Review

Review OPPO Find X5 Pro 5G: Spek, Harga, dan Keunggulan

74
×

Review OPPO Find X5 Pro 5G: Spek, Harga, dan Keunggulan

Share this article
Review Oppo Find X5 Pro 5G

Segmen smartphone flagship sudah diisi oleh berbagai merek termasuk Oppo. Salah satu varian Oppo yang bersaing di segmen harga di atas 10 juta ini adalah Oppo Find X5 Pro 5G.

Smartphone yang rilis pada tahun 2022 ini hadir menggantikan kakaknya, yaitu Find X3 Pro. Oppo memang melewatkan varian Find X4 dan langsung memberi nama FInd X5 pada varian baru ini.

Lalu, seperti apa performa dari smartphone dengan harga yang cukup tinggi ini? Apakah harga tersebut sebanding dengan performa yang diberikan? Silakan simak review lengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Oppo Find X5 Pro 5G

Varian Warna Oppo Find X5 Pro 5G

Sebagai smartphone yang masuk ke daftar flagship tentunya Find X5 Pro 5G memiliki spesifikasi yang tidak main-main. Berikut adalah Oppo Find X5 Pro 5G spesifikasi dari situs resmi Oppo1.

AspekSpesifikasi
WarnaGlaze Black | Ceramic White
Kapasitas Penyimpan12 GB + 256 GB
UkuranSekitar 163.7 mm x 73.9 mm x 8.5 mm
BeratSekitar 218 gram
Ukuran Layar6.70”
Resolusi LayarQHD+ (3216 x 1440)
Kecepatan RefreshMaksimum: 120 Hz (Dynamic)
Kamera Belakang50 MP + 50 MP + 13 MP
Kamera Depan32 MP
Dapur PacuQualcomm Snapdragon 8 Gen 1 Mobile Platform
Kapasitas Baterai5000 mAh
Pengisian Daya80W SUPERVOOC
Sistem OperasiColorOS 12.1 berbasis Android 12
Slot Kartu2 SIM
Kelengkapan Dalam KotakTelepon x 1, Pengisi Daya x 1, Kabel Data USB x 1, SIM Ejector Tools x 1, Panduan Keamanan x 1, Quick Start Guide x 1, Case Pelindung x 1, Exclusive Service Card x 1

Fitur Unggulan

Oppo Find X5 Pro 5G review tentu tidak lengkap sebelum membahas fitur unggulan yang dimilikinya. Sebab sebagai salah satu smartphone kelas atas, tentunya terdapat beragam fitur premium yang membuat smartphone ini memiliki harga tinggi.

Berikut adalah beberapa fitur unggulan yang ada pada Find X5 Pro 5G:

1. Kamera Kolaborasi dengan Hasselblad

Kolaborasi Oppo & Hasselblad Pada Kamera Oppo Find X5 Pro 5G

Oppo memang telah menjadi brand smartphone yang terkenal akan kemampuannya di sektor kamera. Mungkin Anda mengenal Oppo sebagai brand yang memiliki kemampuan foto selfie luar biasa.

Namun berbeda pada Find X5 Pro 5G ini, keunggulannya bukan hanya pada kemampuan kamera depan saja. Kualitas hasil jepretan kamera belakang dari smartphone ini juga dapat bersaing dengan smartphone flagship lainnya.

Sebab Oppo berkolaborasi dengan perusahaan fotografi asal Swedia Hasselblad, untuk meningkatkan performa kamera di Find X5 Pro 5G. Melalui kolaborasi ini, pengguna dapat mengakses mode X-Pan, filter foto, dan Natural Color Calibration pada mode Pro.

Selain itu, terdapat juga fitur lain yaitu hadirnya chip MariSilicon X. Chip ini merupakan Neural Processing Unit (NPU) hasil pengembangan Oppo yang diklaim mampu mengoptimalkan pengambilan gambar dan video pada kondisi kurang cahaya.

Oleh karena itu, hasil foto dan video malam dari Find X5 Pro 5G akan tetap jernih dan minim noise. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang senang mengambil gambar atau video pemandangan malam hari.

Berbicara mengenai spesifikasi, kamera belakang Find X5 Pro 5G terdiri dari 3 lensa. Lensa utama dan lensa ultra-wide sama-sama berukuran 50 MP dan menggunakan sensor Sony IMX766. Kedua lensa ini ditemani oleh lensa telephoto 13 MP yang mendukung fitur optical zoom 2x dan hybrid zoom 5x.

Sayangnya, Oppo tidak membawa fitur kamera mikroskop dengan pembesaran hingga 60x yang telah ada pada Find X3 Pro. Meski tidak begitu berpengaruh bagi sebagian orang, namun absennya fitur ini membuat seri Find X yang satu ini sedikit kehilangan keunikannya.

Detail Spesifikasi Pada Kamera Oppo Find X5 Pro 5G

Dengan spesifikasi tersebut, hasil jepretan kamera belakang Find X5 Pro tidak perlu Anda ragukan lagi. Foto yang diambil memiliki detail tajam serta warna akurat. Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan fitur AI Enhancement Scene jika ingin mendapatkan warna yang lebih kontras.

2. Kapasitas Penyimpanan & Performa

Dapur Pacu Pada Ponsel Oppo Find X5 Pro 5G

Sebagai smartphone yang berada di kelas flagship, tentunya Find X5 Pro 5g menyediakan kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Tersedia penyimpanan internal sebesar 256 GB yang ditemani RAM 12 GB.

Sayangnya, varian Oppo Find X5 Pro 5G 512 GB tidak masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, Anda harus puas dengan kapasitas penyimpanan 256 GB saja.

Terlebih Oppo tidak menyediakan slot MicroSD pada smartphone ini untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan.

Meski begitu, kapasitas 256 GB sudah terbilang cukup. Apalagi saat ini sudah tersedia layanan penyimpanan awan yang memungkinkan Anda menyimpan berkas tanpa khawatir dengan memori smartphone.

RAM 12 GB yang tersedia tentu sangat cukup untuk menemani Anda melakukan berbagai aktivitas. Bahkan masih dirasa tidak cukup, Anda bisa mengaktifkan fitur RAM Expansion untuk menambahkan RAM hingga totalnya menjadi 19 GB.

Memori dan RAM tersebut ditemani oleh dapur pacu Snapdragon 8 Gen 1 yang juga dipakai oleh smartphone flagship lainnya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir terhadap performa yang diberikan.

Oppo Find X5 Pro 5G 12/256 GB ini mampu melibas berbagai game berat dengan pengaturan grafis optimal. Sistem pendingin yang dimilikinya juga memungkinkan smartphone ini terhindar dari kondisi overheat ketika menjalankan tugas berat.

Berbicara mengenai skor benchmark, hasil Find X5 Pro 5G memang masih di bawah pesaingnya. Meski begitu, pengalaman dalam menggunakan smartphone ini tetap menunjukkan performa yang sangat kencang.

Dari sisi baterai, Find X5 Pro 5G ini memiliki peningkatan dibandingkan pendahulunya yaitu Find X3 Pro. X5 Pro membawa baterai dengan kapasitas 5.000 mAh, lebih tinggi 500 mAh daripada X3 Pro.

Kemampuan pengisian daya cepat pada X5 Pro juga lebih tinggi yaitu hingga 80 Watt. Sementara kemampuan pengisian daya cepat X3 Pro hanya 65 Watt.

Harga Oppo Find X5 Pro 5G

Kelebihan & Kekurangan Oppo Find X5 Pro 5G

Dengan fitur unggulan di atas, maka wajar jika Oppo memberi harga tinggi pada Find X5 Pro 5G. Berdasarkan situs resminya, Oppo Find X5 Pro 5G memiliki harga sebesar Rp14.999.000.

Meski memiliki harga yang terbilang tinggi, bukan berarti smartphone ini hadir tanpa kekurangan. 

Kelebihan dan kekurangan Find X5 Pro 5G

Berikut adalah tabel yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan dari Find X5 Pro 5G.

KelebihanKekurangan
Performa yang bersaing untuk segmen flagshipHanya ada 2X zoom telephoto
Kualitas kamera kolaborasi dengan Hasselblad sangat baikAbsennya fitur kamera mikroskop yang sebelumnya ada pada varian X3 Pro
Penggunaan MariSilicon X yang membuat hasil foto dan video saat malam hari tetap terjaga 
Kapasitas baterai besar dengan kemampuan pengisi daya yang cepat 

Penutup

Melihat Oppo Find X5 Pro 5G harga dan spesifikasi yang disediakan, smartphone ini memang bukan untuk Anda yang mencari smartphone hanya untuk kebutuhan standar. Mungkin Anda bisa melihat varian lain dari Oppo seperti Oppo A57 dan Oppo A77s untuk kebutuhan tersebut.

Find X5 Pro 5G menawarkan pengalaman premium khususnya pada sektor kamera belakang. Melalui kolaborasi dengan Hasselblad dan penggunaan MariSilicon X, smartphone ini menjanjikan pengalaman memotret yang lebih mumpuni.

Jika Anda memang mencari smartphone untuk kebutuhan fotografi yang lebih baik, maka Oppo Find X5 Pro 5G ini layak untuk masuk ke dalam daftar pertimbangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *