holiday Filter membantu agar foto pemandangan atau objek dengan mode landscape lebih cerah dan hidup.

4. Baterai 5000 mAh dengan Kemampuan Fast Charging

Anda bisa menggunakan Realme C53 sepanjang hari untuk berbagai kebutuhan, seperti media sosial, game, serta aplikasi penunjang kerja tanpa khawatir baterai cepat habis.

Kalaupun baterai Anda hampir habis, proses pengisian dayanya juga tidak akan lama karena menggunakan fitur 33W SUPERVOOC Charge (identitas merek pengisian daya resmi Realme). [1] 

Teknologi SUPERVOOC ini membuat kecepatan pengisian daya meningkat 1005 daripada generasi sebelumnya. Dalam waktu 31 menit, pengisian daya bisa mencapai 50%.

5. Fitur Kapsul Mini

Kapsul mini adalah sebuah fitur yang menyerupai Dynamic Island yang ada pada smartphone iPhone. Dengan kapsul mini, berbagai notifikasi penting dapat Anda terima lebih lancar dan cepat.

Notifikasi yang ada pada kapsul mini ini antara lain penggunaan data, status baterai, serta penghitung langkah kaki.

6. 360 Derajat FNC

Masyarakat modern saat ini banyak menggunakan fitur NFC untuk mempermudah berbagai transaksi. 360 Derajat NFC pada Realme ini bisa membuat tap lebih akurat pada berbagai sudut dan posisi pada bagian atas perangkat.

Untuk mendapatkan akurasi tersebut, Realme mendesain ulang koil dan antena selular. Jadi dalam keadaan mendesak, Anda tidak akan kesulitan melakukan tap.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C53

Kelebihan dan Kekurangan Realme C53

Terdapat beberapa Realme C53 kelebihan dan kekurangan, yang terangkum pada tabel berikut ini:

KelebihanKekurangan
Desain yang elegan dengan bodi tipisTidak menyediakan IP rating untuk mengetahui ketahanan terhadap debu dan cipratan air
Kapasitas baterai 5000 mAh dengan pengisian 33W SUPERVOOC ChargeTidak menyediakan kamera ultrawide dan makro
Layar yang luas dengan kemampuan refresh rate 90 HzTidak menyediakan speaker stereo
Terdapat Dynamic RAM. Kapasitas RAM 6 GB bisa ditambah hingga 6 GB, sehingga totalnya 12 GB
Hasil foto yang masih dapat diterima karena ada fitur kamera AI 50 MP dan beberapa filter
Menyediakan fitur NFC untuk mempermudah transaksi e-toll atau ATM dengan menempelkan kartu di belakang bodi HP

Harga Realme C53

Harga Realme C53

Lalu, berapa harga Realme C53?

Perangkat dengan spesifikasi yang cukup mumpuni itu bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp2.099.000 saja.

Tidak hanya Realme C53, Anda bisa menemukan smartphone Realme dengan harga dua jutaan lainnya seperti Realme Narzo 50, Realme Narzo 50a, dan Realme Narzo 50i. Namun jika sudah fiks memilih produk pada ulasan ini, Anda bisa membelinya melalui situs resmi Realme ataupun marketplace resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *