Review

Review Xiaomi 12: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

74
×

Review Xiaomi 12: Spesifikasi, Harga, Kelebihan & Kekurangan

Share this article
Review Xiaomi 12

Xiaomi 12 merupakan smartphone flagship terbaru dari Xiaomi yang diluncurkan pada tanggal 31 Desember 2021 di Tiongkok. Smartphone ini menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 4nm. 

Dengan target pasar menengah ke atas, ponsel ini memiliki berbagai keunggulan seperti,  layar AMOLED 6,28 inci dengan refresh rate 120Hz, kamera belakang 50MP, baterai 4500mAh dengan pengisian super cepat 67W, dan fitur-fitur canggih lainnya. 

Namun, apakah HP Xiaomi yang ini layak untuk Anda miliki? Simak Review Xiaomi 12 pada artikel berikut ini!

Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12

Xiaomi 12 harga di pasar saat ini dijual dengan kisaran Rp.6.9 jutaan. Dengan harga tersebut, berikut spesifikasi lengkap dari Xiaomi 12:

ChipsetQualcomm SM8450 Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
DisplayAMOLED, 68B colors, 120Hz, Dolby Vision, HDR10+, 1100 nits (peak)
ConnectionsWifi, Bluetooth, GPS, Infrared, USB Type C 2.0, OTG
FiturFingerprint display, accelerometer, gyro, compass, color spectrum, Virtual Proximity Sensing
MemoriRAM: 8 / 12 GB
ROM: 128 / 256 GB
KameraKamera utama: 50, 13, 5 MP
Kamera selfie: 32 MP
BateraiLi-po 4500 mAH 67W
HargaRp6.9 jutaan

Ulasan Performa Xiaomi 12

Prosesor Xioami 12

Xiaomi mampu menghadirkan performa yang menakjubkan di HP ini. Simak ulasannya berikut ini:

1. Chipset Xiaomi 12

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang tersemat pada HP ini mampu memberikan kinerja kencang dan anti lag. Prosesor dari Qualcomm ini menawarkan performa CPU dan GPU yang meningkat hingga 30% jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Anda dapat memainkan game yang berat dengan tanpa hambatan dan juga mulus. Kemudian pengalaman Anda berselancar di dunia maya juga akan semakin kilat dan nyaman.

2. Display Xiaomi 12

Layar AMOLED berkualitas tinggi dengan refresh rate 120Hz memberikan tampilan yang tajam dan cerah.  Dengan tingkat kecerahan hingga 1.100 nits dan dukungan teknologi HDR10+ serta Dolby Vision mengkombinasikan tampilan warna yang lebih hidup dan nyata. 

Layar ini juga tersemat Corning Gorilla Glass Victus yang tahan akan goresan dan benturan.

3. Kamera Xiaomi 12

Performa kamera Xiaomi tipe ini juga tak main-main, ia memiliki kamera belakang utama 50MP yang mampu menghasilkan foto dengan detail dan kualitas tinggi. Kamera ini juga telah memiliki PDAF dan OIS untuk meningkatkan fokus dan stabilitas gambar. 

Selain itu, HP Xiaomi ini juga memiliki kamera ultra wide 13MP yang bisa menangkap bidang pandang lebih luas dan kamera telefoto periskopik 8MP yang bisa melakukan zoom optik hingga 5x tanpa kehilangan kualitas gambar. 

4. Baterai Xiaomi 12

Baterai 4500mAh dengan pengisian cepat 67W siap menemani aktivitas sehari-hari Anda bersama Xiaomi ini. Kapasitas yang cukup besar ini mampu untuk menunjang kegiatan Anda tanpa perlu khawatir kehabisan daya dengan cepat. 

Baterai ini juga memiliki fitur pengisian cepat dengan kabel maupun wireless dengan kekuatan 67W. Selain itu, HP ini juga bisa berfungsi sebagai power bank dengan fitur pengisian balik wireless dengan kekuatan 10W.

Fitur Unggulan Xiaomi 12

layar Xiaomi 12

Smartphone flagship terbaru dari Xiaomi ini memiliki banyak fitur unggulan. Berikut adalah beberapa yang bisa Anda ketahui:

1. Layar OLED dengan Refresh Rate 120 Hz

Smartphone dari Xiaomi ini memiliki layar OLED berukuran 6,28 inci yang mampu menampilkan hingga 68 miliar warna dan memiliki refresh rate 120 Hz. Layar dan kemampuan ini memberikan pengalaman visual yang tajam, natural dan terasa nyata

2. Snapdragon 8 Gen 1

Xiaomi seri inimemiliki chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang merupakan salah satu chipset tercanggih saat ini. Chipset ini telah memiliki CPU octa-core dengan kecepatan hingga 3 GHz dan GPU Adreno 730. Selain itu, chipset ini juga telah mendukung jaringan 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan NFC.

3. Kamera belakang 50 MP dengan OIS

HP ini memiliki tiga kamera belakang, yaitu kamera utama 50 MP dengan OIS (optical image stabilization), kamera ultra wide-angle 13 MP, dan kamera tele macro 5MP dengan autofokus. 

Kamera utama pada ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX766 yang mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi dengan detail dan warna yang amat tajam.

4. Pengisian Cepat 67 W

Pada bagian baterai HP ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.600 mAh yang mendukung pengisian cepat 67 W. Dengan fitur ini, Anda bisa mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 40 menit saja.

5. Desain Elegan dan Ringan

Pada bagian desain, Xiaomi 12 memiliki tampilan yang elegan dan ringan dengan bodi berbahan kaca dan bingkai logam. Kemudian HP ini juga tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti Gray, Blue, Purple, dan Green.

6. Accessibility Xiaomi 12

HP Xiaomi ini juga memiliki fitur-fitur canggih lain yang membuatnya semakin menarik untuk Anda miliki.

Seperti; jaringan 5G yang memberikan akses internet super cepat, Wi-Fi 6E yang mendukung frekuensi 6 GHz untuk koneksi nirkabel lebih stabil, NFC yang memudahkan pembayaran digital.

Kemudian ada GPS dual-band yang meningkatkan akurasi lokasi, port USB Type-C yang mendukung transfer data dan audio, sensor sidik jari di layar yang responsif dan aman, stereo speaker dengan Dolby Atmos yang menghasilkan suara berkualitas, dan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13 yang lebih modern dan intuitif.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12

kelebihan dan kekurangan xiaomi 12

Sebagai ponsel yang sudah memiliki banyak fans sejati, Xiaomi merilis smartphone Xiaomi 12 dengan berbagai kelebihan dan juga kekurangan. Rangkuman berikut ini dapat Anda jadikan rujukan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya;

KelebihanKekurangan
Performa kencang dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1.Desain bodi belakang terkesan biasa saja
Layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz.Modul kamera belakang menonjol dan tidak terlindungi
Kamera belakang 50MP dengan zoom optik 5xTidak ada slot microSD untuk penambahan penyimpanan
Baterai 4500mAh dengan pengisian cepat 67WTidak ada jack audio 3,5mm untuk earphone kabel.

Kesimpulan

Model Menggenggam Xiaomi 12

Xiaomi 12 adalah smartphone flagship yang menawarkan spesifikasi dan fitur canggih dengan harga yang tak terlalu mahal. Dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1, layar AMOLED 120Hz, kamera belakang 50MP, baterai 4500mAh, dan fitur-fitur lainnya, HP ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan performa dan kualitas tinggi dari sebuah smartphone flagship

Namun, Xiaomi seri ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan, seperti desain bodi belakang yang biasa saja, modul kamera belakang yang menonjol dan tidak terlindungi, tidak ada slot microSD, dan tidak ada jack audio 3,5mm.

Jadi, sebelum membeli Xiaomi 12, sebaiknya Anda membandingkan terlebih dahulu dengan smartphone flagship lainnya yang mungkin memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda seperti seri: Xiaomi 12 lite 5G, Xiaomi 12t atau Xiaomi 12 pro.

Responses (3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *