Review

Review Itel A60s: Spesifikasi, Harga, & Plus Minus

93
×

Review Itel A60s: Spesifikasi, Harga, & Plus Minus

Share this article
Review Itel A60s

Bulan Juni lalu Itel meluncurkan smartphone terbarunya Itel A60s seharga kurang dari Rp1 jutaan saja. Tentu saja angka tersebut jauh lebih murah dari kebanyakan smartphone entry level di pasaran Indonesia. Meski murah meriah, namun ponsel ini diklaim tetap dibekali spesifikasi yang cukup baik.

Untuk layarnya misalnya, Itel A60s 4G mengusung layar seluas 6,6 inchi dan resolusi HD+ 720×1612 piksel. Untuk baterainya juga tidak kalah dengan smartphone-smartphone yang lebih mahal lainnya, yaitu 5.000mAH. 

Konon Itel A60s juga membawa fitur-fitur seru yang jarang Anda jumpai pada brand yang lain. Untuk lebih jelasnya silahkan simak Itel A60s spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan harganya pada artikel ini.

Spesifikasi Itel A60s

Review Itel A60s

Berikut ini kami telah merangkum poin-poin yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan membawa pulang ponsel murah meriah yang satu ini.

Tanggal Rilis Juni 2023
Jaringan GSM/HSPA/LTE
Dimensi 164.6 x 76 x 8.9 mm, Berat 190 gram
Layar Jenis

IPS LCD

Ukuran

6.6 inches

Resolusi

720 x 1612 pixels, (~267 ppi density)

Perlindungan

Platform OS: Android 12

Chipset: Unisoc SC9863A1 (28nm)

CPU:Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55) 

GPU: IMG8322

Penyimpanan Internal: 64 GB RAM 4GB, 128 GB RAM 4GB 

Eksternal: tersedia slot microSDXC

Kamera Utama Jumlah: 2

8 MP

0.08 MP

Fitur: video, LED flash

Kamera Depan Jumlah: 1

5 MP

Fitur: Video 

Sound Loud speaker
Seluler & Nirkabel Wi-Fi: tersedia

Bluetooth: tersedia

USB: microUSB, OTG

Fitur Fingerprint (rear-mounted), compass, accelerometer, 
Baterai & Daya Tipe: Li-Po 5000 mAh, non-removable
Kartu SIM Dual Sim

Kelebihan dan Kekurangan Itel A60s 

Review Itel A60s

Jangan dulu membeli ponsel Itel A60s ini sebelum memahami kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu Anda perlu menyimak tabel berikut.

Kelebihan Itel A60s Kekurangan Itel A60s
Sektor kamera cukup bagus Tidak ada jaringan 5G
Ruang penyimpanan luas Tidak tersedia fitur NFC
Dilengkapi sensor biometrik Bahan body yang digunakan tidak cukup kuat
Harganya murah Tidak ada fitur fast charging
Model port USB jadul

Kelebihan Itel A60s

Tentu saja Anda tidak bisa membandingkan kehandalan spesifikasi ponsel ini dengan smartphone-smartphone lain yang lebih mahal walaupun masih berada di kelas entry level. Meski begitu Itel A60s masih mempunyai beberapa keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan.

Baca Juga: itel S23: Murah, Elegan & Tampil Berbeda!

Kamera Cukup Bagus

Ada beberapa hal yang perlu jadi catatan untuk sektor kamera, yaitu multi-kamera pada body belakang untuk meningkatkan aktivitas fotografi. Lalu ada fitur autofokus yang otomatis menyesuaikan fokus untuk memastikan subjek Anda tajam. 

Terakhir ada lampu kilat LED yang menghadap ke belakang untuk memastikan kondisi pencahayaan optimal untuk hasil jepretan lebih bagus.

Ruang Penyimpanan Luas

Sektor penyimpanan ponsel ini terbilang cukup memadai, yaitu 64 GB dan 128 GB yang masih bisa diperluas dengan sd card.

Dilengkapi Sensor Biometrik

Tidak kalah dengan ponsel-ponsel canggih yang lebih mahal, Itel A60 juga dilengkapi fitur scan sidik jari yang memastikan otentikasi biometrik secara cepat dan akurat. 

Selanjutnya juga ada sensor jarak yang secara cerdas mendeteksi kedekatan objek atau tangan, untuk mencegah interaksi tidak disengaja. Sebagai tambahannya produsen juga menyematkan sensor cahaya yang dapat menyesuaikan kecerahan layar perangkat demi kenyamanan menonton.

Harganya Murah

Keunggulan utama ponsel ini tentu saja harganya yang ramah di kantong, hanya Rp988.000 saja. Sangat cocok bagi yang memerlukan hp murah untuk menunjang komunikasi harian.

Kekurangan Itel A60s

Mengingat harganya yang kurang dari sejutaan, tentu wajar jika ponsel ini mempunyai banyak kekurangan di sana-sini.

Tidak ada Jaringan 5G

Itel A60s memang tidak mendukung jaringan 5G. Sesuai spesifikasinya di atas, ponsel ini hanya dapat berjalan pada jaringan GSM, HSPA, dan LTE.

Tidak Tersedia Fitur NFC

NFC alias Near Field Communication adalah fitur yang memungkinkan pemindahan data dari satu perangkat ke perangkat lain secara nirkabel (tanpa kabel). Sayangnya hal ini tidak memungkinkan pada ponsel ini.

Bahan Body yang Tidak Cukup Kuat

Sebagian besar body smartphone ini terbuat dari plastik. Tentu saja ini masih kurang kokoh jika dibandingkan casing logam, titanium, dan sejenisnya. Tapi kabar baiknya, Anda mempunyai beberapa pilihan warna yang menarik yaitu hitam, hijau, kuning, dan ungu.

Baca Juga: itel P40: Smartphone Satu Jutaan dengan Berbagai Keunggulan!

Tidak Ada Fitur Fast Charging

Perangkat ini juga belum mempunyai fitur pengisian daya cepat. Agar lebih nyaman Anda bisa berbekal power bank jika sedang buru-buru.

Model Port USB Jadul

Model port UBS pada smartphone ini juga termasuk jadul, yaitu mikro USB 2.0.

Harga Itel A60s

Nah, sekarang keputusan ada di tangan Anda, apakah worth it membeli Itel A60s harga Rp900 ribuan ini atau tidak. Tapi jika kebutuhan Anda hanya sebatas untuk berkomunikasi, dan browsing-browsing ringan, atau main sosmed, Hp murah meriah, Itel A60s terbilang sudah cukup.

Sebagai alternatif produk besutan Itel lainnya, Anda juga bisa mempertimbangkan Itel S32, atau Itel S23 Plus. Masing-masing dibanderol Rp1.293.000 – Rp1.445.000 dan Rp1.800.000.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *