News

Google I/O 2023 Telah Usai, Simak Deretan Pengumumannya

54
×

Google I/O 2023 Telah Usai, Simak Deretan Pengumumannya

Share this article
Daftar Pengumuman Google I/O 2023

Google I/O 2023 telah usai dilaksanakan pada 10 Mei 2023, lalu yang dapat diakses secara online oleh penggemar produk-produk buatan Google. Pada event yang berlangsung setiap tahun ini, Google mengumumkan berbagai daftar gadget ataupun teknologi unggulan mereka.

Produk yang Diumumkan diGoogle I/O 2023

Dari kegiatan Google I/O ini, pengunjung juga bisa melihat berbagai kemajuan pada teknologi Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan perusahaan kenamaan dunia tersebut.

Google Pixel Fold

Produk Google Pixel kerap menjadi pusat perhatian karena hadir dengan inovasi dan fitur yang bersaing di pasaran. Begitu pula saat acara Google I/O, di mana Google memperkenalkan Pixel Fold.

Peluncuran smartphone lipat ini sebagai penanda bahwa Google akhirnya terjun ke dalam pasaran ponsel lipat.

Layar pada Pixel Fold ini berukuran layar  luar OLED sebesar 5,8 inci yang terbuka. Sedangkan untuk layar yang lebih besar juga menggunakan panel OLED dengan ukuran sekitar 7,6 inci, serta kemampuan refresh rate sekitar 120 Hz. Harga pasarannya sekitar USD1.799 atau Rp26 jutaan.

Google Pixel Tablet

Google Pixel tablet hadir dengan layar berukuran 11 inci dengan RAM 8 GB LPDDR5 serta kapasitas penyimpanan UFS 3.1 dengan pilihan 128 GB atau 256 GB.

Fungsi perangkat ini sama dengan tablet pada umumnya dan mempunyai layar pintar. Layar pintar ini hadir karena adanya dok pengisi daya magnetis, yang bisa juga berguna sebagai speaker. Harganya sekitar USD499 atau Rp7,3 juta.

Google Pixel 7A

Seri A pada Google Pixel juga mendapatkan pembaharuan. Seri untuk kelas menengah ini mempunyai keluarga baru dengan varian Pixel 7A.

Seperti Pixel fold dan tablet, perangkat satu ini juga mendapatkan chip Tensor G2 Google. Ukuran layarnya sekitar 1080p 6,1 inci dengan refresh rate mencapai 90 Hz.

Untuk versi reguler, perangkat ini harganya USD499 atau Rp7,3 juta. Namun ada juga perangkat yang telah mendukung gelombang milimeter (mmWave), akan dipatok dengan harga USD549 atau Rp8 jutaan.

Akhir 2023 Wear OS 4 Baru Akan Hadir

Google bergerak cepat dengan Wear OS mereka dengan pengumuman yang berlangsung pada Google I/O Mei lalu. Pasalnya, meskipun Wear OS 3 belum sepenuhnya rilis, tapi mereka telah mempersiapkan kehadiran Wear OS 4.

OS yang mendapatkan pembaruan ini akan memiliki masa pakai baterai yang lebih bagus dan lama. Hal ini dapat menjadi cara penggunaanya untuk memulihkan dan mencadangkan dan jam tangannya.

Selain mendapatkan fitur aksesibilitas yang baru, Wear OS 4 juga telah terintegrasi dengan smart home. Dengan integrasi ini, maka ketika hendak melihat pratinjau animasi notifikasi kamera, kontrol media, serta menyesuaikan pencahayaan, bisa pada satu jam tangan saja.

Karena baru tersedia akhir tahun  ini, sekarang Wear OS 4 tersebut hanya ada dalam versi preview developer dan emulator saja.

Chatbot Bard, Tersedia untuk Semua Orang

Setelah Google I/O 2023, Charbot Bard Kini Sudah Tersedia

Chatbot dengan teknologi AI Google yang bernama Bard, sekarang sudah hadir untuk semua orang, walaupun beberapa harus masuk ke dalam waiting list.

Selain aksesnya lebih luas, Bard juga mempunyai berbagai fitur tambahan terbaru. Pertama, adanya fitur yang mahamai bahasa Korea dan Jepang. Lalu proses ekspor tebih mudah ke dalam Gmail ataupun Google Docs. Tidak lupa, chatbot ini juga sudah mempunyai mode gelap dan pencarian visual.

Di masa mendatang, Google juga akan menambah lebih banyak fitur lagi untuk chatbot tersebut. Beberapa di antaranya adalah pembuatan gambar dengan teknologi AI milik Adobe bernama Firefly dan integrasi terhadap layanan pihak ketiga, misalnya Instacart dan OpenTable.

Magic Compose, Kustomisasi Android dengan AI

Fitur terbaru dengan tenaga AI turut hadir ke Android. Ada satu fitur bernama Magic Compose yang terdapat di aplikasi Pesan Android. Fitur ini membantu Anda untuk menjawab pesan orang lain menggunakan saran dari AI.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa membuat wallpaper sendiri. Caranya cukup dengan memberikan deskripsi mengenai gambar tersebut, lalu dengan model difusi teks menjadi gambar, wallpaper atau gambar pun dapat digunakan.

Google Search Mendapat Snapshot AI

Fitur pencarian Google juga menerima pembaruan besar-besar dengan sebutan snapshot AI. Setelah mengetikkan kata kunci, pengguna akan mendapatkan jawaban yang didukung oleh AI pada bagian teratas hasil pencarian.

Hal ini dapat membantu pengguna mendapatkan konteks yang lebih spesifik atas pencariannya. Agar hasilnya lebih spesifik, maka bisa dengan memberikan pertanyaan lanjutan, hingga jawaban memuaskan keluar.

Pembaruan pada Fitur Perspektif Google

Terdapat Pembaruan di Google I/O 2023

Dengan fitur ini, pengguna juga bisa mendapatkan jawaban pada mesin pencarian dari beberapa platform, seperti YouTube, Reddit, blog pribadi, serta Stack Overflow. Karena itu, nantinya hasil penelusuran akan lebih beragam lagi, karena dari banyak sudut pandang.

Pembaruan pada Google Home

Mengenal Program Google I/O 2023

Aplikasi Google Home telah tersedia sejak 11 Mei 2023, lalu dengan banyak upgrade. Beberapa di antaranya adalah interface kamera lebih bagus, tab favorit baru, serta mendukung lebih banyak perangkat.Selain semua hal di atas, pada Google I/O 2023 tersebut juga ada perkenalan mengenai editor dengan tenaga AI dan duet AI bersama Workspace.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *