Review

Review POCO X5 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

113
×

Review POCO X5 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

Share this article
Review POCO X5 Pro 5G

Di tahun 2003 ini POCO meluncurkan dua varian X series, yaitu POCO X5 dan POCO X5 Pro, tiga bulan berikutnya. Kedua tipe tersebut bisa jadi pilihan kalau Anda mengidamkan ponsel dengan kamera berkualitas, dapur pacu yang ngebut, dan baterai badak nan awet.

Lalu bagaimana dari segi harga? Tidak sedikit yang mengatakan jika banderol harganya terbilang bersahabat melihat fitur-fitur unggulan yang sudah disematkan pada smartphone ini.

Untuk Anda yang berminat mengadopsi ponsel pintar dari salah satu sub-brand Xiaomi ini, cermati dulu harga dan spesifikasi POCO X5 Pro 5G berikut.

Spesifikasi POCO X5 Pro 5G

Spesifikasi POCO X5 Pro 5G

Sudah jadi rahasia umum kalau perangkat-perangkat rilisan POCO tidak jarang mempunyai fitur yang lebih unggul dibandingkan ponsel pintar flagship kelas atas.

Apa benar begitu? Mari langsung simak spesifikasi lengkapnya. 

Tanggal Rilis27 Juni 2023
DimensiTinggi: 162,91 mm
Lebar: 76,03 mm
Tebal: 7,9 mm
Berat: 181 g
LayarTipe: Super AMOLED, 120 Hz, 900 nits Ukuran: 6.67 inchi
Resolusi: 2400 x 1080, rasio 5.000.000:1
OSAndroid 12, MIUI 14 for POCO
ProsesorChipset: Snapdragon 778G 
CPU: octa-core, 2,4 GHz
GPU: Qualcomm Adreno 642L
Penyimpanan6GB+5GB*/128GB
8GB+5GB*/256GB
Kamera UtamaTriple Kamera
108 MP, f/1,9 (Wide)
8 MP, f/2,2 (Ultra wide)
2MP: f/2,4 (Makro)
Fitur: video 4K@ 30 fps, panorama, HDR, LED flash, time lapse, slow-mo, dll
Kamera Depan16 MPf/2,4 (Wide)
Fitur: Video 1080p@30/60fps, panorama view, HDR
Jaringan5G, 4G, 3G, 2G
KonektivitasSIM: SIM ganda (5G+5G) 
WLAN: Wi-Fi: 802.11a/b/g/n/ac/ax
Bluetooth: 5.2 
NFC: tersedia
SensorSensor jarak, Akselerometer, Sensor cahaya, Kompas elektronik, Giroskop, IR Blaster
BateraiTipe: Li-Po 5000 mAh, non-removableFitur fast charging: tersedia (67 W)
KeamananSensor sidik jari 
AI Face Unlock 
Audiodouble speaker, Jack audio (3,5 mm)

Keunggulan POCO X5 Pro 5G

Keunggulan POCO X5 Pro 5G

Sedikit banyak Anda sekarang sudah memahami bagaimana spesifikasi POCO seri ini. Untuk lebih jelasnya, simak juga detail keunggulan smartphone besutan POCO ini sebagai referensi Anda sebelum membawanya pulang.

Desain yang Ramping dan Keren

Kalau selama ini Anda merasa jika ciri khas hp POCO adalah besar dan tebal, maka POCO X5 Pro ini sengaja didesain slim dan ringan. Bahkan tipe yang satu ini menjadi hp POCO paling tipis saat ini namun tetap nyaman digenggam. 

Untuk pilihan warnanya sendiri ada tiga varian, yaitu Frosted Green, Mystic Blue, dan Matte Black. Sebagai pelengkap perangkat ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP53 yang artinya hp ini tahan terhadap percikan air dan debu, termasuk misalnya tumpahan minuman.

Layar Luas dan Jernih

Keunggulan kedua smartphone ini adalah pada sektor layar. Hp ini berbekal layar berukuran 6,67 inch, bertipe AMOLED, resolusi full HD +, refresh rate 120Hz, dan DCI P3 Color Gamut. Tidak hanya mulus untuk bermain game, tipe layar plus resolusinya menjanjikan tampilan warna layar yang bagus dan jernih.

Terkait fitur kecerahannya yang juga berada pada angka yang cukup tinggi, membuat Anda dapat membaca text di luar ruangan pada kondisi terang. Bezelnya yang tipis, juga membuat layar POCO 5 Pro 5G terlihat makin sedap dipandang. Sementera untuk proteksinya, POCO memilih Corning Gorilla Glass 3. 

Dapur Pacu Ngebut

Performa yang gahar bisa dibilang sudah menjadi tradisi POCO X series, ini tidak terkecuali untuk POCO X5 Pro 5G juga. Perangkat ini bersenjatakan Chipset Snapdragon® 778G Mobile Platform. 

Skor POCO X5 Pro 5G AnTuTu berhasil meraih 396442 point, terbilang cukup besar yang membuktikan ngebutnya performa perangkat.

Sedangkan pada GPU juga ada upgrade dari seri terdahulunya, sehingga grafisnya terlihat lebih mulus termasuk untuk memainkan game-game berat.

Chipset besutan Qualcomm ini juga mempunyai fitur efisiensi daya yang baik sehingga Anda bisa beraktivitas dengan tenang tanpa khawatir baterai cepat habis.

Kamera Jempolan

POCO X5 Pro 5G menawarkan fitur kamera lengkap, yaitu tiga kamera belakang: kamera utama 108 MP (wide-angle), sensor 8 MP (ultrawide), dan kamera 2 MP (makro). Untuk videonya juga mampu merekam video 4K pada 30FPS dan 1080p pada 60FPS disertai mode always-on stabilization.

Kamera utamanya sendiri menerapkan sensor 108 MP Samsung ISOCELL HM2 dengan ukuran 1/1.52 inci, sementara pada kamera ultrawide menggunakan Samsung S5K4H7 ISOCELL Slim.

Sedangkan untuk kamera makro-nya dapat memotret close up pada jarak 4 cm. Anda juga bakal dapat mengabadikan momen berharga pada kondisi pencahayaan sulit, termasuk pada malam hari yang menghasilkan noise sangat minim. 

Baterai Kapasitas Besar

POCO X5 Pro 5G memiliki baterai 5.000 mAh,cukup  standar untuk ponsel-ponsel kekinian. Sementara daya tahan baterainya sendiri mencapai 28 jam jika hanya untuk telepon, 14 hari mode siaga, 20 jam video, dan 21 jam membaca.

Pada pengujian PC Mark 3.0, hp ini bisa bertahan 12 jam 15 menit dengan endurance rating-nya 113 jam, setara Samsung Galaxy A53 5G. Untuk baterainya juga sudah mempunyai fitur fast charging 67 W. 

Untuk mengisi daya dari 0-100% hanya butuh waktu dalam 50 menit dan ini lebih cepat daripada seri pendahulunya, POCO X3 Pro yang memerlukan waktu 1 jam 8 menit.

Fitur-Fitur Kekinian

Tidak hanya fitur RAM expansion yang kekinian, produsen juga sudah menyematkan fitur NFC seperti pendahulunya. Fitur tersebut bisa dikatakan paling dicari saat ini karena bakal membantu dalam aktivitas harian seperti transaksi non tunai.

Smartphone ini juga mempunyai fitur infrared blaster sehingga bisa dijadikan remote televisi atau AC. Ada kabar gembira untuk para gamer, hp ini sudah dilengkapi giroskop hardware yang mencegah delay saat gaming.

Btw, jika Anda perhatikan pada spesifikasinya di atas, ada satu minus yang cukup mengganggu pada hp ini, yaitu tidak tersedianya fasilitas untuk memori eksternal. Padahal kartu SD card bisa membantu transfer data dari ponsel lama ke yang baru.

Kelebihan dan Kekurangan POCO X5 Pro 5G

Untuk mengetahui secara singkat tentang POCO X5 Pro 5G ini, simak tabel kelebihan dan kekurangan POCO X5 Pro 5G berikut.

KelebihanKekurangan
Desain slimTidak tersedia memori eksternal
Layar luas dan jernih
Dapur pacu mantap
Kamera berkualitas
Baterai jumbo
Fitur-fiturnya modern

Harga POCO X5 Pro 5G

Penasaran berapa harga POCO X5 Pro 5G? Untuk varian 6/128GB saat ini dihargai Rp3.399.000, sementara untuk harga POCO X5 Pro 5G 8/256GB dibanderol Rp3.899.000.

Bagi Anda yang ingin alternatif lain dari produk-produk OPPO, beberapa seri yang cukup recommended adalah POCO M5, POCO C40,dan  POCO F5.

Nah, semoga informasi lengkap mengenai spesifikasi, kelebihan, dan kisaran harga hp POCO X5 Pro 5G ini bisa jadi referensi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *