News

Beberapa Perangkat Samsung yang Tidak Dapat Update Lagi

116
×

Beberapa Perangkat Samsung yang Tidak Dapat Update Lagi

Share this article
Beberapa Perangkat Samsung yang Tidak Dapat Update Lagi

Samsung adalah salah satu perusahaan smartphone dunia yang rutin dalam memperbarui atau update software-nya. Pertengahan 2023 Samsung menyatakan bahwa mereka menggunakan Android OS 14. Dari semua produk yang beredar, ada beberapa perangkat Samsung yang tidak dapat update ini.

Perusahaan ini telah merancang agar versi terbaru sistem operasi One UI 6.0 dapat terintegrasi dengan Android 14.

Sebelumnya pada tahun 2022 lalu, Samsung telah menetapkan kebijakan terbaru. Kebijakan tersebut berkaitan dengan perpanjangan update sistem operasi maksimal empat kali dan keamanan selama lima tahun.

Semua kebijakan di atas berlaku untuk berbagai tingkatan perangkat, seperti premium, mid-range, serta flagship.

Dulu Samsung hanya menyediakan update maksimal tiga kali, khusus untuk Android unggulan mereka saja, Dengan kebijakan baru tersebut, artinya perangkat tahun 2019 tidak bisa menerima update software Samsung terbaru sejak tahun 2023.

Android 14 sebagai versi terbaru ini hadir untuk membuat perangkat Samsung bisa berjalan maksimal karena adanya fitur-fitur terbaru. Karena kerja samanya dengan Google, maka semua perangkat yang didukung dapat terintegrasi dengan lancar.

One UI 6.0 yang berbasis Android 14 juga dapat meningkatkan pengalaman pengguna melalui tampilan antarmukanya.

Perangkat Samsung yang Tidak Menerima Update

beberapa perangkat Samsung yang tidak dapat update

Android 14 sebelumnya telah diungkapkan oleh Google pada 10 Mei 2023 lalu pada acara konferensi pengembang Google I/O. Setelah pengujian sampai akhir Juni lalu, versi tersebut bisa pengguna pergunakan pada Juli 2023 ini.

Nah, beberapa perangkat yang tidak menerima update Samsung terbaru antara lain Samsung Galaxy S10, Galaxy S10+, Galaxy S10e, Galaxy X Cover 4S, Galaxy A80, Galaxy A40, Galaxy A10, Galaxy A30, dan Galaxy A50.

Sementara untuk tablet yang tidak menerima update adalah Galaxy Tab A10.1 (2019), Galaxy Tab S5e, dan Galaksi Tab S6.

Walaupun beberapa perangkat di atas tidak menerima One UI 6.0 dengan basis Android 14, pengguna tidak perlu khawatir.

Samsung beberapa kali pernah mengeluarkan pembaruan tambahan dalam bentuk patch keamanan, contohnya seri Galaxy S10.

Berdasarkan kebijakan Samsung saat ini, maka Galaxy S10 tidak akan mendapatkan pembaruan setelah menerima pembaruan keamanan pada Mei 2023 lalu. Akan tetapi, Samsung ternyata merilis pembaruan baru untuk perangkat tersebut.

Perangkat Samsung yang Menerima Update

perangkat Samsung yang tidak dapat update

Samsung sudah mulai menjalankan pembaruan tersebut dengan melakukan integrasi dari sistem Android 14 tersebut kepada userinterface One UI 6.0.

Dari semua produk Samsung, Galaxy S21 Series (Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra) sudah pasti akan menerima update Android 14 sekaligus One UI 6.0 ini. Varian Galaxy S21 FE serta perangkat paling baru juga ikut menerima update karena memenuhi persyaratan Samsung untuk empat tahun ke depan.

Selain Galaxy S21 Series, ada beberapa perangkat lain yang menerima Samsung Galaxy update tersebut.

Beberapa perangkat smartphone di antaranya adalah Galaxy Z Series (Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip3, serta yang terbaru) dan Galaxy A Series (A33, A53, A73, serta versi terbaru). Sedangkan untuk varian Galaxy Tablet yang menerima pembaruan adalah Galaxy Tab S8, S8+, S8 Ultra, serta penerusnya.

Samsung Mengajak Pengguna untuk Upgrade ke Smartphone Terbaru

Samsung Mengajak Pengguna untuk Upgrade ke Smartphone Terbaru

Dengan aturan baru Samsung yang membuat lebih banyak perangkat yang menerima update adalah informasi yang disukai para pengguna produk asal Korea Selatan ini.

Sambutan pengguna ini muncul karena kesempatan pengguna untuk menerima update sekaligus patch update.  Sama seperti yang disampaikan sebelumnya, tidak semuanya yang menerima pembaruan ini.

Oleh karena itu, bagi pengguna yang tidak mendapatkan update sebaiknya melakukan upgrade perangkat saja. Dengan upgrade gadget tersebut, maka sudah pasti mendapatkan update Android versi terbaru.

Untuk perangkat yang menerima update karena memenuhi persyaratan maupun perangkat keluaran terbaru, akan mendapatkan update keamanan dari Samsung dalam durasi empat tahun sejak waktu perilisannya.

Artinya, pengguna produk Samsung yang memenuhi salah satu kriteria di atas pasti akan mendapatkan update software sekaligus patch keamanan minimal sekitar empat tahun.

Dengan rilisnya beberapa daftar perangkat Samsung yang tidak dapat update tersebut, pengguna bisa menemukan solusi terbaik. Baik itu bisa mendapatkan update atau upgrade perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *