Review

Review OPPO A77s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

97
×

Review OPPO A77s: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Share this article
Review OPPO A77s

Setelah berbicara tentang OPPO A57 yang murah meriah, untuk Anda yang menghendaki perangkat A Series besutan OPPO dengan spesifikasi yang lebih tinggi, mungkin OPPO A77s bisa jadi bahan pertimbangan.

Ponsel yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ini konon juga cocok untuk Anda yang ingin merintis karir sebagai konten kreator. Pasalnya, smartphone seharga 3 jutaan ini sudah mengusung gamut warna DCI-P3 100% yang sudah cukup lumayan untuk membuat konten.

Jadi tidak perlu panjang lebar lagi, langsung saja kita bahas OPPO A77s harga dan spesifikasinya, juga kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Detail OPPO A77s

Spesifikasi OPPO A77s

Ini dia beberapa poin penting yang perlu Anda ketahui sebelum membeli ponsel.

Tanggal Rilis13 Oktober 2022
DimensiUkuran:
163.74mm x 75.03mm x 7.99mm (Starry Black)
163.74mm x 75.03mm x 8.04mm (Sunset Orange)
Bobot:
187g (Starry Black)
190g (Sunset Orange) 
LayarTipe: IPS LCD
Ukuran: 6,56 inci, rasio: 89,8%
Resolusi: 1612 x 720 piksel, (~269 ppi density)
Refresh Rate: 60Hz
Pelindung Kaca: Panda MN228
PlatformOS: Android 12 bisa upgrade Android 13
Chipset: Qualcomm Snapdragon 680
CPU: Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold & 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver)
GPU: Adreno 610
PenyimpananRAM: 8GB
Memori internal: 128GB
Memori eksternal: tersedia kartu slot untuk SDXC
KameraKamera utama 50MP; f/1.8 (wide) 2MP; f/2.4 (depth)
Fitur: Video 1080p@30fps,  panorama, HDR, LED Flash
Kamera selfie 8MP; f/2.0 (wide)Fitur: 1080p@30fps
KonektivitasWLAN: Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, hotspot, Wi-Fi Direct, dual-band
Bluetooth: 5.0
Radio: FM
USB Type-C 2.0, OTG (On the Go)
SensorAlat pengukur langkah, Akselerometer, Sensor gravitasi, Sensor optik, Sensor jarak, Sensor geomagnetik
JaringanKartu SIM: dual SIM
2G, 3G, 4G, TD-LTE , 4G LTE, 
BateraiTipe: Li-Po 5000 mAh, non-removable
Fitur Fast Charging: tersedia (33W SUPERVOOCTM), pengisian daya malam hari

OPPO A77s: Kelebihan dan Kekurangan

Setelah mengulas  OPPO A77s spesifikasi lengkapnya, sekarang saatnya beralih pada kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

KelebihanKekurangan
Desain premiumTidak ada peningkatan pada performa
Baterai dilengkapi fitur pengisian daya cepat dan optimized night chargingMasih Mengadopsi desain water drop
Dapur pacu semakin ngebutMinim fitur kekinian
Speaker stereo jempolan
Kamera dengan fitur keren
Kualitas layar lebih baik
Body tangguh tahan debu dan air

Kelebihan OPPO A77s

Kelebihan OPPO A77s

Inilah beberapa keunggulan OPPO A77s mulai dari desain, sektor kamera, hiburan, dll. 

1. Desain Premium

OPPO A77s di Indonesia hadir dalam varian warna Sunset Orange dan Starry Night yang elegan. Permukaannya matte tidak meninggalkan sidik jari saat tersentuh.

Casing ponsel berbahan fiberglass leather ini juga memunculkan cahaya kuning dan merah muda samar jika Anda memiringkannya sedikit. 

Secara keseluruhan desain ponsel pintar ini memberikan kesan bersih dan simpel, ditambah warnanya yang netral membuatnya cocok untuk pria dan wanita segala usia. 

2. Baterai Tahan Lama dengan Fitur Canggih

Baterai berkapasitas 5.000 mAh kiranya sudah lebih dari cukup untuk menemani  Anda berkegiatan seharian penuh. Pengisian daya hingga 100% pada OPPO A77s memungkinkan layar bertahan hampir 11 jam, bahkan dengan refresh rate 90Hz aktif.

Selain itu ada fitur pengisian daya cepat dan optimized night charging. Fitur tersebut memungkinkan Anda mengisi daya pada malam hari secara aman tanpa khawatir berlebih.

3. Dapur Pacu Ngebut

Walaupun tidak bisa disebut super cepat, namun chipset Snapdragon 680 memang ditujukan untuk pengguna yang menginginkan performa memadai untuk penggunaan harian.

Untuk aktivitas basic seperti mengirim pesan teks, browsing media sosial, menonton video, membuka aplikasi dan browsing website, OPPO A77s mampu menghadirkan pengalaman yang cepat. Bahkan, refresh rate 90Hz membuat ponsel ini terasa secepat ponsel mahal.

4. Speaker Stereo Jempolan

Untuk sektor entertainment, OPPO A77s menyematkan speaker stereo yang memungkinkan Anda menikmati musik seutuhnya walaupun di tempat yang bising.

Ini semua karena teknologi Dirac yang dapat meminimalisir noise yang keras sehingga suara stereo jadi lebih optimal. Nonton dan mendengarkan musik jadi semakin seru kapan dan dimana pun.

5. Kamera dengan Fitur Canggih

Tahukah Anda jika OPPO A77s adalah bagian dari A7 Series yang perdana disematkan fitur Bokeh Flare Portrait. Hasilnya adalah foto dengan efek estetik berbentuk bola-bola neon yang menyala. 

Sementara pada kamera selfie-nya juga sudah berbekal teknologi Selfie HDR, Portrait Bokeh, dan AI Portrait Retouching.

6. Kualitas Layar Lebih Oke

Seperti yang sudah disinggung pada spesifikasinya, layar perangkat ini sudah mendukung refresh rate 90Hz yang akan menghadirkan animasi halus setiap kali Anda beraktivitas di layar. 

FYI, Anda juga dapat mengatur layar agar ditampilkan pada kecepatan 90Hz setiap saat, namun ini tidak tersedia secara otomatis tujuannya untuk menghemat masa pakai baterai. 

Ini berarti Anda harus memilih secara manual apakah Anda ingin refresh rate 90Hz atau 60Hz.

Dari segi warna, layar OPPO A77s mampu menghasilkan warna yang memanjakan mata ditambah kecerahan maksimalnya yang mencapai 600 nits.

7. Body Tangguh Tahan Debu dan Air

Untuk Anda yang aktif, ponsel tangguh  ini dapat menemani keseharian Anda yang sibuk dengan ketahanan dari cipratan air IPX4 dan ketahanan debu IP5X12. Jadi Anda dapat beraktivitas dengan tenang tanpa khawatir ponsel cepat rusak.

Kekurangan OPPO A77s

Kekurangan OPPO A77s

Menjadi salah satu varian A Series yang lumayan diminati, smartphone ini masih mempunyai beberapa kekurangan.

  • Chipset Masih Sama dengan Generasi Pendahulu. Walaupun menjanjikan performa yang mumpuni, namun seri yang satu ini masih sama dengan generasi sebelumnya. Ini terutama bagi pecinta hp OPPO yang berharap ada peningkatan pada sektor tersebut.
  • Masih Menerapkan Desain Water Drop. Hadir dengan desain jadul water drop, sekilas tampilan layar hp ini memang terkesan jomplang dengan desain body-nya yang kekinian. Resolusinya juga “hanya” HD+, namun syukurlah tertolong dengan refresh rate yang sudah 90Hz jadi aktivitas screen time Anda bakal tetap terasa mulus.
  • Minim Fitur Kekinian. Dari segi konektivitas, smartphone ini sebenarnya sudah cukup lengkap, seperti bluetooth 5, WiFi 5, sampai jack audio 3,5mm, juga USB yang support OTG. Sayangnya hp OPPO A77s keluaran tahun 2022 ini belum mempunyai fitur NFC.

Sekarang Anda tinggal menimbang-nimbang, dari kelebihan dan kekurangannya, apakah smartphone kelas menengah keluaran OPPO ini memang benar-benar yang Anda butuhkan.

Harga OPPO a77S

Untuk harga OPPO A77s RAM 8GB/ROM 128GB saat ini dibanderol Rp2.915.000.Bagi Anda yang masih ingin mempertimbangkan tipe lain dari OPPO, mungkin Anda juga perlu cek spesifikasi OPPO Find X5 Pro 5G di sini.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *