Review

Vivo X Fold 2, Usung Bodi yang Ringan dan Stylish

117
×

Vivo X Fold 2, Usung Bodi yang Ringan dan Stylish

Share this article
Review Vivo X Fold 2

Bersamaan dengan Vivo X Flip, Vivo X  Fold 2 juga telah meluncur secara global bagi penggemar yang menantikan seri smartphone lipat dari Vivo. Vivo X Fold 2 global kali ini mengusung bodi smartphone yang ramping, ringan, namun tetap stylish.

Untuk informasi lengkap mengenai pengganti Vico X Fold 2022 ini, silakan simak penjelasannya di bawah ini!

Spesifikasi Vivo X Fold 2

Spesifikasi Lengkap Vivo X Fold 2

Beberapa spesifikasi unggulan Vivo X Fold ini antara lain:

Rilis2023
Jaringan3G, 4G, dan 5G
DimensiTerbuka: 161.29 x 143.43 x 5.95 mmTertutup: 161.29 x 73.42 x 12.9 mm
Berat279.5 gram  
LayarTipe:  Foldable LTPO4 AMOLEDResolusi: 1916 x 2160 pixels , 1080 x 2520 piksel (layar depan)Ukuran: 8.03 inciRefresh rate: 120 Hz           
PlatformSistem operasi: Android 13, Origin OS 3Chipset: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2CPU Octa-coreGPU: Adreno 740
Kamera Utama3 kamera utama: 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 12 MP (telephoto)Fitur: Laser AF, Dual Pixel PDAF, OIS, Zeiss, 2x pembesaran optic, Dual LED Flash, video 8K @30 fps
Kamera Depan16 MP (wide)Fitur: HDR,, video 1080p @30fps
MemoriRAM: 12 GBPenyimpanan internal: 256 GB dan 512 GB
KonektivitasWLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e/7, tri band, WiFi directBluetooth 5.3, A2DP,  aptX HDNFCGPSUSB Type-C 2.0, USB On The Go
BateraiLi-Po 4799 mAh, fast charging  120 W
FiturProksimitas, Giroskop, Barometer, Kompas, Fingerprint  ganda (ultrasonik di bawah layar)
WarnaHitam, Merah, dan Biru

Fitur Unggulan Vivo X Fold 2

Fitur Menarik Vivo X Fold 2

Beberapa fitur unggulan Vivo Fold 2 ini bisa menjadi pertimbangan Anda ketika melakukan riset smartphone lipat, yaitu:

1. Desain dan Layar Flagship yang Mewah

Vivo mengutamakan performa dan pengalaman pengguna untuk mendapatkan perangkat kelas flagship. Hal ini telah terlihat dari desain Vivo X Fold generasi pertama.

Nah, pada versi terbaru 2023 ini, smartphone lipat tersebut sudah memanjakan pengguna dengan desain mewah, ramping, serta layar besar yang menyajikan pengalaman inovatif.

Layar utamanya berukuran 8.03 inci dengan resolusi 2K+ dan kecerahan maksimal 1.800 nits. Layar tersebut membuat Vivo ini menjadi salah satu model terbaik pada kelas smartphone lipat. Untuk layar utama maupun penutup sama-sama mendukung refresh rate 120 Hz.

Bodi Vivo ini menggunakan bahan premium, walaupun pada form factor masih menggunakan bahan standar polikarbonat di bagian belakang. Frame-nya memakai elemen solid yang memperkokoh tampilan smartphone.

Dengan warna hitam, merah, dan biru, Anda bisa merasakan bahwa keseluruhan desain perangkat terinspirasi budaya lokal Cina yang berpadu teknologi modern.

2. Performa Tangguh

Bermodalkan chipset Snapdragon 8 Gen 2,, Vivo Fold menjanjikan pengguna bisa merasakan pengalaman mengoperasikan perangkat yang lebih ngebut. Terlebih juga sudah ada dukungan SPI, UFS 4.0, serta LPDDR5X yang membuat pekerjaan maupun kegiatan hiburan Anda lebih mulus.

Performa  tersebut juga diperkuat oleh kehadiran baterai berkapasitas 4800 mAh yang telah mendukung FlashCharge sel ganda 120W dan FlashCharge nirkabel 50W.

“Dukungan ganda dari chipset dan baterai tersebut membuat pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, namun membutuhkan perangkat yang ngebut sekaligus hemat baterai.”

3. Engsel yang Lebih Bagus

Engsel pada smartphone lipat ini telah menggunakan opsi yang ringan namun tahan lama, sehingga bisa meningkatkan ketahanan dan stabilitasnya terhadap perangkat.

Vivo juga mengklaim bahwa perangkat generasi terbarunya ini memiliki umur lebih panjang sebanyak 33% daripada Vivo X Fold generasi pertama. Engsel Vivo ini juga sudah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland pada aspek kinerjanya, yang mencapai 400 ribu kali lipatan.

4. Kamera Profesional

Dengan kamera utama yang beresolusi 50 MP VSC True Color, maka Anda bisa merasakan pengalaman fotografi yang lebih profesional.

Apabila mengaktifkan Mode Video Sinematik ZEISS yang menggunakan Free-Stop Shooting Experience, maka Anda bisa menangkap pemandangan menakjubkan dengan satu ketukan kamera saja. Misalnya saat mengambil potret bintang di malam hari, hasilnya telah maksimal tanpa harus menggunakan tripod.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo X Fold 2

Beberapa kelebihan Vivo X Fold generasi kedua tersebut antara lain:

KelebihanKekurangan
Menggunakan layar LTP04 AMOLED yang bisa dilipat dan mendukung refresh rate 120 HzTidak menyediakan slot kartu memori eksternal
Sudah mendukung 5G dan NFCPort pengisian USB Type-C sudah termasuk usang
Menghadirkan speaker stereoKamera selfie hanya mampu merekam video 1080p
Chipset-nya mendukung kegiatan multitasking dan game beratTidak mendapatkan gorilla glass
Kamera ultrawide mendukung 2x  optical zoomTidak mendapatkan fitur anti debu dan air
Pengisian daya cepat hingga 120 W   
Telah menggunakan sistem operasi terbaru Android 13 dan mendukung UI kustom dari Origin OS 

Jika berminat menggunakan pesaing Vivo X Fold 2 ini, maka Anda perlu merogoh kocek cukup dalam karena harga Vivo X Fold mulai Rp19 jutaan dan sudah tersedia di marketplace populer Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *