News

Lenovo Legion Go Siap Hadir di Pasaran, Saingi Asus ROG Ally

73
×

Lenovo Legion Go Siap Hadir di Pasaran, Saingi Asus ROG Ally

Share this article
Lenovo Legion Go Siap Hadir di Pasaran

Saat ini persaingan dalam gaming handheld tengah diramaikan oleh Asus ROG Ally dan Steam Deck. Untuk meramaikan kompetisi tersebut, Lenovo juga tidak mau kalah. Sekarang telah beredar kabar bahwa Lenovo Legion Go akan segera ikut menarik perhatian para penikmat perangkat gaming PC genggam.

Kabarnya untuk kompatibilitasnya dengan PC, Lenovo Legion ini akan memanfaatkan Windows 11.

Sebelumnya sudah banyak pemberitaan mengenai perangkat gaming genggam tersebut, namun informasinya masih minim. Informasi tersebut terbatas pada rumor mengenai prosesor serta gambaran desainnya.

Namun sekarang para gamers bisa sedikit bernapas lega, karena Windowsreport telah mengeluarkan beberapa prediksi atau bocoran mengenai perangkat tersebut. Salah satunya mengenai perkenalan resmi yang kemungkinan berlangsung pada IFA 2023 [1] [2] 

Desain Lenovo Legion Go

Bocoran desain perangkat  Lenovo Legion Go

Ukuran perangkat ini kemungkinan besar mirip dengan dua pesaingnya, ROG Ally dan Steam Deck. Namun sepertinya ukuran layarnya lebih besar, yaitu 9 inci 16:9 atau 16: 10.

Untuk menambah pengalaman bermain game yang lebih seru, bezel pada Legion Go juga akan jauh lebih kecil.

Penempatan tombol pada perangkat ini juga cukup klasik dan kemungkinan akan memakai joystick Hall Effect. Pada bagian depannya akan terdapat beberapa tombol, seperti Legion L, Legion R, View, Menu, trackpad, serta ada D-Pad (Directional Pad)  dan ABXY.

Selama memegang alat ini, tangan pemain tetap merasa nyaman dan tidak kepanasan. Hal tersebut karena di belakang perangkat terdapat beberapa lubang masuk termal. Lalu jika pemain merasa lelah, alat ini juga menyediakan dudukan seperti Switch sebagai penopang.

Pada bagian belakang joy-con terdapat roda mouse dengan posisi yang strategis. Belum diketahui pasti gunanya, namun kemungkinan besar akan membantu dalam mode bermain.

Perangkat ini juga menyediakan slot kartu microSD, tombol volume, power, serta dua port USB-C di bagian atas dan bawah perangkat.

Game, Userinterface, dan Performa

game, userinterface, serta performa Lenovo Legion Go

Seperti penjelasan sebelumnya, Windows 11 akan ditanamkan pada Legion Go, yang tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi para pemain. Selain informasi mengenai Windows 11, belum ada penjelasan mengenai OS atau userinterface-nya.

Pengguna dapat mengakses berbagai judul game PC yang beredar di pasaran saat ini.  Karena kemungkinan besar akan menggunakan prosesor AMD Phoenix, maka kinerja perangkat sepertinya tidak akan memiliki kendala berarti.

Untuk aspek performa perangkat memang belum ada penjelasan resmi, namun dari bocoran Windowsreport sepertinya ada beberapa informasi yang terhimpun.

Arsitektur perangkat ini menggunakan AMD Ryzen Z1 yang sudah terkenal dengan rancangannya untuk handheld dengan basis Windows. Penjelasan mengenai arsitektur tersebut juga memperkuat bahwa perangkat ini memang menggunakan Windows 11.

Dengan tambahan sistem pendingin berteknologi tinggi serta port Thunderbolt membuat pengguna sepertinya tidak mau beranjak dari permainan mereka. Nilai plus pada konsol game handheld juga bertambah berkat kehadiran jack audio kombo 3.3 mm dan pembaca kartu MicroSD.

Baterai dan Pendingin Perangkat

Baterai dan Pendingin Perangkat

Masa pakai baterai Legion Go sepertinya cukup panjang, sehingga pengguna dapat bermain lebih nyaman. Meskipun belum ada angka pasti mengenai kapasitas baterainya.

Namun, jika melihat pada ketebalan Legion Go, sepertinya kapasitas baterainya cukup mumpuni untuk menangani berbagai permainan.

Jika bagian atas pada belakang perangkat ini khusus untuk pengelolaan udara dan pendinginan, maka bagian bawah khusus untuk baterai saja.

Meskipun perkiraan durasi pemakaiannya cukup panjang, ketahanan baterai tetap bergantung pada pemakaian pribadi setiap pengguna.

Sementara itu, salah satu kekhawatiran mengenai perangkat ini adalah mengenai kebisingan dan kinerja kipas perangkat ketika beroperasi. Namun hal ini tentu membutuhkan pengujian lebih lanjut lagi, menunggu produk tersebut rilis.

Ketersediaan dan Harga Legion Go

Ketersediaan dan Harga Legion Go

Bagi gamers yang berniat meminang perangkat ini, tampaknya harus bersabar dulu. Masih belum ada informasi tentang  ketersediaan serta harga Legion Go.

Namun sepertinya pengenalan detail mengenai spesifikasi dan detailnya akan berlangsung selama IFA 2023.  Sedangkan perilisan resminya pada kuartal empat pada tahun 2023 ini, ketika masa liburan sedang berlangsung.

Melihat upaya Lenovo yang hendak menyaingi ROG Ally dan Steam Deck, maka wajar antusiasme mengenai Lenovo Legion Go cukup tinggi sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *