Review

Review Oppo A57: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

100
×

Review Oppo A57: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Share this article
Review Oppo A57

Apakah Anda salah satu pecinta brand OPPO dan tengah mencari ponsel pintar dengan baterai bandel nan awet namun tampilannya tetap enak dilihat? Mungkin pertimbangan untuk membeli OPPO A57 dapat diambil. 

Meskipun bukan termasuk kategori ponsel flagship alias andalan OPPO, namun spesifikasinya sudah lebih dari cukup untuk menemani aktivitas harian Anda.  Pasalnya, OPPO A57 merupakan salah satu deretan ponsel seri A dari OPPO di Indonesia yang sudah mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya.

Salah satu keunggulan smartphone ini adalah harganya juga cukup terjangkau namun tidak murahan. 

Jadi bagi Anda yang tengah mencari ponsel OPPO yang ekonomis namun tetap berkualitas, OPPO A57 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebelum memboyong gawai keren ini, jangan lupa pelajari dulu seluk-beluknya. Nah di sini kami spill detail spesifikasi, keunggulan & kelemahannya, sampai kisaran harga terbarunya.

Spesifikasi Detail OPPO A57

Spesifikasi Oppo A57

Simak selengkapnya spesifikasi OPPO A57 berikut ini sebagai referensi apakah ini benar-benar perangkat yang Anda butuhkan atau tidak.

Tanggal Rilis 21 Juli 2022
Ukuran dan Berat163.74 mm x 75.03 mm x 7.99 mm
Bobot: 187 g
PenyimpananRAM: 4GB
Memori internal: 64GB, 128GB 
Kartu eksternal: SD 3.0
USB On the Go: tersedia
LayarSize: 6.56 inci 
Tipe: IPS LCD, 90Hz
Resolusi: 1612 x 720 (HD+)
Kerapatan Pixel: 269 PPI
Refresh Rate: 60Hz
Proteksi: Panda MN228
Kamera UtamaJumlah: 3
13 MP, f/2.2, 26mm (wide)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur: Video: 1080p@30fps, panorama, HDR, LED Flash, PDAF
Kamera SelfieJumlah 1
8 MP, f/2.0 (wide)
Fitur: Video: 1080p@30fps, HDR 
ChipsetCPU: MediaTek Helio G35 (8 core, 2.3 GHZ)
GPU: IMG GE8320 @ 680 MHz
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable (didukung fitur pengisian cepat 33W SUPERVOOCTM)
BiometrikSidik Jari: tersedia
Pengenalan Wajah: tersedia 
Jaringan5G, LTE, CDMA2000, HSPA, CDMA, GSM
KonektivitasWLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, Wi-Fi Direct,  dual-band
Bluetooth: aptX HD, 5.3, LE, A2DP
USB Tipe-C
Jack Earphone: 3.5 mm
Sistem OperasiColorOS 12.1

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A57

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A57

Dari spesifikasinya di atas, Anda tentu sudah bisa menduga apa saja nilai plus perangkat ini. Namun agar semakin fair, Anda juga perlu tahu kelemahan smartphone besutan OPPO ini.

Kelebihan Kekurangan
Desain elegan, warna casing dengan efek glow Bentuk kamera depan masih standar
Baterai tahan lama dilengkapi fitur pengisian daya cepatTidak cocok untuk gamer
Fitur Speaker Stereo Ultra-Linear Refresh rate layar masih rendah
Layar lebih besar dan kaya warnaSpesifikasi kamera standar
Body tangguh, anti gores, meminimalisir goncangan saat terjatuh 
Tahan debu dan cipratan air
Fitur kamera depan dengan mode malam

Mengenai plus minus smartphone ini selengkapnya akan diuraikan di sini.

Kelebihan OPPO A57

Berikut kelebihan smartphone secara lebih rinci kami uraikan di bawah ini.

1. Desain Elegan

Oppo seri A ini hadir dengan body tipis dan ramping, serta panel kunci sidik jari di bagian samping, tidak kalah dengan ponsel berkelas premium.

Tersedia dua varian warna, yaitu glowing green dan glowing black yang mengusung efek berkilau.

2. Baterai Bandel

Untuk Anda yang mobilitasnya tinggi, smartphone ini hadir dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang tahan lama dilengkapi fitur fast charging 33W SuperVOOC.

Hanya dengan pengisian selama 15 menit, smartphone bisa Anda gunakan untuk streaming video/film lebih dari 4 jam. Sementara untuk mencapai kapasitas 50%, pengisian dayanya hanya setengah jam.

3. Suara Speaker Mantap 

Ini adalah ponsel yang pas kalau Anda hobi mendengarkan musik. Pasalnya OPPO A57 sudah berbekal teknologi Ultra – Linear Stereo Speaker dan DIRAC 3.0. Jadi walaupun volume diperbesar sampai 100%, suara yang dihasilkan tetap jernih.

4. Layar Lebih Besar dan Kaya Warna

Salah satu keunggulan utama ponsel ini adalah layarnya yang mencapai 16.66cm (6.56″) dan resolusi 1612 x 720 (HD+). Ini akan memberikan Anda pengalaman seru nonton video, main game, atau membaca.

Dengan perangkat ini screen time jadi semakin nyaman di mata dengan fitur AI Eye Comfort serta meminimalkan cahaya biru.

5. Tahan Air dan Debu

Untuk yang sering beraktivitas di luar ruangan, smartphone ini bisa jadi pilihan karena body-nya cukup tangguh, tahan debu, percikan air, guncangan saat jatuh, dan anti gores.

FYI, OPPO A57 juga sudah melewati pengujian 500 ribu kali tombol daya, 150 ribu kali tombol volume, dan 20 ribu kali plug in USB.

6. Kamera Depan Mempunyai Fitur Mode Malam

Walaupun spesifikasi kameranya terbilang standar, tidak berbeda jauh dengan smartphone-smartphone lain di kelasnya, tapi kamera depan OPPO A57 sudah berbekal fitur mode malam.

Jadi foto selfie yang Anda jepret di malam hari atau di kondisi pencahayaan minim akan tetap berkualitas.

Kekurangan OPPO A57

Kekurangan OPPO A57

Di antara banyak keunggulan smartphone ini ada beberapa kekurangannya, yaitu:

1. Bentuk Kamera Depan Standar

Di saat ponsel-ponsel kelas menengah lainnya tidak lagi menyematkan kamera depan berbentuk water drop, sayangnya HP OPPO ini masih setia dengan desain jadul ini. Ditambah lagi keberadaan bezel tebal yang sedikit mengganggu.

2. Bukan Ponsel Gaming

Pada dapur pacunya Oppo A57 berbekal SoC MediaTek Helio G35 yang jelas bukan chipset untuk gaming, CPU Octa-Core Cortex A53 serta GPU IMG PowerVR GE8320.

Jadi ponsel ini tidak cocok untuk menjalankan game-game kelas berat, atau solusinya Anda bisa mengubah pengaturan menjadi low graphics.

3. Refresh Rate Layar Masih Rendah

Terkait refresh rate, lagi-lagi OPPO A57 ketinggalan dengan kebanyakan produk seangkatannya yang mengusung refresh rate rata-rata 90Hz sampai 120 Hz. Akibatnya ponsel ini sulit menyediakan grafis optimal ketika gaming.

4. Spesifikasi Kamera Standar

Faktanya sudah banyak ponsel dengan harga setara Oppo A57 yang sanggup menghadirkan spesifikasi kamera lebih tinggi dari seri yang satu ini. Untungnya, keberadaan mode malam pada kamera depan bisa jadi poin tambahan yang cukup lumayan.

Harga OPPO A57

Penasaran berapa harga OPPO A57 saat ini? Untuk OPPO A57 RAM 4/64 GB berkisar Rp1.779.000. Sementara untuk OPPO A57 RAM 4/128 adalah Rp2.009.000.

Kalau berminat, Anda juga bisa pilih OPPO A57 5G yang hadir untuk teknologi jaringan 5G yang konon lebih cepat. Tentu saja spesifikasi yang disematkan pada perangkat tersebut lebih tinggi daripada OPPO A57.

Untuk yang masih belum puas dengan perangkat yang satu ini, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengadopsi tipe OPPO A77S atau OPPO Find X5 Pro 5G.

Bagaimana? Apakah OPPO A57 cocok untuk membantu memperlancar aktivitas harian Anda? Pastinya, dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membawa pulang smartphone dengan desain dan spesifikasi yang cukup menjanjikan.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *