Review

Vivo Y02:  Smartphone Murah dengan Teknologi Reverse Charging!

101
×

Vivo Y02:  Smartphone Murah dengan Teknologi Reverse Charging!

Share this article
Review Vivo Y02

Terkenal akan branding nya yang menyasar target pasar low-mid entry smartphone, Vivo merilis ponsel tipe Vivo Y02 pada akhir tahun 2022 lalu. Smartphone ini menawarkan desain cantik, 2 pilihan warna yang memanjakan mata, dan spesifikasi yang menarik.

Dengan Vivo Y02 harga sejutaan, simak apakah smartphone ini layak untuk Anda miliki? Temukan review Vivo Y02 lengkapnya di bawah ini.

Fitur Unggulan Vivo Y02

Walaupun merilis ponsel dengan harga pasaran saat ini di sekitar Rp1.5 jutaan, ternyata smartphone Vivo memiliki beberapa fitur unggulan yang menonjol di kelasnya.

FingerprintYa5GTidak
GyroscopeTidakNFCTidak
Stereo SpeakerYaReverse ChargingYa
4K recordingTidakRadioYa
3.5 Audio portYaMemori EksternalYa

Berikut detail ulasan selengkapnya.

1. UI Funtouch Android 12

Salah satu fitur unggulan dari smartphone ini adalah sistem operasi Android 12 Go Edition yang bersinergi dengan UI (user interface) Funtouch OS 12. Sistem operasi ini memang telah dirancang agar dapat berjalan dengan lancar pada smartphone dengan spesifikasi rendah. 

Selain itu, UI ini juga dapat menghemat penggunaan data seluler dan menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik, seperti Night Mode, Portrait Mode, RAM Expansion 4 GB, dan lain-lain.

2. Desain Compact

Lalu, Vivo Y02 juga memiliki desain dengan finishing warna glossy dan bodi yang kokoh namun ramping. Dengan ketebalan 8,49 mm Anda tidak akan merasakan ukuran yang terlalu besar atau kecil, dan pas pada genggaman tangan.

3. Sensor Fingerprint

Unggulan lainnya pada smartphone ini ialah, Vivo Y02 telah memiliki sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol daya di sebelah sisi kanan bodi. Dengan dua pilihan warna, cosmic grey dan orchid blue Anda dapat tampil dengan percaya diri tanpa terlihat sebagai ponsel yang murah.

4. Layar HD Plus

Pada bagian layar, smartphone ini memiliki layar IPS LCD berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD Plus 720 x 1600 piksel dan refresh rate 60 Hz. 

Meskipun belum mendukung Full HD Plus, layar ini tetap mampu menampilkan warna yang tajam dengan tingkat kecerahan hingga 480 nits dan tingkat kerapatan piksel 270 PPI.

Spesifikasi Vivo Y02

Vivo Y02 Memiliki Spesifikasi yang Keren

Walaupun Vivo menjual dengan harga yang terbilang murah, namun spesifikasi yang Y02 tawarkan tidak terlalu buruk. Dengan skor Vivo Y02 anTuTu 95684, ponsel ini cocok untuk penggunaan ringan pada keseharian Anda. 

Berikut adalah spesifikasi utama dari Vivo Y02:

ChipsetMediaTek MT 6765 Helio G35
CPU dan GPUCPU: Cortex A53 Octacore 2.3 GHzGPU: PowerVR GE8320
MemoriRAM 3GB, ROM 64GB
Kamera8 MP pada kamera utama dan 5 MP pada kamera selfie
HargaRp1.5 jutaan

Kelebihan dan Kekurangan

Vivo Y02 memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

KelebihanKekurangan
Baterai berukuran besar yang dapat bertahan cukup lama ketika menemani aktivitas keseharian Anda.Vivo Y02 chipset Mediatek Helio G35 belum mendukung untuk pemakaian berat seperti bermain game atau multi tasking.
Mendukung teknologi reverse charging, yang dapat Anda gunakan sebagai power bank darurat,Kamera belakang dan kamera depan yang tidak terlalu istimewa, baik dari fitur maupun teknologi software.
Harga yang sangat terjangkauMasih menggunakan micro USB dan belum mendukung USB yang lebih umum saat ini yaitu, USB Type C.

Kesimpulan

Pembahasan Lengkap Vivo Y02

Vivo Y02 merupakan smartphone entry-level dengan harga yang benar-benar terjangkau dan salah satu yang termurah di kelasnya. Hal ini menjadikan smartphone ini cocok untuk pengguna baru yang menggunakan dengan keperluan ringan.

Keunggulan utama smartphone ini yaitu teknologi reverse charging yang akan memudahkan Anda ketika membutuhkan mengisi daya pada saat-saat darurat.

Akan tetapi, Vivo Y02 juga tentu memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Smartphone ini memiliki kombinasi yang kurang gahar untuk menjalankan game terkini atau tugas berat yang lain. 

Chipset MediaTek Helio G35 yang dan RAM 3 GB terasa terlalu tanggung dan tidak memenuhi spesifikasi yang seharusnya untuk bermain game atau aplikasi yang berat.

Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera yang sederhana tanpa fitur AI yang canggih, hal ini wajar mengingat sasaran pasar untuk ponsel ini adalah para pengguna baru dengan budget yang minim. 

Akan tetapi, resolusi 8 MP serta kamera depan yang hanya beresolusi 5 MP sudah cukup untuk mengambil gambar dengan jelas.

Poin penting yang terakhir adalah, ponsel ini masih menggunakan micro USB untuk pengisian daya dan transfer data. Hal ini tergolong sudah ketinggalan zaman karena mayoritas ponsel telah rilis dengan menggunakan USB type C

“Vivo Y02 merupakan pilihan yang dapat Anda pertimbangkan jika sedang mencari ponsel entry-level dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini cocok jika Anda tidak terlalu menginginkan smartphone yang berperforma tinggi.”

Namun, jika Anda mencari ponsel dengan spesifikasi yang tinggi untuk bermain game, editing, atau multitasking, Vivo Y02 tidak akan bekerja dengan optimal karena berbagai keterbatasannya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *