News

Polisi Amankan Pelaku Perampokan Toko dengan Bantuan Apple AirTag

79
×

Polisi Amankan Pelaku Perampokan Toko dengan Bantuan Apple AirTag

Share this article
Mengenal Apple AirTag

Kepolisian Chicago berhasil menangkap pelaku perampokan toko yang telah menggondol uang tunai sebesar USD 1,2 juta atau senilai 16 milyar Rupiah. Uniknya, polisi berhasil melacak lokasi 2 perampok tersebut dengan bantuan Apple AirTag.

Apple AirTag adalah sebuah alat kecil berbentuk bulat seperti pin berlogo Apple. Pengguna bisa meletakkan perangkat ini di tas, dompet, atau benda lain.

Kemudian, pengguna bisa melakukan pelacakan lokasi AirTag dengan menggunakan aplikasi bernama FindMy. Aplikasi ini bisa diinstal di iPhone, iPad, AirPods, iPod touch, Apple Watch, dan juga Mac.

Kronologi Kasus Perampokan

Produk Ini Mampu Membantu Mengungkap Kejahatan

Sejumlah media lokal di Amerika memberitakan bahwa perampokan tersebut terjadi di sebuah toko di 183rd Street, Homewood pada jam 09.25. Akan tetapi, media tersebut tidak menyebutkan tanggal berapa kejadiannya.

Kedua perampok tersebut adalah Darell Singleton (18 tahun) dan Devonte Davis (26 tahun). Berdasarkan keterangan saksi mata, Singleton dan Davis datang ke toko target perampokan dengan mengendarai truk yang berlapis baja.

Mereka memarkir kendaraan tersebut di depan toko. Ternyata, truk ini juga merupakan hasil curian. Mereka berdua mencuri truk tersebut 1 jam sebelum merampok toko.

Kemudian, salah satu pelaku juga memarkir sebuah mobil abu-abu di belakang truk tersebut. Mobil inilah yang tersangka gunakan untuk kabur setelah merampok.

Berdasarkan bukti video dari kamera CCTV, kedua pelaku membawa 7 tempat sampah yang masing-masing berisi uang senilai 100 ribu dollar.

Selain itu, mereka juga menggondol 10 kotak yang tiap kotaknya berisi 50 ribu dollar. Jadi, total uang yang mereka ambil adalah sekitar 1,2 juta dolar.

Namun ternyata pemilik toko meletakkan AirTag pada salah satu kotak atau tempat sampah tersebut tersebut. Sehingga, polisi dengan mudah menemukan lokasi tersangka dengan cara melacak AirTag Apple.

Polisi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyergap perampok tersebut. Proses penangkapan tersebut berjalan dengan lancar karena adanya saksi mata, kamera CCTV toko, kamera lalu lintas, dan juga AirTag.

Alhasil, pihak kepolisian Chicago berhasil menangkap pelaku dan mengamankan uang hasil rampokan yang pelaku sembunyikan di ruang bawah tanah.

Ternyata, salah satu pelaku yaitu Darell Singleton merupakan buronan FBI sejak akhir tahun lalu. Ia merupakan tersangka kasus perampokan bersenjata

Apple Airtag Mampu Melacak Barang

Apple AirTag Dapat Digunakan Untuk Melacak Barang

Apple memang menciptakan AirTag untuk melacak dan menemukan barang dengan mudah. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa perangkat kecil ini juga bisa mengungkap kasus perampokan di Chicago.

AirTag merupakan alat kecil berbentuk bulat pipih. Karena bentuknya yang kecil, pengguna bisa dengan mudah menyematkan alat ini di dompet, tas, kunci dan sebagainya. Jadi, ketika mereka kehilangan barang tersebut, mereka bisa melacaknya dengan mudah.

Alat ini sangat berguna bagi mereka yang sering lupa menaruh barang. AirTag bisa memancarkan Bluetooth sehingga pengguna bisa melacaknya melalui aplikasi Find My.

Alat ini bisa mengeluarkan bunyi sehingga pengguna bisa menemukan barangnya yang hilang.

Airtag sangat berguna bagi orang yang lupa menaruh kunci, dompet, atau barang lainnya.”

Cara Kerja AirTag Apple

Pahami Cara Kerja Apple AirTag

Cara kerja alat ini cukup sederhana. AirTag berfungsi dengan memanfaatkan sinyal Bluetooth. Sementara itu, alat ini juga dilengkapi dengan baterai dan juga speaker.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi Find My di iPhone, iPad, maupun Mac. Aplikasi tersebut akan menampilkan peta untuk mengetahui lokasi AirTag.

Speaker pada alat bisa mengeluarkan bunyi sehingga pengguna bisa melacak lokasinya. Proses pelacakan ini terenkripsi sehingga privasi pengguna aman. Alat ini mampu bekerja secara efisien sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika AirTag kehabisan baterai.

Akan tetapi, ada beberapa orang menyalahgunakan AirTag dalam kasus penguntitan. Beberapa waktu yang lalu ada turis di Bali yang menemukan AirTag dalam tasnya. Ia berpikir bahwa ada orang lain yang ingin menguntitnya. Oleh karena itu, Ia segera melepas alat tersebut

Cara Menggunakan AirTag

Panduan Menggunakan Apple AirTag

Lantas, bagaimana cara menggunakan Apple AirTag? Untuk menggunakan perangkat ini, Anda harus menggunakan iPhone dengan iOS minimal 14.5. Ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pastikan pengaturan Bluetooth dan internet di iPhone telah aktif.
  • Bukalah plastik pembungkus AirTag. Kemudian, AirTag akan mengeluarkan bunyi Bip.
  • Dekatkan iPhone ke AirTag.
  • Selanjutnya, di layar akan muncul pop-up. Klik tombol Connect.
  • Lalu, berilah nama AirTag tersebut.
  • Tekanlah Lanjutkan.
  • Di layar akan tampil notifikasi bahwa AirTag akan didaftarkan ke ID Apple milik Anda. Selain itu, layar juga akan menampilkan alamat email dan nomor telepon Anda.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses persiapan selesai.

Untuk melacak lokasi AirTag, lakukan langkah-langkah di bawah ini.

  • Bukalah aplikasi Find My.
  • Pilihlah tab Items.
  • Kemudian, pilihlah AirTag lalu klik Find Nearby.
  • Ikuti instruksi yang ada di layar hingga iPhone Anda terkoneksi dengan AirTag.
  • iPhone akan menampilkan jarak dan arah untuk menemukan AirTag.
  • Jika sudah dekat, klik tombol Play Sound.
  • AirTag akan berbunyi dan Anda bisa menemukannya.

Meskipun kecil Apple AirTag cukup berguna untuk menemukan barang penting yang sering lupa ditaruh dimana. Adapun harga AirTag adalah sekitar Rp499 ribu. Dengan perangkat ini, Anda bisa melacak benda yang hilang dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *