Review

Review Realme Narzo 50 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

49
×

Review Realme Narzo 50 5G: Spesifikasi, Harga, dan Keunggulan

Share this article
Realme Narzo 50 5G

Setelah kesuksesan narzo 50 dan narzo 50A di Indonesia, realme kini menghadirkan varian terbaru, yaitu Realme Narzo 50 5G. Varian smartphone ini memberikan alternatif bagi konsumen yang tertarik dengan seri sebelumnya, tetapi menginginkan konektivitas 5G.

Dalam ulasan berikut, kita akan menjelajah lebih detail mengenai spesifikasi Realme Narzo 50 5G dan fitur unggulannya.

Spek Realme Narzo 50 5G

Spesifikasi Realme Narzo 50 5G

Smartphone 5G terjangkau dari realme, narzo 50 5G sangat cocok bagi Anda yang gemar bermain game. Dengan harga yang bersahabat di kisaran Rp3.299.000, perangkat ini sudah ditenagai chipset MediaTek Dimensity 810 5G (6 nm) yang cukup bertenaga untuk kelas menengah.

Secara lebih lengkap, berikut adalah tabel Realme Narzo 50 5G spesifications, smartphone kelas menengah dari realme yang tak kalah sempurna.

Tanggal RilisMei 2022
Dimensi163,8 x 75,1 x 8,1 mm
Bobot190 gram
WarnaHyper blue, hyper black
Layar6,6″ FHD+ (1.080 x 2.408 px) 90 Hz refresh rate, brightness 600 nit
SpeakerDual speaker (stereo)
Kamera depanKamera depan: 8 MP f/2.0 resolusi full HD
Kamera belakang: 48 MP f/1.79 + 2 MP resolusi full HD
Prosesor Octa-core MediaTek Dimensigy 810
RAM4GB dan 6GB (extend up to 18GB)
Penyimpanan Internal64GB, 128GB (extend up to 1TB)
Baterai5000 mAh fast charging 33W
SoftwareRelme UI 3.0 basis Android 12

Keunggulan Realme Narzo 50 5G

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Tidak hanya memiliki kemampuan 5G, ponsel ini juga menonjolkan fitur-fitur unggulan. Seperti misalnya, layar 90 Hz Ultra Smooth, baterai besar 5.000 mAh dengan pengisian cepat 33W Dart Charge, dan sudah mendukung jaringan 5G.

1. Baterai Besar dengan Pengisian Cepat

Daya Tahan Baterai Realme Narzo 50 5G

Salah satu kelebihan dari smartphone ini terletak pada baterainya yang memiliki kapasitas mencapai 5.000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, pada kecerahan layar 30 persen dan koneksi WiFi, Realme Narzo 50 5G berhasil bertahan selama 21 jam. Ini menunjukkan efisiensi daya smartphone ini yang luar biasa.

Meski kapasitas baterainya ini tidak sebesar Realme Narzo 50a yang mencapai 6.000 mAh, tetapi realme series ini sudah mendapat dukungan pengisian cepat 33W. Anda hanya memerlukan waktu 30 menit untuk mencapai pengisian 50% dan 1 jam 8 menit agar full charger.

Smartphone kelas menengah lain mungkin banyak yang menawarkan kapasitas baterai besar sampai 5.000 mAh. Namun, belum banyak yang juga mendukung pengisian cepat 33W. 

2. Performa Gahar

Performa Gahar Realme Narzo 50 5G

Yang membuat Realme Narzo 50 5G menonjol adalah komponen intinya. Chipset yang digunakan di sini adalah MediaTek seri Dimensity 810 5G dengan fabrikasi 6nm. Ini secara nyata membawa peningkatan dalam kinerja sekaligus efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan chipset 7nm dengan Dimensity 720.

Di bagian GPU, MediaTek Dimensity 810 5G memanfaatkan Arm Mali-G57 MC2 yang mendukung refresh rate tinggi serta resolusi layar Realme Narzo 50 5G. Chipset ini juga mampu mendukung fitur Dual SIM 5G yang beroperasi secara bersamaan.

Performa Realme Narzo 50 5G menghasilkan skor yang termasuk tinggi untuk kategori smartphone kelas menengah dengan harga sejajar. 

Performa yang mumpuni dan stabil ini tentu sangat cocok untuk bermain games seperti game MMORPG berat Ni no Kuni: Cross Worlds, edit video, atau edit foto.

3. Layar Tajam

Layar Tajam Realme Narzo 50 5G

Ponsel ini menghadirkan fitur yang dicari oleh para gamer, yakni layar yang tajam dan memuaskan dengan refresh rate tinggi. Dari layar berukuran 6,6 inci, realme menawarkan kecepatan refresh 90 Hz serta tingkat touch rate hingga 180 Hz.

Layar lebar tersebut memiliki resolusi Full HD Plus (1080 x 2408 piksel) dengan kecerahan yang diakui mencapai 600 nits. Akibatnya, visibilitas dan tampilan visualnya memberikan dukungan yang baik bagi kinerja Realme Narzo 50 5G sebagai pilihan perangkat utama sehari-hari.

4. Mendukung Dual Speaker

Speaker Stereo Realme Narzo 50 5G

Bermain game dan menonton konten favorit tentu saja tak lengkap tanpa kualitas output suara yang memukau. Beruntung, realme telah memasang speaker stereo pada ponsel ini, sehingga memberikan pengalaman yang lebih mengasyikkan daripada hanya mengandalkan kualitas speaker mono.

5. Mendukung Jaringan 5G

Jaringan 5G Realme Narzo 50 5G

Sesuai dengan namanya, perangkat terbaru dari realme ini telah dilengkapi dengan kemampuan jaringan 5G yang diklaim memiliki kecepatan 700% lebih cepat daripada jaringan 4G. 

Secara teknis, jaringan 5G akan memungkinkan pengguna untuk menjelajahi internet dengan kecepatan hingga 10 Gbps. Menariknya, dukungan jaringan 5G ini berlaku untuk dua channel akselerasi jaringan.

Belum banyak smartphone kelas menengah yang sudah mendukung jaringan 5G dan Realme Narzo 50 5G adalah salah satunya.

6. Dilengkapi dengan Fitur NFC

Fitur NFC Realme Narzo 50 5G

Tak dapat dipungkiri bahwa keberadaan fitur NFC telah menjadi daya tarik utama dalam smartphone baru. Terutama dalam konteks aktivitas transfer data dan pembayaran elektronik yang semakin efisien.

Namun, tidak semua Hp mid-range sudah memiliki fitur ini. Kehadiran realme 50 5G NFC tentu dapat dianggap sebagai keunggulan tersendiri.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Berikut adalah tabel kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 5G.

KelebihanKekurangan
Baterai besar dan fast chargingKamera kurang mantap
Performa gaharMasih menggunakan panel IPS LCD
Sudah mendukung jaringan 5GLayar depan terlihat kuno karena bezel layar dan notch kamera yang tebal
Layar tajamTidak ada video stabilizer
Memiliki fitur NFCTerdapat iklan saat menjalankan aplikasi bawaan
Mendukung speaker stereoHarga sulit bersaing dengan brand lain

Berapa Harga Realme Narzo 50 50G?

Harga Realme Narzo 50 5G

Harga Realme Narzo 50 50G masih cukup terjangkau dengan Hp mid-range lainnya. Tentu saja akan ada perbedaan harga untuk masing-masing varian menyesuaikan berapa RAM dan internal storage yang Anda inginkan. 

Adapun Realme Narzo 50 50G harga yang resmi dari official store dengan RAM 6/128GB  adalah Rp3.299.000. Sama seperti pada Realme Narzo 50i, dengan harga ini Anda sudah memperoleh:

  • Kepala charger dan kabel USB type C
  • Screen guard yang sudah terpasang di layar
  • Softcase
  • SIM card ejector
  • Kartu garansi dan buku panduan

Kesimpulan

Untuk kelas ponsel mid-range, ponsel ini bisa jadi rekomendasi yang kuat karena memiliki berbagai keunggulan. Tak hanya memiliki performa yang gahar, kapasitas baterainya yang besar juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging, sehingga Anda bisa menggunakan ponsel ini dalam waktu yang lama.

Tak sampai di situ saja, ponsel ini juga sudah mendukung jaringan 5G di mana ponsel mid-range lain saat ini kebanyakan masih menggunakan jaringan 4G. Ini akan recommended buat Anda yang memang membutuhkan Hp 5G.. 

Sayangnya, harganya yang masih berada di kisaran Rp3,3 juta masih sulit bersaing dengan brand-brand lain. Bahkan, realme C53 yang memiliki spek tidak berbeda jauh bisa dibanderol dengan harga 2 jutaan. Akan menjadi lebih worth it jika harganya berada di kisaran Rp2,9 juta.

Oleh karena itu, jika Anda belum terlalu membutuhkan ponsel 5G, sebaiknya pilih Realme Narzo 50 saja. Bagaimana, tertarik untuk punya Realme Narzo 50 5G?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *