News

Sony Xperia Fold, Siap Bersaing di Pasar Smartphone Lipat   

83
×

Sony Xperia Fold, Siap Bersaing di Pasar Smartphone Lipat   

Share this article
Review Sony Xperia Fold

Sejak beberapa waktu belakangan, smartphone lipat atau foldable mulai menjadi tren di kalangan gadget mania. Maka tidak mengherankan berbagai produsen smartphone ikut meramaikan tren tersebut. Misalnya Sony yang sedang dalam masa mempersiapkan Sony Xperia Fold, smartphone lipat terbaru mereka.

Sony Xperia terbaru ini akan masuk ke dalam bagian Sony Compact Series. Hal ini dapat menjadi angin segar bagi penggemar compact series, karena sejak tahun 2018 belum ada rilisan terbaru. Terakhir, mereka mengenalkan Sony Xperia XZ2 Compact.

Meskipun namanya belum resmi, namun banyak pihak yang meyakini bahwa nama smartphone lipat besutan Sony ini adalah Xperia Fold.

Ada yang menyatakan bahwa smartphone Sony Xperia tersebut akan mengadopsi lipatan dengan style clamshell, atau bisa dilipat dari atas ke bawah dan sebaliknya. Gaya ini cukup mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip.

Namun bocoran ini menjelaskan bahwa smartphone lipat Sony tidak akan terlalu mirip dengan kepunyaan Samsung. Faktor utamanya adalah karena Sony sepertinya tidak akan menyelipkan layar sekunder atau layar mini pada bagian depan layar.

Pada bocoran yang beredar, diduga bahwa smartphone lipat ini akan fokus menjadi ponsel gaming.

“Apabila menargetkan pasar gaming, maka tentu saja spesifikasi Sony Xperia Indonesia ataupun global harus mumpuni dalam menunjang kegiatan para gamers.”

Oleh karena itu, banyak pula spekulasi yang menduga bahwa spesifikasi produk milik Sony akan mumpuni, seperti pada aspek chipset,  RAM, serta baterai.

Langkah Sony untuk ikut serta ke dalam pasar smartphone gaming  sepertinya dalam rangka memanfaatkan sedang meningkatnya industri game sekarang.

Jika beberapa rumor yang beredar di bawah ternyata benar, maka Sony dapat memanfaatkan momen ini sebagai sarana peningkatan reputasi maupun portofolionya.

Hal ini juga dapat menjadi salah satu usaha Sony yang seolah tertinggal dengan beberapa pesaingnya. Misalnya ada Google, Samsung, Vivo, Oppo, dan lain-lain. Dari beberapa merek terkenal dunia, hanya Apple dan Sony yang masih belum menunjukkan smartphone lipat mereka.

Bocoran Spesifikasi Sony Xperia Fold

Spesifikasi Lengkap Sony Xperia Fold

Seri ini sepertinya akan hadir dengan beragam pilihan warna menarik yang menonjolkan kemewahan atau keeleganan. Warna emas ataupun hitam sepertinya akan masuk ke dalam pilihan warnanya nanti.

Layar perangkatnya akan menggunakan tipe AMOLED dinamis sebesar 7,63 inci. Sedangkan resolusi layarnya kemungkinan besar 1812 x 2176 piksel, dan refresh rate 120 Hz.

Pada aspek prosesor, perangkat tersebut tampaknya akan menggunakan prosesor keluaran Qualcomm, berupa Snapdragon 8 gen 2.

Snapdragon 8 gen 2 ini termasuk sebagai salah satu prosesor terbaru yang mempunyai kecepatan unggul. RAM pada chipset ini sekitar 12 GB dengan penyimpanan internal sebanyak 256 GB. Sistem Operasinya akan mengandalkan  Android v13.

Perpaduan kombo dari chipset dan memori besar perangkat, nanti bisa memberikan kenyamanan pada pengguna. Masalah seperti lag pasti akan terhindari.

Untuk penunjang fotografi maupun videografi, tersedia tiga kamera yang berada pada bagian belakang ponsel. Resolusi setiap kamera adalah 50 MP, 10 MP, serta 12 MP.

Hasil pengambilan foto maupun video dengan spesifikasi kamera tersebut tentu jauh lebih bagus. Hasilnya juga akan lebih jernih dan minim noise. Untuk kebutuhan media sosial atau konten kreator, spesifikasi tersebut sudah cukup oke.

Lalu untuk kamera depannya akan tersedia dalam dua resolusi, yaitu 10 MP + 4 MP. Hasil selfie maupun vlog sederhana penggunanya juga akan lebih maksimal.

Dukungan konektivitas pada Xperia Fold juga sudah lengkap. Beberapa di antaranya 4G, 5G, VoLTE, Vo5G, Bluetooth v5.3, Wi-Fi, NFC, serta USB-C v3.2.

Sediakan Fitur Pengisian Baterai Cepat

Sony Xperia Fold Menawarkan Pengisian Baterai Cepat

Untuk menunjang  penggunaan perangkat oleh penggunanya, Sony akan menyelipkan baterai berjenis Li-Polymer. Diperkirakan bahwa salah satu smartphone tersebut akan mempunyai daya baterai sekitar 4.500 mAh.

Pengguna bisa menggunakannya sehari penuh, atau ketika penggunaannya normal, maka daya tahan baterai bisa lebih lama lagi.

Kehadiran baterai berkapasitas besar tersebut juga berdampingan dengan kemampuan untuk pengisian cepat. Pengisian daya cepat pada perangkat ini sekitar 45 W.  Oleh karena itu, tanpa perlu menunggu pengisian yang lama, pengguna sudah bisa segera memanfaatkan perangkatnya setelah pengisian sekian menit atau jam.

Semua informasi akan spesifikasi dari perangkat ini masih belum resmi, karena Sony belum memberikan pernyataan lanjutan.

Belum ada yang bisa menebak, apakah Sony nanti akan meluncurkan dua smartphone lipat dengan gaya vertikal maupun horizontal secara bersamaan atau tidak.

Karena bocorannya bukan dari sumber resmi, akan ada kemungkinan bahwa spesifikasi tersebut dapat melesat jauh. Begitu juga desain yang beredar, juga bukan berasal dari Sony. Apalagi mengenai harga Sony Xperia, masih belum ada  kepastian sama sekali.Tapi penggemar smartphone lipat sekaligus gamer akan menantikan konfirmasi mengenai rumor tersebut. Jika benar Sony Xperia Fold merupakan ponsel gaming, maka hal ini dapat menjadi terobosan baru pada smartphone lipat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *