News

Makin Tren, Kelebihan dan Kekurangan HP Lipat

346
×

Makin Tren, Kelebihan dan Kekurangan HP Lipat

Share this article
kelebihan dan kekurangan HP lipat

Ponsel flip atau lipat tampaknya menjadi tren yang kembali populer. Namun, sebelum Anda terburu-buru membelinya, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan HP lipat lewat artikel berikut ini. 

Kelebihan HP Lipat

Kelebihan HP Lipat

Banyak orang mulai melirik kehadiran jenis HP flip atau lipat ini. Selain terlihat futuristik, juga menunjang untuk beberapa kebutuhan. Misalnya menyaksikan video atau bermain game. Berikut adalah kelebihan menggunakan ponsel tersebut.

Ringkas

Ponsel ini sangat mudah Anda kantongi. Umumnya memiliki desain berengsel untuk melindungi layar utama saat ponsel ditutup. Maka, dapat mengurangi risiko kerusakan yang tidak Anda sengaja.

Baca Juga: T-Mobile G1, HP Android Pertama di Dunia yang Rilis 2008 Lalu

Ukuran Layar Lebar

Kelebihan paling jelas dari perangkat ini adalah ukuran layarnya. Banyak model yang memiliki layar hingga 7,6 inci, yang lebih dari cukup ruang untuk menonton film atau bermain video game lebih menyenangkan. 

Ini juga membuat Anda dapat lebih produktif di mana saja. Misalnya , memungkinkan tampilan dokumen dan Spreadsheet secara penuh, hal yang bisa membuat Anda frustasi pada layar ponsel pintar biasa. 

Saat Anda tidak membutuhkan semua layar penuh tersebut, Anda cukup menggunakan layar luar untuk akses cepat ke semua aplikasi Anda.

Multitasking

Peningkatan nyata pada ponsel ini adalah kemampuannya untuk melakukan banyak tugas dengan bebas. Meskipun Android mendukung mode layar terpisah bahkan pada ponsel biasa, ruang layar tidak cukup untuk menjalankan 2-3 aplikasi secara bersamaan.

Sedangkan layar bagian dalam Fold lebih besar dan dapat dengan mudah menjalankan 2 aplikasi dalam ukuran aslinya atau bahkan 3 aplikasi jika diperlukan.

Ponsel masih dapat terlihat sebagai teknologi baru dan mutakhir. Jika Anda suka menggunakan perangkat secara umum yang menarik perhatian orang, ponsel ini cocok untuk Anda.

Kekurangan HP Lipat

Kekurangan HP Lipat

Ponsel ini memiliki banyak keunggulan, seperti peningkatan ukuran layar untuk tampilan lebih besar, multitasking. Namun, ponsel ini juga memiliki beberapa kelemahan yang perlu dipertimbangkan Berikut adalah kekurangan menggunakan perangkat ini. 

Harga Tinggi

Ponsel lipat jauh lebih mahal ketimbang ponsel biasa. Harga yang mahal ini membuat ponsel lipat tidak terjangkau oleh banyak calon konsumen, terutama mereka yang memiliki anggaran terbatas. Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa peningkatan fungsionalitas dan daya tahan ponsel ini sejalan dengan harganya yang mahal, orang lain mungkin merasa bahwa biayanya terlalu tinggi.

Baca Juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Layar AMOLED di Smartphone

Rapuh

Faktanya, banyak ponsel lipat yang lebih tahan lama ketimbang ponsel pintar tradisional dalam beberapa hal. Namun, mereka lebih rentan terhadap kerusakan dalam banyak hal. Khususnya, engsel dan mekanisme pelipatannya sangat halus dan dapat rusak jika ponsel terjatuh atau salah penanganan. 

Sekali lagi, layar yang lebih besar pada perangkat ini lebih rentan terhadap goresan dan retakan, yang memerlukan biaya perbaikan atau penggantian yang mahal. Selain itu, sebagian besar ponsel ini lebih tebal dan lebih berat daripada kebanyakan ponsel. 

Oleh karena itu, barang-barang tersebut sulit untuk Anda bawa dalam saku atau tas, sehingga lebih rumit dan tidak nyaman.

Ukuran Berat

Ponsel ini juga agak berat daripada ponsel biasa karena keberadaan bagian engselnya. Namun, dengan keuntungan memiliki layar sebesar itu, tambahan bobot beratnya mungkin dapat Anda baikan. Namun demikian, jika Anda bukan penggemar ponsel berat, perangkat tersebut bukanlah pilihan Anda.

Ponsel ini sama bagusnya dengan ponsel biasa. Namun memegang ponsel berukuran besar dengan bobot tambahan dan tetap memiliki pengalaman serupa jelas kurang membuat nyaman. 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan HP lipat. Jadi, haruskah Anda mempertimbangkan untuk membelinya? Itu tergantung pada prioritas Anda. Jika iya, maka pastikan dapat mendukung semua teknologi terbaru dan membantu aktivitas harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *