News

Waspada! Rekam Konser Bisa Jadi Penyebab Kamera HP Rusak

127
×

Waspada! Rekam Konser Bisa Jadi Penyebab Kamera HP Rusak

Share this article
Penyebab Kamera HP Rusak yang Sering Terjadi

Menonton konser penyanyi idola tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Oleh karena itu, banyak penonton yang mengabadikan momen konser dengan smartphone mereka. Namun, Anda perlu hati-hati saat merekam konser karena bisa menjadi penyebab kamera HP rusak, kok bisa?

Hal ini mungkin terdengar aneh terutama bagi mereka yang belum pernah mengalaminya. Namun, hal ini benar-benar terjadi pada seorang penonton konser Geolier, penyanyi asal Italia.

Bagaimana kronologinya? Simak ulasan berikut.

Kronologi Lensa Kamera HP Rusak Karena Lampu Laser

Penyebab Kamera HP Rusak Bisa Karena Lampu Laser

Sebuah video di Youtube merekam momen konser Geolier yang sedang perform di atas pentas. Layaknya konser musik biasa, panggung tersebut memiliki tata cahaya yang keren.

Ada banyak lampu sorot yang mendukung penampilan penyanyi tersebut. Namun, ketika ada lampu laser yang menyorot HP salah satu penonton beberapa kali, layar HP yang sedang merekam tadi tiba-tiba langsung rusak.

Ada banyak garis hitam vertikal di layar tersebut. Alhasil, banyak yang menduga bahwa penyebab kamera HP error adalah akibat tersorot lampu laser konser tersebut.

Akan tetapi, video yang diunggah di platform Youtube tersebut tidak menyebutkan siapa pemilik smartphone yang rusak dan apa merek smartphone tersebut.

Ternyata kejadian ini bukanlah kasus yang pertama. Tahun 2010 lalu, ada seorang fotografer yang mengalami kerusakan pada kamera Canon 5D Mark II. Kerusakan ini juga terjadi karena sorot sinar laser.

Lantas, apakah benar penyebab kamera HP tidak berfungsi dan rusak permanen adalah sorot lampu laser?

Respon Sony Terhadap Dampak Sinar Laser

Penyebab Kamera HP Rusak Bisa Karena Berbagai Hal

Sony, perusahaan yang terkenal sebagai produsen kamera terbaik memberikan tanggapannya terkait kejadian ini.

Sony menyatakan di websitenya bahwa sinar laser yang tersorot kamera bisa merusak lensa kamera tersebut. Sorot laser bisa menyebabkan kerusakan langsung maupun tidak langsung pada sensor CMOS kamera.

Salah satu efek negatif akibat lampu laser adalah kerusakan pada sensor kamera HP. Sensor kamera pada HP umumnya sensitif terhadap cahaya.

Sementara itu, laser memiliki sorot sinar yang kuat sehingga bisa menimbulkan kerusakan permanen pada sensor. Oleh karena itu, hasil rekaman video akan menampilkan garis-garis hitam.

Dalam beberapa kasus, sensor kamera benar-benar rusak sehingga kamera tidak bisa berfungsi sama sekali.

Oleh karena itu, pihak Sony memberikan himbauan agar pengguna kamera tidak merekam sinar laser secara langsung. Selanjutnya, meskipun kamera sedang tidak digunakan, sebaiknya pengguna menggunakan penutup lensa agar lensa tetap aman.

Sorot lampu laser bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sensor kamera HP.”

Penyebab Kamera Belakang HP Rusak

Ketahui Penyebab Kamera HP Rusak Agar Bisa Mencegah

Ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan kamera HP bisa rusak. Kerusakan tidak hanya bisa terjadi akibat sorot lampu laser saja.

Penyebab yang pertama adalah karena kamera HP dipakai dalam waktu yang lama. Saat menghadiri konser, kebanyakan pengunjung merekam penampilan idola mereka sepanjang waktu.

Akibatnya, suhu HP meningkat karena pemakaian yang berlebihan. Selain itu, kejadian lain yang bisa membuat kamera rusak adalah saat HP jatuh. Lantas, apa saja akibat yang ditimbulkan dari rusaknya sensor kamera?

  • Kualitas Foto dan Video Menurun. Saat sensor kamera rusak, kualitas foto atau video akan menurun. Hal tersebut biasa ditandai dengan hasil foto yang buram. Selain itu, terkadang muncul bintik-bintik putih yang menyebabkan foto atau video tidak jernih.
  • Muncul garis. Selain foto atau video yang buram, tanda lain bahwa sensor kamera rusak adalah munculnya garis-garis hitam pada hasil jepretan. Hal ini akibat dari garis pixel kamera yang telah rusak.
  • Terjadi hot pixel dan juga dead pixel. Hot pixel merupakan bagian yang tidak bisa muncul karena kamera terlalu panas. Namun, hot pixels bisa hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, dead pixels adalah bagian yang rusak permanen sehingga muncul titik hitam di LCD kamera.
  • Warna hasil jepretan berbeda dengan objek sebenarnya. Tanda lain bahwa sensor kamera rusak adalah hasil foto yang menampilkan warna berbeda. Selain itu, terkadang hasil foto tampak gelap padahal kamera memotret objek yang terang.

Cara Mencegah Kerusakan Sensor Kamera

Tips Mencegah Kerusakan Pada Kamera

Lantas bagaimana cara mengatasi kamera HP rusak? Untuk mengatasinya, Anda bisa coba untuk merestart HP atau meng-update sistem. Namun, jika kerusakan tetap terjadi, Anda harus membawanya ke teknisi.

Daripada memperbaiki kamera, lebih baik jika Anda mencegah kerusakan. Inilah beberapa tips merawat lensa kamera agar awet dan tidak mudah rusak.

  • Hindari sorot lampu laser saat merekam momen konser.
  • Jangan memotret atau merekam sinar matahari secara langsung.
  • Jika sedang tidak digunakan, tutup lensa kamera agar aman dari debu, goresan, dan juga air.
  • Bersihkan lensa secara berkala dengan menggunakan kain lembut dan pembersih khusus kamera.

Setelah mengetahui beberapa penyebab kamera HP rusak, kini Anda bisa lebih berhati-hati lagi. Jika menggunakan HP saat merekam momen konser, pastikan bahwa lampu laser tidak menyorot kamera Anda untuk mencegah kerusakan fatal pada sensor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *