News

Hampir Setengah Abad Motorola Jadi Saksi Brand Ponsel Pertama di Dunia

87
×

Hampir Setengah Abad Motorola Jadi Saksi Brand Ponsel Pertama di Dunia

Share this article
Ponsel pertama di dunia

Insinyur Motorola Martin Cooper tidak pernah membayangkan bahwa proyeknya akan menjadi salah satu penemuan teknologi terpenting dalam sejarah. Ia menjadi pencipta ponsel pertama di dunia.

Dia adalah orang pertama yang melakukan panggilan dengan telepon seluler. Selama bertahun-tahun, sang insinyur meneliti dan mengembangkan inovasi yang unik di dunia. Pada 17 Oktober 1973, ia berhasil menciptakan sistem telepon radio untuk perangkat seluler.

Dengan teknologi itu, Cooper dapat melakukan panggilan pertama dengan perangkat seluler DynaTAC 8000X. Komunikasi pertama ini berasal dari sebuah jalan di New York untuk Joel Engel, pesaing teknologi terbesarnya, seorang insinyur elektronik di AT&T.     

Awal Mula Penemuan Ponsel

Awal Mula Penemuan Ponsel oleh Martin Cooper

Pekerjaan pertama Martin adalah di Teletype Corporation yang berlokasi di Chicago. Dia meninggalkan pekerjaannya pada tahun 1954 dan bekerja sebagai insinyur pengembangan senior di Motorola Inc di Schaumburg, Illinois. 

Di sini, ia bekerja mengembangkan radio genggam pertama yang dibuat untuk Departemen Kepolisian Chicago pada 1967. Dia kemudian memimpin penelitian seluler Motorola.

Sang penemu ponsel pertama ini juga merupakan pionir dalam industri komunikasi nirkabel, khususnya manajemen spektrum radio, dengan 11 paten di bidangnya.

Saat AT&T mengusulkan arsitektur seluler untuk memperluas layanan telepon mobilnya, Motorola khawatir perusahaan telekomunikasi tersebut akan tumbuh menjadi monopoli. Cooper bertugas atas proyek mendesak untuk mengembangkan perangkat seluler. 

Baca Juga: Motorola Razr 40 Series Rilis, Ini Bocoran Spesifikasinya

Hasilnya adalah Dynamic Adaptive Total Area Coverage atau DynaTAC, yang memberikan waktu bicara selama 35 menit sebelum kehabisan baterai.

Pada tanggal 3 April 1973, perangkat tersebut muncul dalam konferensi pers di New York. Untuk memastikan bahwa perangkat tersebut berfungsi sebelum acara, ia menelepon insinyur Joel Engel, kepala proyek saingan AT&T. Ia mengumumkan bahwa sedang menelepon dari perangkat genggam portabel.

Tampilan Ponsel Pertama di Dunia

Ponsel pertama di dunia

Model pertama ini berbobot 1,1 kg dan berukuran 33 x 4,5 x 8,9, cukup tebal ketimbang perangkat masa kini. Kemudian, hanya  menawarkan waktu bicara 30 menit dan butuh pengisian daya 10 jam agar dapat berfungsi dengan baik. 

Meski dimensi dan teknologinya tidak terlalu fungsional, pengguna tidak perlu terhubung ke telepon rumah untuk melakukan panggilan. Setahun setelah peluncurannya, hampir 300.000 orang di seluruh dunia memiliki perangkat ini.

Meskipun Motorola memamerkan perangkat pertama di dunia pada tahun 1973, perangkat seluler tersebut masih berupa prototipe. Butuh waktu bertahun-tahun agar perangkat ini tersedia untuk masyarakat umum. 

Setelah 10 tahun lamanya dan menghabiskan biaya pengembangan sebesar $100 juta, Motorola DynaTAC 8000x meluncur ke pasar pada tahun 1983.

Harga Ponsel Keluaran Pertama

Harga Ponsel Keluaran Pertama

Setelah bertahun-tahun melakukan pengembangan, Motorola pada tahun 1983 memperkenalkan ponsel portabel pertama kepada konsumennya. Meskipun memiliki banderol yang cukup mahal yaitu $3.995, perangkat ini cukup sukses di pasaran. 

Pada tahun-tahun berikutnya, persaingan mulai muncul. Berbagai perusahaan mulai membuat perangkat ini, termasuk Nokia dan Samsung.

Pada tahun 1987, unit Nokia pertama, Mobira Cityman 900 muncul di pasaran. Dengan berat 800 gram, sehingga relatif lebih ringan. Tahun berikutnya, Samsung meluncurkan unit pertamanya, SH-100. Ini adalah perangkat genggam portabel pertama Samsung. Pendahulunya, SH-1000, adalah telepon mobil.

Dalam lima puluh tahun sejak panggilan pertama tersebut, perangkat besar Cooper telah berevolusi dan tergantikan oleh berbagai macam perangkat yang lebih tipis dan lebih cepat. 

Namun, warisan berupa teknologi ponsel pertama yang ia ciptakan akan terus terkenang sepanjang masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *