Review

Review Xiaomi 12 Lite 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

91
×

Review Xiaomi 12 Lite 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

Share this article
Review Xiaomi 12 Lite 5G

Tidak terlalu ramping dan ringan lagi, Xiaomi 12 Lite dengan desain barunya memposisikan dirinya sebagai smartphone kelas menengah dengan kamera utama 108 MP yang baru dan lebih baik serta kamera depan yang ditingkatkan. Meskipun ada peningkatan lainnya, masih ada beberapa trade-off.

Artikel ini akan membahas lebih detail mengenai Xiaomi 12 Lite 5G harga dan spesifikasi serta fitur unggulannya.

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G

Spesifikasi Xiaomi 12 Lite 5G

Xiaomi telah memberikan model Lite desain baru yang lebih mirip dengan sub-merek Redmi daripada Seri 12 miliknya. Namun, tidak banyak yang berubah. 

Xiaomi mengandalkan chipset yang sama dan konfigurasi penyimpanan serupa seperti sebelumnya. Layarnya juga memiliki ukuran dan resolusi yang sama, meski kini hadir dengan kecepatan refresh yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Secara lebih lengkap, berikut adalah tabel Xiaomi 12 Lite 5G specification yang tak kalah menakjubkan.

Xiaomi 12 Lite 5G Release Date9 Juli 2022
Dimensi159,3 x 73,7 x 7,3 mm
Bobot173 gram
WarnaLite green, black, lite pink
Layar6,55″ AMOLED (1.080 x 2.400 px) 120 Hz refresh rate, 9600 nits, HDR10+, dolby vision
Kamera Depan32MP, f/2.5 HDR, panorama
Kamera BelakangMakro 2MP f/2.4
Ultra wide 8MP f/2.2 120°
Wide 108MP f/1.9 PDAF
Prosesor Octa-core, Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G
RAM4GB, 6GB, 8GB
Penyimpanan Internal128GB
BateraiLi-Po 4.300 mAh fast charging 67W
SoftwareMIUI 13 berbasis Android 12

Keunggulan Xiaomi 12 Lite 5G

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Untuk memperkuat eksistensinya dalam pasar smartphone global, Xiaomi kembali meluncurkan produk baru bernama Xiaomi 12 Lite secara internasional. Walaupun diluncurkan dengan sedikit keterlambatan daripada varian Xiaomi 12 lainnya, produk ini menampilkan desain yang segar dan sejumlah fitur inovatif. 

Ponsel pintar ini hadir dengan pembaruan layar, kamera utama beresolusi tinggi, dan teknologi pengisian daya cepat terkini. Semua aspek ini tentunya menarik perhatian para penggemar teknologi yang tengah mencari ponsel terbaru. Berikut keunggulan Xiaomi 12 Lite 5G.

Koneksi Cepat dengan Jaringan 5G

Koneksi Lancar Xiaomi 12 Lite 5G

Untuk akses Internet seluler, Xiaomi 12 Lite mendukung semua standar komunikasi modern, termasuk Sub-6GHz 5G. Ponsel cerdas ini menawarkan rentang frekuensi yang luas, sehingga koneksi di sebagian besar negara tanpa ada masalah.

Dapur Pacu Kelas Menengah Terbaru

CPU Xiaomi 12 Lite 5G

Dari segi performa, Xiaomi 12 Lite tetap mengandalkan Snapdragon 778G 5G yang hadir dengan RAM LPDDR4x 6 GB. Seperti yang bisa diduga, smartphone Xiaomi ini memberikan performa unggul dan masih lebih kompetitif di kisaran harga ini. Hanya Apple dan Google yang menggunakan chip kelas atas di segmen pasar ini.

Xiaomi 12 Lite menggunakan Adreno 642L yang terintegrasi pada chip Snapdragon untuk akselerasi grafis yang berada di kelas menengah atas. Pada seri ini, GPU memberikan tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan Galaxy A53 (ARM Mali-G68 MP4) atau Xperia 10 IV (Adreno 619).

Layar AMOLED 120 Hz

layar Xiaomi 12 Lite 5G

Sebagai smartphone yang ditujukan untuk aktivitas multitasking dan gaming, ponsel ini telah menghadirkan layar yang unggul. Tidak hanya ukurannya yang besar, layar HP ini juga dilengkapi dengan berbagai teknologi yang meningkatkan pengalaman bermain game maupun menonton video.

Layar Xiaomi 12 Lite memiliki ukuran 6,55 inci. Ukuran layar yang luas ini memberikan kenyamanan ekstra dalam bermain game, menjelajahi media sosial, dan menonton video. Selain itu, layar HP ini menggunakan teknologi AMOLED dengan resolusi FHD+ sebesar 1080 x 2400 piksel.

Layarnya ini juga menawarkan sudut pandang yang luas serta tingkat kecerahan yang sangat optimal. Poin menariknya, dalam kondisi gelap, kecerahan layar HP dapat dikurangi secara signifikan hingga 2 nits, sementara tampilannya tetap terlihat.

Tak hanya itu saja, layar HP ini juga mampu memberikan tampilan yang cerah dengan keseimbangan warna yang baik. Hal ini disokong oleh fitur HDR10+ dan Dolby Vision, serta beberapa fitur serupa.

Fast Charging 67W

Fast Charging Xiaomi 12 Lite 5G

Meski menawarkan kapasitas baterai kecil, hanya 4.300 mAh, salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh Xiaomi adalah teknologi pengisian cepat fast charging 67W Dengan teknologi tersebut, pengguna dapat mengisi baterai dari kosong hingga penuh dalam waktu sekitar 40-50 menit saja.

Jika Anda menginginkan Hp dengan baterai besar dan pengisian daya yang cepat, Anda bisa coba Xiaomi 12T. Harganya sedikit ada di atas series ini.

Design Tipis dan Ringan

Body Xiaomi 12 Lite 5G

Pada tahun 2022, Xiaomi 12 Lite mengusung desain yang dihasilkan dari pengembangan Xiaomi 12, 12X, dan 12 Pro. Sebagian besar rangka ponsel terbaru dari Xiaomi ini dirancang menggunakan plastik sebagai bahan utama. 

Keputusan ini berkontribusi pada bobot yang ringan, dengan berat hanya 173 gram. Dengan dimensi 159,3 x 73,7 x 7,29 mm, bodi ponsel ini juga memberikan kenyamanan penggunaan sehari-hari dan portabilitas saat beraktivitas. 

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G

Berikut adalah tabel kelebihan dan kekurangan Xiaomi 12 Lite 5G.

KelebihanKekurangan
Dilengkapi dengan fitur fast charging Desain tanpa perlindungan
Desain tipis dan ringanLetak sidik jari di layar terlalu ke bawah
Layar super AMOLED dengan refresh rate 120HzKapasitas baterainya masih kecil
Dual speaker (stereo) yang jernihTidak ada slot microSD
Dapur pacu kelas menengah baruHarga sulit bersaing

Berapa Harga Xiaomi 12 Lite 5G?

Harga Xiaomi 12 Lite 5G

Harga ponsel keluaran Xiaomi seri ini masih cukup terjangkau dibandingkan dengan Hp menengah atas lainnya. Tentu saja akan ada perbedaan harga untuk masing-masing varian menyesuaikan berapa RAM yang Anda inginkan. 

Di pasaran Indonesia, Xiaomi 12 Lite dijual dengan harga Rp5.799.000. Tersedia hanya satu varian resmi, yaitu RAM 8GB dengan penyimpanan 256GB. Dengan harga tersebut, itu sudah include:

  • Kepala kabel USB type C berwarna putih, 
  • Pin pelepas SIM, 
  • Kartu garansi, dan 
  • Buku panduan.

Jika Anda menginginkan ponsel dengan RAM lebih besar dan memiliki budget lebih, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Xiaomi 12 Pro.

Haruskah Membeli Xiaomi 12 Lite 5G?

Xiaomi 12 Lite 5G

Akhirnya, Xiaomi mengenalkan varian terjangkau dari Xiaomi 12 melalui produk baru, Xiaomi 12 Lite. Ponsel pintar ini menawarkan spesifikasi seimbang dalam kelasnya. Anda akan menikmati layar luas yang nyaman untuk bermain game atau mengakses media sosial. Di samping itu, penggunaan chipset terbaru menjamin kinerja yang tangguh.

Namun, sayang sekali baterainya memiliki kapasitas kecil, hanya 4300 mAh. Selain itu, produsen juga menghilangkan slot microSD serta fitur perlindungan terhadap air dan debu.

Bagi Anda yang mencari ponsel dengan desain premium dan spesifikasi menengah, Xiaomi 12 Lite patut menjadi pertimbangan. Bagaimana menurut Anda, apakah ponsel Xiaomi 12 Lite 5G cukup menarik untuk dimiliki?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *