News

5 Perbedaan Xiaomi dan POCO, Apakah Sama?

280
×

5 Perbedaan Xiaomi dan POCO, Apakah Sama?

Share this article
perbedaan xiaomi dan poco

Saat Anda sedang mencari smartphone, Anda dapat memilih di antara banyak produk dari seri yang berbeda. Termasuk seri dari Xiaomi dan POCO. Keduanya sepintas hampir mirip. Lantas apa perbedaan Xiaomi dan POCO? Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan Xiaomi dan POCO

 Perbedaan Xiaomi dan POCO

Xiaomi lebih fokus pada penawaran produk-produk kelas atas dan berteknologi maju. Sementara, POCO telah menerima pujian atas kinerjanya yang tinggi dengan harga lebih terjangkau. Simak gambaran singkat perbedaan Xiaomi dan POCO berikut :

Aspek Xiaomi POCO
Kelas Menengah ke atas Menengah
Bahan Premium Plastik
Desain Minimalis Modern Bold
Harga Rp4 hingga 5 jutaan Rp2 jutaan

Lantas, apa perbedaan Xiaomi dan POCO? Inilah beberapa perbedaan keduanya, berdasarkan aspek berikut : 

Kelas

Smartphone Xiaomi kelas atas hanya mendapatkan nomor setelah nama mereknya. Unit andalannya adalah seri MI, yang memiliki kualitas premium di atas seri lainnya. Perangkat ini menonjolkan spesifikasi tinggi dan desain yang mewah.

Sementara, POCO adalah perangkat kelas menengah dengan kekuatan pemrosesan yang luar biasa. Ini adalah perangkat yang cocok untuk pengguna kelas menengah. Serinya terdiri dari seri X dan F. Seri F seringkali sedikit lebih bertenaga dan lebih cepat. 

Perangkat POCO juga seringkali memiliki versi Pro. Beberapa keunggulannya adalah memiliki kamera yang baik, prosesor lebih cepat, atau waktu pengisian daya lebih cepat.

Kecepatan

Sebagian besar ponsel cerdas dari seri Xiaomi cocok untuk tugas yang paling spesifik dan membutuhkan kinerja ekstra. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menggunakan perangkat untuk game grafis 3D atau aplikasi pengeditan gambar yang menuntut tanpa hambatan. 

Selain itu, Anda dapat dengan cepat beralih antar aplikasi yang berbeda. Itu bagus jika Anda suka melakukan banyak tugas. 

POCO berada di kelas menengah dalam hampir semua aspek, namun kecepatannya mendekati perangkat kelas atas. Anda dapat dengan cepat beralih antar aplikasi yang berbeda. Perangkat tersebut juga dapat menangani game 3D, namun terkadang bekerja kurang cepat ketimbang seri Xiaomi.

Bahan dan Desain

Apakah POCO dan Xiaomi sama? Xiaomi sebagian besar berada di segmen kelas menengah dan premium. Bahan casing berkisar dari kaca hingga logam, serta kombinasi bahan-bahan tersebut. 

Beberapa model juga menggunakan keramik. Mereka memiliki penggunaan bahan yang lebih mahal untuk memberikan tampilan premium pada perangkat.

Casing POCO biasanya terbuat dari plastik atau logam. Tujuannya sudah tentu untuk mengurangi biaya akhir perangkat. Target audiens merek ini fokus pada performa dan fitur teknis ketimbang desain atau material casing premium.

Baca Juga: Poco F5 dan F5 Pro siap Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Pembaruan

Karena ponsel Xiaomi adalah model andalan perusahaan, mereka menerima pembaruan sistem operasi terlebih dahulu. Mereka diperbarui dalam waktu 2 hingga 3 tahun setelah peluncuran dan menerima 2 pembaruan Android utama.

Sementara POCO didukung pembaruan hingga 2 tahun sejak penjualan model, menerima 1 hingga 2 pembaruan versi Android.

Kamera

Perangkat Xiaomi memiliki kamera berkualitas tinggi. Anda dapat mengambil foto yang tajam dan berwarna pada siang dan malam hari. Versi Pro dari seri ini sering kali juga memiliki lensa telefoto, sehingga Anda dapat memperbesar tanpa kehilangan kualitas.

Adapun POCO memiliki kualitas kamera rata-rata. Anda dapat mengambil foto yang layak, tetapi gambarnya tidak berkualitas tinggi. Jika Anda juga ingin mengambil foto liburan dengan smartphone, perangkat ini kurang cocok. Namun, Anda dapat merekam video dalam resolusi 4K tinggi.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa perbedaan Xiaomi dan POCO. Xiaomi adalah perangkat yang fokus pada model andalan dengan spesifikasi bertenaga dan material bodi premium. Sementara, POCO memproduksi perangkat dengan harga lebih terjangkau dengan rasio harga dan kinerja yang sangat baik.

Singkat Anda dapat memilih dari seri Xiaomi jika membutuhkan smartphone kelas atas. Sebaliknya, dapat memilih POCO dengan perangkat kelas menengah yang kuat, namun dengan anggaran lebih terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *