Review

Review POCO F5: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

81
×

Review POCO F5: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

Share this article
Review Poco F5

Ponsel POCO tahun lalu tidak menawarkan peningkatan besar dibandingkan pendahulunya, sehingga POCO F4 sulit untuk bersaing. Namun, POCO F5 tentu berbeda karena memiliki kekuatan yang Anda butuhkan. Selain itu, harganya juga tetap terjangkau.

Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai spesifikasi POCO F5 dan fitur unggulannya.

Spesifikasi POCO F5

Spesifikasi POCO F5

Poco F5 adalah smartphone kelas menengah yang layak untuk harganya. Ponsel ini memiliki dua peningkatan signifikan dibandingkan pendahulunya, yaitu prosesor yang lebih cepat dan kapasitas baterai yang lebih besar.

Berikut adalah tabel POCO F5 spesifikasi, smartphone kelas menengah atas yang tak kalah sempurna.

POCO F5 Release DateMei 2023
Dimensi161,1 x 75 x 7,9 mm
Bobot181 gram
WarnaBlue, black, white
Layar6,67″ AMOLED (1.080 x 2.400 px) 120 Hz refresh rate, Dolby vision, HDR10+
SpeakerDual speaker (stereo)
Kamera Depan16MP, f/2.5 (lebar)
Kamera BelakangMakro 2MP f/2.4
Ultra wide 8MP f/2.2
Wide 64MP f/1.8 PDAF, OIS
Prosesor Qualcomm Snapdragon 7+ Gen 2 (4nm)
RAMUp to 12GB
Penyimpanan InternalUp to 256GB
Baterai5000 mAh fast charging 67W
SoftwareMIUI 14 berbasis Android 13

Keunggulan POCO F5

POCO F5 Indonesia

POCO F5 Indonesia pada dasarnya merupakan ponsel kelas menengah atas yang mengusung beberapa fitur kelas flagship. Dalam hal kinerja, ponsel ini mampu bersaing dengan perangkat flagship dan bahkan melampaui ponsel kelas menengah lainnya yang ada di Indonesia. Berikut keunggulan yang dimilikinya.

Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Daya Tahan Baterai POCO F5

Daya tahan baterai ponsel ini sama dengan POCO M5 yaitu berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar ini Anda dapat menggunakannya sepanjang hari dan masih memiliki sisa daya yang cukup untuk menonton film sebelum tidur. 

Itu berarti Anda tak perlu khawatir ponsel Anda akan mati di tengah-tengah nonton Netflix karena baterai ponsel POCO keluaran terbaru ini bisa bertahan 14,8 jam untuk menonton video. Bahkan, Anda bisa mendapatkan waktu layar aktif selama 23,8 jam untuk membaca

Kapasitas baterai yang besar saja sudah tidak istimewa lagi jika tidak diimbangi dengan fitur fast charging. 

Meski bukanlah fitur baru karena seri sebelumnya juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, namun ini tetap menjadi salah satu keunggulan yang terus dipertahankan oleh POCO di series F5. 

Tentu saja dengan fitur fast charging 67W ini sangatlah menguntungkan. Anda bisa mengisi ulang ponsel saya dalam waktu singkat, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat bepergian. Anda bahkan dapat mengisi daya ponsel dari nol hingga 100% dalam 45 menit.

POCO C40 memiliki baterai yang lebih besar yaitu 6.000 mAh, tetapi belum dilengkapi fitur fast charging. Kecepatan pengisian daya POCO F5 jauh lebih besar. 

Performa Gahar

Xiaomi POCO F5

Xiaomi POCO F5 telah ditingkatkan ke chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 yang relatif baru di pasaran dan belum tersedia di ponsel Android favorit dalam kisaran harga berapa pun. Hal ini menunjukkan komitmen POCO terhadap performanya.

Performa POCO F5 yang didukung chipset Snapdragon 7+ Gen 2 sebanding dengan ponsel flagship yang mengandalkan chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Berkat chipsetnya yang modern, performa POCO seri ini meningkat pesat. Bahkan, Anda dapat memainkan PUBG Mobile pada pengaturan maksimal tanpa gangguan. 

Selain itu, game-game seperti Genshin Impact dan Call of Duty Mobile juga memberikan pengalaman yang lancar, dengan frame rate yang disetel ke 60 fps.

Jika Anda mencari ponsel yang mampu memainkan game-game berat, maka POCO F5 adalah pilihan yang bagus.

Layar Tajam

Layar Tajam POCO F5

POCO F5 memiliki panel FHD+ OLED 6,67 inci. Layarnya cukup terang di bawah sinar matahari langsung dengan warna yang akurat. Ini menjadikan seri POCO ini memiliki layar yang istimewa. 

Anda juga mendapatkan kecepatan refresh dinamis 120Hz yang tampaknya merupakan formula favorit POCO untuk model kelas menengahnya.

Mendukung Dual Speaker

Speaker Stereo POCO F5

Bermain game dan menonton konten favorit tentu saja tak lengkap tanpa kualitas output suara yang memukau. Beruntung, realme telah memasang speaker stereo pada ponsel ini, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mengasyikkan daripada hanya mengandalkan kualitas speaker mono.

Design Catchy

Desain POCO F5

Bisa dibilang Xiaomi menampilkan desain yang lebih catchy dengan Poco F5. Pada varian warna putih, pola berkilau di bagian belakang akan berubah seperti hologram di bawah sudut kanan dan bertransisi menjadi biru dingin di bagian bawah perangkat. Kelihatannya akan sangat bagus. 

Menariknya, ponsel ini juga cukup ringan. Dengan berat hanya 181 gram, F5 menawarkan sasis yang jauh lebih ringan dibandingkan pendahulunya, sehingga cukup nyaman untuk digenggam. Lekukan lembut di bagian belakangnya juga membuat ponsel ini sedikit lebih nyaman, sementara bingkai datar membantu pegangan lebih aman.

Kelebihan dan Kekurangan

Ponsel ini juga merupakan peningkatan dari pendahulunya dalam beberapa hal. Akan tetapi, ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut adalah tabel kelebihan dan kekurangan POCO F5.

KelebihanKekurangan
Daya tahan baterai yang tahan lama dan pengisian cepatSistem kamera sama seperti tahun lalu
Desain catchyKamera sekunder biasa-biasa saja
Layar AMOLED yang menakjubkanBanyak bloatware
Performa yang mengesankan

Berapa Harga POCO F5?

Harga POCO F5

Kapan POCO F5 rilis di Indonesia? Ponsel pintar ini sudah rilis pada tanggal 27 Juni 2023. Harga ponselnya masih cukup terjangkau dibandingkan dengan Hp menengah atas lainnya. 

Tentu saja akan ada perbedaan harga untuk masing-masing varian menyesuaikan berapa RAM dan internal storage yang Anda inginkan. Adapun POCO F5 harga yang resmi dari official store, yaitu:

  • POCO F5 8/256GB : Rp4.999.000
  • POCO F5 12/256GB : Rp5.499.000

Dengan harga tersebut, itu sudah include kepala charger dan kabel USB type C, silicon case bening, kartu garansi, dan buku panduan

Haruskah Membeli POCO F5?

POCO F5

Setiap orang tentu memiliki pertimbangan yang berbeda apakah ponsel ini cocok dengan kebutuhan dan selera Anda atau tidak. Anda sebaiknya membeli ponsel ini jika…

  • Memerlukan telepon yang cepat dan akan tetap bagus dalam beberapa tahun.
  • Menginginkan ponsel yang dapat terisi penuh dalam waktu kurang dari satu jam.
  • Memiliki daya tahan baterai yang unggul dan bisa bertahan lama untuk bermain game atau menonton film.

Namun, Anda bisa mempertimbangkan kembali untuk membeli ponsel ini ketika…

  • Fotografi adalah salah satu prioritas Anda.
  • Anda benci banyak bloatware di ponsel cerdas baru Anda.

Chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2 adalah salah satu prosesor terkuat di pasaran, jadi yakinlah bahwa POCO F5 akan mampu memainkan game berat sekalipun. Pengisian daya 67W sangat cepat juga memungkinkan Anda mengisi daya penuh hanya dalam beberapa menit. 

Layar OLED Full HD+ 120Hz sangat halus dan responsif, sehingga nyaman digunakan untuk bermain game, menonton video, atau sekadar menjelajahi web. 

Perangkat lunaknya juga lebih baik dan memiliki lebih sedikit bug dibandingkan ponsel POCO sebelumnya. Namun, masih banyak aplikasi yang tidak diinginkan yang dapat mengganggu.

Jadi, jika Anda mencari ponsel dengan pengisian daya cepat dan performa andal, POCO F5 adalah pilihan yang bagus. Namun, jika Anda mencari ponsel dengan harga lebih terjangkau yang memiliki kapasitas baterai dan fitur fast charging sama, Anda mungkin bisa mencoba POCO X5 Pro 5G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *