News

iOS 17 Apple Segera Rilis, Simak Bocoran Fiturnya di Sini!

87
×

iOS 17 Apple Segera Rilis, Simak Bocoran Fiturnya di Sini!

Share this article
iOS 17 Apple Bakal Menghadirkan Fitur Baru

Pengguna Apple sebentar lagi dapat merasakan iOS terbaru pada smartphone besutan mereka. Pengumuman atas rilis iOS 17 Apple tersebut berlangsung pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC 2023) pada tanggal 5 Juni 2023.

Sebelum pecinta teknologi Apple tahu kapan iOS 17 release, sudah banyak rumor yang beredar mengenai spesifikasi serta tipe perangkat yang dapat menggunakan iOS tersebut.

Berdasarkan kabar yang beredar, setidaknya terdapat 12 fitur terbaru yang bisa dinikmati oleh pengguna iPhone di seluruh dunia.

Namun seperti biasa, sebelum perilisannya pada bulan September 2023 atau serentak dengan perilisan iPhone 15 secara global, akan ada versi beta. Para anggota Apple Beta Software Program bisa menikmati versi beta ini pada bulan Juli 2023.

Perkenalan Fitur-Fitur Baru iOS 17  saat WWDC 2023

Fitur Terbar di iOS 17 Apple

“Meskipun harus bersabar menunggu perilisan resminya di bulan September, pengguna iPhone setidaknya bisa mengetahui beberapa fitur terbaru yang akan mereka dapatkan nanti.”

Mengutip dari Macrumors, pengguna yang melakukan update iOS akan mendapatkan dua belas fitur baru, termasuk untuk CarPlay dan AirPlay.

1. Lock Screen Model Terbaru

Lock screen pada versi iOS terbaru tersebut akan menyediakan interface yang mampu menyediakan informasi yang beragam dan lebih detail. Pengguna bisa melihat informasi mengenai ramalan cuaca, jadwal kalender, serta notifikasi lain yang biasanya ada pada smart home.

2. Wallet App Berubah

Akan ada perubahan desain serta peningkatan fitur pada aplikasi Wallet. Namun informasi rinci mengenai perubahan di versi ini belum bisa dipastikan lebih jauh lagi.

3. Fitur Aksesibilitas

Pada bulan Mei lalu, Apple sempat sedikit memperlihatkan fitur aksesibilitas yang akan ada di iOS 17 nanti.

Apple menyatakan bahwa pengguna akan mendapatkan akses menuju sebuah mode baru bernama Assistive Access. Dengan mode ini, akses terhadap Photos, Camera, Calls, Music, serta Messages akan jauh lebih mudah.

Lalu ada juga fitur bernama Personal Voice, yang bisa membantu orang-orang yang memiliki risiko kehilangan kemampuan berbicara mereka. Dalam 156 menit, Personal Voice dapat membuat suara tiruan yang akan terdengar persis seperti pemiliknya.

4. Aplikasi Journal

Pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk menulis jurnal sehari-hari atau jurnal profesionalnya, sehingga tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga.

5.  Find My yang Lebih Bagus

Aplikasi bawaan Apple ini kabarnya juga ikut terciprat pembaruan menurut Mark Gurman dari Bloomberg. Namun ia tidak merincinya dengan lebih jelas, selain menyatakan pembaruan ini terkait layanan lokasi aplikasi.

6. Verifikasi Kunci Kontak iMessage

Desember tahun lalu, Apple sempat mengenalkan fitur keamanan bernama Verifikasi Kunci Kontak iMessage yang akan rilis pada tahun 2023 ini secara global. Jika demikian, maka otomatis iOS  17 juga akan mendapatkannya.

Dengan fitur ini, pengguna akan merasa lebih aman ketika berkirim pesan, karena jika ada pelaku kejahatan yang melakukan peretasan server cloud, pemilik perangkat bisa mendapatkan peringatan, sehingga bertindak lebih cepat.

7. Peningkatan pada SharePlay

Dengan peningkatan pada fitur ini, pengguna dapat menonton berbagai konten dalam panggilan FaceTime bersama dengan keluarga atau teman-teman. Apple juga sedang mengembangkan fitur ini.

8. Kawasan Uni Eropa Bisa Instal Aplikasi Tanpa Melalui App Store

Apple sedang mempertimbangkan untuk memberikan izin sideloading aplikasi pada iPhone di tahun 2024 mendatang. Hal ini guna mematuhi Digital Markets Act Uni Eropa.

Jadi untuk kawasan Uni Eropa sebagai permulaan, dapat menginstal aplikasi selain dari App Store.

9. Aplikasi Kesehatan Sediakan Deteksi Mood

Aplikasi Health pengguna nanti akan memiliki kemampuan untuk melacak kondisi mood atau emosi, serta mengatur kondisi penglihatan.

10. Notifikasi Pelacakan Tak Dikenal

Dalam rangka memerangi adanya penyalahgunaan pelacak item Bluetooth untuk melacak individu yang tidak diinginkan, Apple bersama Google telah mengajukan spesifikasi industri.

Untuk mendukung ini, Appel berencana untuk memperluas peningkatan akan pelacakan yang tidak diinginkan, misalnya AirTag, kepada pelacak item pihak ketiga pada iOS versi terbaru nanti.

Apple menyatakan bahwa Samsung, Tile, Eufy, Chipolo, serta Pebblebee sudah memberikan dukungan atas rancangan spesifikasi ini.

11.  Peningkatan pada Airplay

Menurut Gurman, Apple telah merencanakan untuk memperbaiki protokol streaming nirkabel pada AirPlay yang kemungkinan besar akan diluncurkan bersamaan dengan iOS 17.

12. CarPlay Generasi Terbaru

Untuk CarPlay akan ada pembaruan lebih banyak di generasi terbarunya, seperti mendukung lebih banyak tampilan, widget, serta terintegrasi dengan fungsi mobil. Pengguna juga bisa mengatur radio FM, suhu AC, audio, dan sebagainya.

Lalu, mungkin muncul pertanyaan iOS 17 untuk iPhone berapa?Beberapa series iPhone yang bisa mendapatkan iOS 17 Apple adalah iPhone SE (generasi kedua atau yang lebih baru, XR, XS Max, XS, 11 Pro Max, 11 Pro, 11, 12 Pro Max, 12 Pro, 12. 12 Mini, 13 Pro Max, 13 Pro, serta iPhone 13.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *