News

Apa itu One UI Samsung? Kelebihan & Fitur Unggulannya

447
×

Apa itu One UI Samsung? Kelebihan & Fitur Unggulannya

Share this article

Mengenal One UI Samsung dengan Fitur dan Segala Kelebihannya

One UI Samsung

Jika Anda menggunakan smartphone atau tablet Samsung Galaxy terbaru, kemungkinan besar Anda pernah menggunakan software One UI Samsung. Dan jika ini pertama kalinya Anda mendengar tentang aplikasi sistem ini, Anda tidak sendirian. Simak segala kelebihan dan fitur yang tersimpan di dalamnya. 

Mengenal One UI Samsung

Mengenal One UI Samsung

Setiap ponsel cerdas Android memiliki sistem launcher, baik OEM default atau aplikasi pihak ketiga yang Anda pasang. Fitur ini memungkinkan Anda mengatur antarmuka pengguna sesuai keinginan Anda, dengan wallpaper khusus, ikon, widget, font, mode, tema, dan banyak lagi. 

Jika Anda pernah menggunakan ponsel Samsung atau tablet terbaru, Anda mungkin sudah familiar dengan One UI. 

Apa itu One UI Samsung? Launcher ini memungkinkan Anda membuka aplikasi dan menyesuaikan elemen layar beranda seperti widget dan tema. Ini mengubah tampilan seluruh antarmuka ponsel, dan menambahkan banyak fitur unik juga.

Banyak pengguna menemukan aplikasi ini ketika mereka memeriksa menu penggunaan baterai dalam aplikasi Pengaturan. Namun, karena ini adalah aplikasi sistem, Anda tidak bisa menghapus atau menonaktifkannya begitu saja.

Launcher ini bukanlah pertama yang digunakan Samsung di perangkatnya. Perusahaan teknologi Korea Selatan ini juga menggunakan TouchWiz dan Experience UX sebagai pendahulu peluncur saat ini.

Baca Juga: Mengenal Garansi SEIN yang Hadir Khusus untuk Produk Samsung

Keunggulan One UI Samsung

Keunggulan One UI Samsung

Kelebihan One UI Samsung adalah menandai pendekatan baru bagi produsen, dengan mempermudah penggunaan perangkat, membantu Anda fokus pada satu hal pada satu waktu, termasuk peningkatan pada pengalaman umum.

Kemudian, keistimewaan One UI Samsung adalah kemudahan pengoperasian perangkat. Terutama dalam mengakses menu-menu pada ponsel. Tampilan visualnya juga mendukung kemudahan untuk pengguna tersebut. Pendekatan keseluruhannya adalah memindahkan opsi kontrol ke bagian bawah layar yang lebih dekat dengan jari Anda.

Fitur dan Kemampuan One UI Samsung

Fitur dan Kemampuan One UI Samsung

One UI adalah revolusi baru dalam antarmuka pengguna untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Sebagai penerus Samsung Experience, One UI menghadirkan UI intuitif baru bersama dengan versi Android baru – 9.0 Pie. 

Dengan desain barunya, peluncur ini juga menghadirkan fitur dan peningkatan baru. Jadi, berikut beberapa fitur menarik yang dapat Anda temukan di peluncur ini.

Desain baru

Dengan One UI, Samsung telah memperkenalkan desain menarik dan rapi untuk menampilkan informasi yang membuat Anda tetap fokus pada layar. Peluncur ini juga memperkenalkan pengelola tugas baru untuk multitasking dan mengelola aplikasi terkini, yang diwarisi langsung dari Android 9.0 Pie.

Visibilitas Nyaman dengan Mode Malam 

Salah satu fitur terbaik adalah ‘Mode Malam’, yang menawarkan sistem dengan tema gelap. Fitur ini menghadirkan pengalaman melihat layar dengan nyaman dan mengurangi ketegangan mata di lingkungan gelap. 

Baca Juga: Samsung Galaxy Ecosystem: Mengoptimalkan Koneksi Antar Perangkat

Gerakan Bilah Navigasi

Bilah navigasi Samsung berisi tiga tombol termasuk ‘Kembali’ yang menggantikan tombol navigasi di layar, sehingga memberikan tampilan layar penuh untuk pengalaman menonton layar yang lebih baik. Gerakan ‘Navigasi’ tindakan yang diatur ulang secara berurutan. 

Kemudian, dengan pembaruan Android Pie, pengguna juga dapat menggunakan ‘Terbaru’ dan ‘Rumah. Saat Anda menggulir ke bawah, secara otomatis diciutkan ke bilah status biasa, sehingga memungkinkan Anda menangkap opsi menu pertama dengan mudah.

One Hand Use

Fitur yang tidak kalah menarik adalah pengoperasian ponsel yang lebih mudah. Anda bisa menjalankan ponsel Anda hanya dengan satu tangan saja. Sementara, tangan lain bisa melakukan pekerjaan lainnya. 

Untuk menambah kompatibilitas, beberapa menu menyertakan tab item, yang berada di bagian bawah layar, bukan di atas. Sehingga, membantu membuat pengguna menjangkau konten di layar tanpa meregangkan jari mereka secara berlebihan.

Tombol ikon pada ponsel ini berada pada posisi yang mudah terjangkau oleh pengguna meski hanya dengan ibu jari saja. 

Nah, itulah ulasan seputar apa itu One UI Samsung. Dengan segala kemampuannya, menjadikan pengoperasian ponsel Anda lebih mudah. Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat menggunakan ponsel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *