News

Nokia Feature Phone Seri Terbaru, Miliki Bodi Tahan Banting    

103
×

Nokia Feature Phone Seri Terbaru, Miliki Bodi Tahan Banting    

Share this article
Mengenal Nokia Feature Phone

Di tengah gempuran smartphone yang semakin canggih, Nokia feature phone merupakan salah satu ponsel jadul ala Nokia yang masih terus hadir dengan seri terbarunya. Nokia feature phone terbaru ini juga telah lengkap dengan keyboard fisik T9-nya.

HMD Global selaku pemegang lisensi produk telepon Nokia, akhirnya baru-baru ini meluncurkan feature phone atau ponsel fitur Nokia terbaru. Ketiga feature phone terbaik tersebut meluncur di tahun 2023 ini antara lain Nokia 106, Nokia 110, serta Nokia 105.

3 Nokia Feature Phone Seri Terbaru

Seperti yang diketahui, ponsel fitur adalah perangkat seluler yang mempunyai fitur dan fungsi yang lebih sederhana daripada telepon pintar (smartphone). Penggunaan ponsel fitur Nokia ini pada umumnya adalah untuk pesan teks dan telepon saja.

Nokia 106

Mengenal Nokia Feature Phone Seri 106

Sebelumnya, melalui laman resmi katalognya, Anda dapat melihat sudah ada beberapa feature phone terbaik Nokia yang rilis, Beberapa di antaranya adalah Nokia 110 (2022), Nokia 105 (2022), Nokia 6310, Nokia 150, Nokia 5310, Nokia 110 (2019) Nokia 105 (2019), serta Nokia 210.

 Semua seri di atas merupakan versi lama yang masih bisa calon pembeli dapatkan secara online ataupun offline.

Sementara untuk pelopor di tahun 2023 ada Nokia 106 yang mendapatkan beberapa fitur hiburan bagi pengguna, seperti adanya pemutar musik atau lagu. Slot microSD di dalamnya akan memungkinkan pengguna untuk menyimpan hingga delapan ribu lagu.

Ketika menggunakan seri ini, pengguna juga dapat menikmati beberapa permainan khas Nokia lawas, seperti game snake.

Mendengarkan siaran favorit juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur FM radio di dalamnya. Dalam satu kali pengisian daya menggunakan port microUSB, Nokia mengklaim bahwa ketahanan baterai ini sangat lama.

Nokia 110

Seri 110 Merupakan Nokia Feature Phone

Untuk seri di tahun 2023, Nokia 110 muncul ke hadapan penggemar feature phone dengan beragam fitur canggihnya. Salah satu hal menonjolnya adalah dengan adanya kamera belakang dengan jenis QVGA.

Selain kameranya, salah satu daya pikat utama dari Nokia 110 adalah bodinya yang tahan banting, karena menggunakan polikarbonat. Ponsel yang menggunakan bahan ini untuk bodinya, maka akan bodinya jauh lebih lentur. Penyebabnya adalah sifat polikarbonat yang tidak sekeras dan sepadat logam.

Jadi, ketika ponsel Anda jatuh dan berbenturan dengan lantai, maka bagian bodinya tidak akan mendapatkan goresan parah. Tipe ponsel ini sangat cocok untuk pengguna yang pekerjaannya membutuhkan mobilitas cepat dan kondisi medan kurang mendukung, karena daya tahan ponselnya cukup memadai.

Beberapa fitur lain Nokia 110 adalah layar 1,8 inci, microUSB, baterai 1.000 mAh, microSD 32 GB, dan pemutar lagu. Tidak hanya itu, Nokia 110 juga telah menerima rating Ip52 untuk ketahanannya atas debu dan air.

Nokia 105

Desain Nokia Feature Phone Seri 105

Seri terakhir untuk tahun 2023 ini adalah Nokia 105 yang mempunyai bodi tahan banting ala Nokia. Didalamnya juga telah tersedia fitur unggulan lain, seperti ketahanan baterai yang lama dan adanya FM Radio.

Layar Nokia 105 sekitar 1,8 inci, yang merupakan ukuran standar untuk jenis feature phone. Beberapa fitur lainnya adalah audio jack 3,5 mm, ketahanan atas air dan debu dengan rating IP52, serta baterai sebesar 1.000 mAh.

Dimensi perangkat ini, mulai dari panjang, lebar, dan ketebalannya secara berurutan adalah 14,4 mm x 49,4 mm x 115,07 mm. Sedangkan bobot Nokia 110 sekitar 78,7 gram.

Harga dan ketersediaan ketiga ponsel fitur ini di Indonesia masih belum diketahui, karena informasi dari HMD Global juga belum lengkap.

Tren Penggunaan Feature Phone

Walaupun smartphone menguasai pasar gadget, namun masih banyak orang yang berminat menggunakan feature phone.

Di kawasan Amerika Serikat (AS), para generasi Z-nya mulai berbondong-bondong menggunakan ponsel fitur tersebut. Alasan mereka menambah ponsel satu ini ke daftar perangkat pribadi adalah karena  fitur ponsel yang sederhana, seperti untuk SMS dan telponan saja.

Penggunaan ponsel fitur ini bagi generasi Z dapat membantu mereka mengurangi waktu penggunaan layar smartphone, sehingga kesehatan mental lebih terjaga.

Orang-orang yang ingin mengubah gaya hidup, mengurangi media sosial, atau internet dapat memilih ponsel ini. Karena selain memenuhi ketiga hal di atas, pengguna juga masih bisa berkomunikasi dengan orang tercintanya menggunakan fitur telepon dan SMS.

Kesadaran untuk hidup lebih santai dan tidak terpengaruh media sosial menjadi salah satu alasan yang bisa membuat pengguna beralih menggunakan perangkat ini.

Karena manusia yang sulit lepas sepenuhnya dari teknologi, maka Nokia memutuskan tetap mengeluarkan seri lawas ponsel mereka tersebut.

Karena terjadinya tren penggunaan ponsel “jadul” ini di Amerika, maka otomatis penjualan produk Nokia ini juga mengalami peningkatan.HMD Global menyatakan bahwa di kawasan Amerika, Nokia feature phone model lipat bisa terjual mencapai puluhan ribu setiap bulannya. Dengan tren di Amerika tersebut, beberapa generasi Z mungkin akan ikut mengambil langkah serupa.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *