News

Sejumlah Smartphone Asal Cina Akan Gunakan Snapdragon 8+ Gen 2

95
×

Sejumlah Smartphone Asal Cina Akan Gunakan Snapdragon 8+ Gen 2

Share this article
Mengenal Snapdragon 8+ Gen 2 yang Canggih

Ada rumor baru terkait Qualcomm. Banyak kabar yang mengatakan bahwa produsen chipset ini sedang mengembangkan produk terbarunya, yaitu Snapdragon 8+ Gen 2.

Seri ini tentu merupakan versi yang terbaru dan memiliki performa yang lebih baik dari pendahulunya yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Lalu, smartphone apa saja yang akan mengusung chipset terbaru ini?

Smartphone yang Debut dengan Snapdragon Terbaru

Smartphone Terbaru yang Menggunakan Snapdragon 8+ Gen 2

Chip Qualcomm Snapdragon terbaru ini sedang dalam tahap uji coba pengembang smartphone terkenal asal negeri tirai bambu. Brand-brand tersebut meliputi Xiaomi, Oppo, Meizu, dan juga IQOO.

“Produsen smartphone asal Cina selalu berusaha menghadirkan inovasi terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Salah satunya inovasinya adalah menggunakan chipset yang handal.”

Dengan spesifikasi prosesor tingkat tinggi, banyak pihak yang memperkirakan bahwa smartphone baru tersebut akan memiliki harga yang tinggi. Selain itu, mungkin saja mereka debut dengan chipset generasi baru ini untuk memproduksi smartphone flagship.

Salah satu kabar terbaru menyebutkan bahwa smartphone IQOO 11s akan rilis pada akhir tahun 2023 ini. Smartphone ini akan menjadi perangkat pertama yang akan menggunakan chipset terbaru dari Qualcomm ini.

Selain itu, kabar lain mengatakan bahwa Xiaomi juga akan mengusung chipset ini untuk produk terbaru mereka yakni Redmi K60 Ultra.

Lantas, pengembang mana lagi yang tertarik untuk menggunakan kekuatan prosesor terbaru ini? Kabarnya, Realme GT Neo 6 dan juga OnePlus Ace 2 Pro juga akan memakai Snapdragon tertinggi ini.

Akan tetapi, semua kabar ini masih merupakan spekulasi. Ini karena Qualcomm belum memberikan pernyataan resmi terkait dengan chip terbaru ini.

Selain itu, Qualcomm juga tidak mengkonfirmasi adanya kabar bahwa Snapdragon 8 Gen 2 kini tidak lagi khusus untuk Samsung.

Rumornya, chip ini juga akan muncul di berbagai brand smartphone dari Cina seperti OnePlus, Xiaomi, Redmagic, dan juga ASUS.

Akan tetapi, performa chip yang dikembangkan eksklusif untuk Samsung memiliki performa yang lebih handal daripada chipset Snapdragon 8 Gen 2 versi standar.

Keunggulan chipset tersebut antara lain kinerja CPU dan GPU yang lebih cepat. Selain itu, kinerja dalam memproses kecerdasan buatan juga lebih mumpuni.

Spesifikasi Unggulan Snapdragon 8+ Gen 2

Snapdragon 8+ Gen 2 Menawarkan Spesifikasi yang Unggul

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak Qualcomm terkait dengan pengembangan chip Snapdragon versi terbaru ini. Akan tetapi, spesifikasi dan keunggulan chip tersebut mungkin tidak akan jauh berbeda dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Sebagai bahan pembanding, berikut adalah spesifikasi unggulan dari Snapdragon 8 Gen 2.

Terobosan AI

Dengan prosesor Qualcomm Hexagon, chip ini memiliki akselerator Tensor yang lebih cepat untuk mendukung performa AI. Bahkan kecepatan Snapdragon 8 Gen 2 ini 4,35 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Gameplay yang Mengagumkan

Chip ini mendukung GPU generasi terbaru yaitu Qualcomm Adreno. Adapun keunggulan dari GPU ini adalah memiliki kemampuan rendering grafis 25% lebih cepat.

Selain itu, chip ini juga memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming yang dapat membuat grafis tampak lebih nyata.

Selanjutnya, fitur unggulan lain adalah Real time Hardware Accelerated Ray Tracing. Fitur ini dapat mengatur pantulan dan cahaya sehingga memberikan pengalaman bermain game seperti di layar komputer.

Kamera Canggih

Chip ini mendukung Qualcomm Spectra dan juga fitur kamera AI yakni Always-Sensing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan resolusi hingga 200 MP.

Smartphone yang mengusung chipset ini dapat mengoptimalkan kualitas kamera mereka. Misalnya, mereka mungkin menawarkan fitur-fitur seperti pemrosesan HDR, peningkatan zoom, dan kemampuan pengambilan gambar dalam kondisi cahaya rendah yang lebih baik.

Kinerja CPU Cepat

Chip Snapdragon 8 Gen 2 memiliki performa CPU 35% lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, chip ini juga dapat menghemat penggunaan daya hingga 40%.

Peningkatan performa ini karena adanya mikroarsitektur baru yang bisa merubah 1 core efisiensi menjadi tambahan performa dengan kecepatan 3,36 GHz.

Mendukung Konektivitas 5G dan WiFi 7

Chip Qualcomm Snapdragon ini dibekali dengan Qualcomm 5G AI Processor dan juga Qualcomm 5G PowerSave. Keunggulan dari fitur konektivitas ini adalah adanya peningkatan kecepatan dan jangkauan internet.

Selain itu, chip ini menggunakan WiFi7 dengan Multi Link HBS atau High Band Simultaneous. Wifi 7 memiliki performa 2 kali lebih cepat daripada Wifi 6. Tidak hanya itu, keunggulan lainnya adalah dukungan terhadap LE Audio, Dual Bluetooth, dan juga Snapdragon Sound.

Fitur-fitur dan juga keunggulan dari 8+ Gen 2 tentu akan lebih baik daripada chip 8 Gen 2. Pastinya, smartphone yang mengusung chip terbaru ini akan memiliki performa yang lebih baik daripada ponsel dengan chip versi sebelumnya.

Semua fitur tersebut memang dibutuhkan oleh pengguna smartphone kelas high-end. Performa CPU yang baik, efisiensi daya tinggi, dan kualitas kamera yang baik menjadi tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Para fans smartphone besutan Cina pasti sudah tidak sabar menanti brand favoritnya untuk merilis smartphone terbaru dengan Snapdragon 8+ Gen 2. Dengan chipset bertenaga tinggi dan fitur unggulan, brand-brand HP tersebut berharap dapat memberikan pengalaman yang luar biasa untuk para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *